BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Tiap Investor Baru yang Beli ST002 akan Dapat SID, Apa Itu SID?

Bareksa08 November 2018
Tags:
Tiap Investor Baru yang Beli ST002 akan Dapat SID, Apa Itu SID?
Ilustrasi seorang anak menyentuh wajah dengan mimik kebingungan

Meskipun sifatnya mirip dengan KTP, SID ini tidak selalu dicetak dalam bentuk fisik berupa kartu.

Bareksa.com – Setiap warga negara Indonesia yang berinvestasi atau membeli produk investasi akan mendapatkan identitas sebagai investor. Identitas ini ditunjukkan dengan nomor tunggal indentitas pemodal (single investor identification/ SID), yang diterbitkan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Bila seseorang baru pertama kali berinvestasi dengan membeli salah satu produk surat berharga negara, yaitu Sukuk Tabungan seri ST002, dia juga akan tercatat sebagai investor pasar modal Indonesia. Maka, investor ini pun berhak mendapatkan SID.

Apa itu SID?

Promo Terbaru di Bareksa

Pada dasarnya, SID adalah rangkaian nomor dan angka, dan sifatnya mirip dengan nomor identitas dalam kartu tanda penduduk (KTP) elektronik. Setiap masyarakat yang berinvestasi di pasar modal akan mendapatkan satu nomor SID.

Jadi, meskipun satu orang bisa memiliki berbagai produk investasi seperti reksadana, surat berharga negara maupun saham, dia hanya bisa memiliki satu SID. Apabila seseorang telah memiliki SID, maka nomor unik SID tersebut akan melekat pada investor meskipun investor tersebut membuka rekening saham di berbagai perusahaan sekuritas atau membeli reksadana dan surat berharga negara pada lebih dari satu agen penjual.

Kode SID yang diberikan KSEI terdiri atas tiga huruf dan 12 angka. Bagi investor yang baru pertama kali membeli reksadana dan surat utang, nomor SID biasanya akan diperoleh melalui e-mail apabila proses pendaftaran sebagai investor telah selesai.

Meskipun sifatnya mirip dengan KTP, SID ini tidak selalu dicetak dalam bentuk fisik berupa kartu. Di Bareksa, yang merupakan agen penjual reksadana secara online, investor yang mendaftar pertama kali akan mendapatkan SID melalui e-mail saja.

Nomor SID merupakan bukti bahwa seseorang resmi terdaftar sebagai investor pasar modal. Meskipun nantinya investor hanya memiliki nilai investasi yang kecil pada berbagai produk pasar modal seperti reksadana, saham maupun surat berharga negara, hak-haknya sebagai investor akan tetap terlindungi. Jadi nomor SID ini akan menambah tingkat keamanan bagi investor.

Dengan adanya nomor SID, dana investor pun akan aman tersimpan pada bank kustodian tanpa harus khawatir disalahgunakan oleh agen penjual investasi.

Lembaga penerbit nomor SID adalah PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). KSEI merupakan lembaga penyimpanan dan penyelesaian transaksi di pasar modal Indonesia yang menyediakan jasa kustodian sentral dan penyelesaian transaksi.

Kewajiban investor untuk memiliki SID sangat penting, karena SID menjadi basis data investor pasar modal di Indonesia. Dengan basis data tersebut, regulator maupun self regulatory organization (SRO) dapat mengambil tindakan pengembangan pasar modal.

Bagaimana cara mendapatkan SID?

Investor tidak perlu pusing memikirkan cara mendapatkan SID. Bila seorang investor mendaftar secara online untuk membeli Sukuk Tabungan ST002 yang merupakan surat berharga negara melalui Bareksa, maka Bareksa sebagai mitra distribusi produk ini yang akan membantu investor mengurusnya.

Berkaitan dengan proses pendaftaran SID ini, maka diperlukan proses hingga 2 X 24 jam untuk verifikasi data pendaftaran investor di Bareksa.

***

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi yang ditunjuk Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel, termasuk sukuk tabungan, secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Gunakan akun Bareksa Anda untuk login dan membeli ST002 melalui tautan ini.

Anda yang belum punya akun bisa mendaftar terlebih dahulu di tautan ini.

Jangan lupa untuk menyiapkan KTP dan NPWP untuk kebutuhan pendaftarannya. (Baca Juga : Belum Jadi Nasabah Bareksa? Ini 6 Langkah Mudah Daftar untuk Beli Sukuk ST002)

(hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua