BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

Harga Minyak Dunia Turun karena Cadangan Amerika Naik

Martina Priyanti11 Januari 2024
Tags:
Harga Minyak Dunia Turun karena Cadangan Amerika Naik
Ilustrasi kenaikan dan penurunan harga minyak . (Shutterstock)

Investor tetap khawatir terhadap potensi gangguan pasokan minyak di Timur Tengah

Bareksa.com - Harga minyak dunia turun menyusul pernyataan pemerintah Amerika bahwa adanya peningkatan stok minyak mentah mereka. Pada Rabu (10/1/2024) waktu setempat atau pagi ini Waktu Indonesia bagian Barat, harga minyak turun hampir satu dolar per barel, setelah lonjakan stok minyak mentah AS yang mengejutkan meningkatkan kekhawatiran terhadap permintaan di pasar minyak terbesar.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS turun 87 sen, atau 1,2%, menjadi US$71,37 per barel. Patokan global, minyak mentah berjangka Brent menetap 79 sen, atau 1%, menjadi US$76,80 per barel.

Harga telah naik lebih dari 1%, di awal sesi namun berbalik arah setelah Badan Informasi Energi AS melaporkan peningkatan mendadak dalam stok minyak mentah dan lonjakan penyimpanan bensin dan sulingan yang lebih besar dari perkiraan.

"Laporan EIA hari ini menyoroti kekhawatiran investor terhadap melambatnya pertumbuhan permintaan," kata Rob Haworth, ahli strategi investasi senior di US Bank Asset Management.

Persediaan minyak mentah AS naik dari 1,3 juta barel, pada pekan yang berakhir 5 Januari menjadi 432,4 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters yang memperkirakan penurunan 700.000 barel. Stok bensin naik 8 juta barel sementara stok sulingan melonjak 6,5 juta barel, EIA melaporkan.

"Penjelasannya adalah melemahnya ekspor minyak mentah dan produk olahan yang mengakibatkan peningkatan produksi di AS, sehingga menurut saya hal ini perlu diperhatikan, bagaimana permintaan luar negeri berkembang," kata analis UBS Giovanni Staunovo.

Prospek ekonomi Eropa yang lemah menambah kekhawatiran terhadap permintaan minyak. Zona euro mungkin berada dalam resesi pada kuartal terakhir dan prospeknya masih lemah, kata wakil presiden Bank Sentral Eropa Luis de Guindos pada hari Rabu.

Membatasi beberapa kerugian, investor tetap khawatir terhadap potensi gangguan pasokan minyak di Timur Tengah. Gedung Putih mengatakan serangan yang dilakukan oleh militan Houthi yang berbasis di Yaman di Laut Merah bersifat meningkat dan AS akan berkonsultasi dengan mitranya mengenai langkah selanjutnya jika serangan terus berlanjut.

"Reaksi pasar hari ini menunjukkan para pedagang secara aktif menyeimbangkan dampak potensial dari meningkatnya risiko geopolitik dan melambatnya pertumbuhan ekonomi terhadap harga komoditas," kata Thomas Wash, ahli strategi pasar di Confluence Investment Management yang berbasis di Missouri.

Investasi Saham di Sini

(IQPlus/01025847/mp)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

Promo Terbaru di Bareksa

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua