BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

OJK Luncurkan Peta Jalan Pengembangan Perusahaan Modal Ventura, Ini Isinya

Abdul Malik23 Januari 2024
Tags:
OJK Luncurkan Peta Jalan Pengembangan Perusahaan Modal Ventura, Ini Isinya
Ilustrasi industri modal ventura. (Shutterstock)

Tujuannnya untuk mendorong kontribusi industri modal ventura terhadap ekonomi nasional, terutama dalam pembiayaan perusahaan rintisan dan UMKM

Bareksa.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Peta Jalan (Roadmap) Pengembangan dan Penguatan Perusahaan Modal Ventura 2024-2028 untuk mendorong kontribusi industri modal ventura terhadap perkembangan ekonomi nasional, terutama dalam pembiayaan perusahaan rintisan dan pengembangan UMKM.

"Roadmap ini menggambarkan upaya yang akan dilakukan OJK bersama dengan industri secara keseluruhan dalam periode 2024-2028 untuk mewujudkan visi bersama, yaitu terwujudnya industri modal ventura yang sehat, berintegritas dan berorientasi pada pembiayaan perusahaan rintisan untuk mendukung pengembangan UMKM dan perlindungan konsumen, serta berkontribusi besar untuk pertumbuhan ekonomi nasional," kata Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) OJK Agusman di Jakarta, Selasa.

Peta jalan ini ditopang oleh empat pilar, yaitu pilar tata kelola dan kelembagaan, pilar edukasi dan literasi konsumen, pilar pengembangan elemen ekosistem, dan pilar pengaturan pengawasan dan perizinan.

Promo Terbaru di Bareksa

Investasi Saham di Sini

Kemudian, ada tiga fase yang dilalui sebagaimana tercatat dalam peta jalan tersebut. Fase pertama ialah penguatan pondasi dan konsolidasi pada tahun 2024-2025, lalu fase menciptakan momentum pada periode 2026-2027, serta fase penyesuaian dan pertumbuhan ketika memasuki tahun 2028.

Sejumlah strategi yang akan ditempuh ialah penguatan permodalan, tata kelola, penyelenggaraan risiko dan sumber daya manusia (SDM). Kemudian, penguatan peraturan perizinan dan pengawasan, lalu penguatan edukasi dan literasi konsumen, penguatan ekosistem perusahaan ventura, serta pengembangan infrastruktur data dan sistem informasi.

"Setiap strategi ini memiliki program kerja masing-masing sebagai action plan konkret yang dievaluasi setiap waktu untuk diimplementasikan oleh stakeholders terkait. Kita juga tahu roadmap ini kita persiapkan sebagai living dokumen, sehingga berusaha adaptif dan dinamis sesuai dengan dinamika dari perkembangan ekonomi dan juga industri modal ventura ke depan," ucap Agusman.

Keberhasilan dalam mengejar visi peta jalan tersebut hanya dapat dicapai dengan dorongan dan dukungan komitmen, serta kesungguhan dari seluruh pemangku kepentingan di industri modal ventura. "Kami mengimbau asosiasi, industri, dan seluruh pemangku kepentingan untuk turut serta dalam mengawal dan menyukseskan implementasi roadmap ini," ungkap dia.

Investasi Saham di Sini

(IQPlus/02246777/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua