BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

5 Tips Kantongi Cuan Selama Ramadan

Martina Priyanti12 Maret 2024
Tags:
5 Tips Kantongi Cuan Selama Ramadan
Ilustrasi wanita muda yang merasa senang karena bisa lebih banyak memiliki dana untuk investasi selama Ramadan. (Shutterstock)

Dana penghematan selama Ramadan dan uang THR bisa digunakan untuk investasi dengan strategi lump

Bareksa.com - Bulan Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi mulai berlangsung hari ini. Nah, ulasan berikut mengenai tips mengatur keuangan selama Ramadan dan Lebaran, serta rekomendasi produk pasar modal yang bisa dipilih sebagai instrumen investasi agar Kamu bisa tetap kantongi cuan selama dan setelah bulan puasa Ramadan berakhir.

Selama Ramadan dan bahkan jelang Lebaran, biasanya kebutuhan meningkat dan karenanya tak heran meski akan ada Tunjangan Hari Raya/THR, dompet bisa cuan pasca Ramadan. Melansir Treasury, berikut ini tips mengatur keuangan agar Kamu bisa tetap mendapatkan keuntungan.

Pertama, Atur Anggaran Belanja Selama Ramadan

Kamu harus mengatur dengan detail seluruh kebutuhan belanja, terutama kebutuhan belanja makanan yang diperlukan untuk sahur dan berbuka. Ingat, kebutuhan harus diutamakan ketimbang sebatas keinginan. Jadi, kamu harus menghemat dengan tidak perlu membeli makanan tambahan atau jenis makanan yang sekiranya tak mendesak.

Misalnya kamu bisa memasak sendiri menu sahur dan berbuka tentu akan jauh lebih hemat, walaupun nggak ada salahnya sesekali membeli makan di luar. Dengan membuat perencanaan menu terlebih dulu, pastinya bisa membantu menekan pengeluaran dan menjaga kondisi keuangan terutama ketika harga bahan-bahan pokok melonjak di bulan Ramadan.

Kedua, Sedini Mungkin Atur Dana Mudik dan Salam Tempel

Membeli tiket jauh hari sebelum lebaran tentunya jadi strategi agar kamu dapat tiket murah jika berencana mudik lebaran tahun ini. Jadi menjelang lebaran begini, kamu tinggal mengatur komponen budget mudik yang dialokasikan dari THR yang kamu terima.

Tak kalah penting, perhatikan juga mengenai tradisi lebaran yang berupa salam tempel alias angpao. Maka, dari jauh hari kamu menyisihkan budget salam tempel yang bakal kamu berikan ke orang tua atau saudara terdekat.

Ketiga, Rajin Berburu Diskon untuk Baju Lebaran

Lebaran identik dengan baju baru. Maka dengan mencari diskon termurah untuk baju lebaran bisa kamu lakukan sebagai bagian dari sikap berhemat di bulan Ramadan. Terutama berburu diskon di e-commerce. Belanja di toko online bisa membantu kamu agar tak kalap belanja jika ke pasar.

Kamu bisa memanfaatkan penawaran di toko online untuk kebutuhan ibadah seperti mukena, sajadah, sarung, atau kebutuhan penting lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan harga lebih murah di e-commerce. Walaupun begitu, tetap cermat dan bijak dalam berbelanja ya. Jangan sampai harga miring membuatmu kalap dan jadi belanja berlebihan.


Keempat, Tetap Bijak menggunakan THR

Walaupun kebanyakan perusahaan memberikan THR jelang Lebaran, bukan berarti dana ini diperuntukkan hanya untuk Ramadan dan Lebaran saja. Selain untuk membantu kebutuhan belanja di bulan Ramadan yang cenderung lebih besar dari bulan-bulan lainnya, alokasikan juga dana ini untuk kebutuhan lain yang nggak kalah penting, misalnya untuk dana darurat atau tujuan finansial lainnya yang sedang dikejar, seperti DP rumah, kendaraan bermotor, tabungan dana pendidikan, dan lainnya. THR akan sangat membantu keperluan tersebut yang pastinya membutuhkan dana yang nggak sedikit.

Kelima, Dana THR untuk menabung dan Investasi

Hal ini bisa jadi salah satu langkah unik dan inovatif untuk berhemat saat bulan Ramadan. Kamu bisa menabung dan investasi, karena tak ada yang tahu apa yang akan terjadi dengan diri kamu di masa depan.

Mendapatkan THR bukan berarti harus dihabiskan, tetapi lebih bijak jika dana THR itu ada porsi untuk menabung investasi. Jika dapat banyak uang THR, kenali dulu jenis investasi yang kamu minati, lalu pahami. Jika sudah mengerti, mulai investasi dari yang nominalnya kecil, bentuknya sederhana, dan uangnya dapat ditarik alias gampang dicairkan.

Cuan dari THR Lebaran

Mau cuan dari dana penghematan selama Ramadan dan juga uang THR Lebaran yang diterima? Iya, biar angpao justru bisa menghasilkan cuan, baiknya diinvestasikan. Soal hal ini kamu bisa gunakan strategi investasi lump sum untuk investasi. Adapun strategi lump sum adalah menyetor sejumlah dana (besar) di awal investasi dan membiarkan uang investasi tersebut bergerak naik turun mengikuti perkembangan pasar, tanpa melakukan tambahan investasi (top up) sampai investor memutuskan untuk mencairkannya. Strategi investasi lump sum biasanya digunakan oleh mereka yang menerima penghasilan tidak tetap setiap bulan, seperti freelancer ataupun pemilik toko.

Nah di Bareksa, tersedia beragam pilihan instrumen investasi pasar modal hingga emas fisik digital.

Reksadana

Tersedia ratusan produk reksadana dari beragam jenisnya (pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, dan indeks) yang bisa dipilih dengan disesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasinya.

Investasi Reksadana di Sini
Saham

Selain reksadana, Kamu juga bisa investasi saham di Bareksa. Fitur saham di Bareksa dirilis pada awal November 2023 dan terkait peluncuran fitur ini, Bareksa menggandeng PT Ciptadana Sekuritas Asia (Ciptadana Sekuritas). Transaksi di Bareksa Saham sangat mudah. Sebab fitur-fiturnya didesain sangat mudah digunakan bahkan oleh investor atau pengguna awam sekalipun.

Promo Terbaru di Bareksa

Investasi Saham di Sini
Obligasi Negara

Hanya dengan sentuhan jari dari manapun dan kapanpun, Kamu juga berinvestasi SBN Ritel di super app investasi Bareksa. Sejak 2018, Bareksa menjadi salah satu mitra distribusi penjualan SBN Ritel. Nah, saat ini Obligasi Negara Ritel seri ORI025 sedang memasuki masa penawaran di pasar perdana, yang juga bisa dibeli di Bareksa.

Illustration


Investasi ORI025 di Sini
Emas

Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas. Investasi emas fisik digital dengan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa, dapat dilakukan kapan saja tidak mengenal hari libur. Nilai transaksi pembelian emas fisik digital di Bareksa Emas, dapat langsung terlihat usai melakukan pembayaran.

Investasi Emas di Sini


So, udah ngga bingung lagi kan dalam mengelola dana penghematan selama Ramadan dan juga dana THR Lebaran yang kamu peroleh.

(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2022 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua