BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

Pertumbuhan Laba Industri China Naik Pesat pada November 2023

Abdul Malik27 Desember 2023
Tags:
Pertumbuhan Laba Industri China Naik Pesat pada November 2023
Suasana gedung-gedung tinggi di kota Shanghai, China. IMF memprediksi ekonomi Tiongkok mulai stabil. (Shutterstock)

Pertumbuhan itu didukung oleh dampak dari langkah-langkah dukungan pemerintah yang mulai diterapkan

Bareksa.com - Pertumbuhan keuntungan industri Tiongkok naik pesat pada bulan November, didukung oleh dampak dari langkah-langkah dukungan pemerintah yang mulai diterapkan. Laba industri China melonjak 29,5% dari tahun sebelumnya, meningkat tajam dari kenaikan 2,7% di bulan Oktober, menurut data yang diterbitkan oleh Biro Statistik Nasional (NBS) pada Rabu (27/12).

Angka-angka tersebut didukung oleh rendahnya perbandingan tahun lalu ketika aktivitas ekonomi terhambat oleh pengendalian pandemi yang ketat. Biro statistik berhenti menerbitkan kumpulan data tersebut pada paruh kedua tahun 2022 dan melanjutkannya pada awal tahun ini, dengan angka-angka yang menunjukkan pertumbuhan negatif hingga Juli. Pada Agustus, pertumbuhan berubah menjadi positif secara tajam sebelum menurun dalam beberapa bulan terakhir. Namun, laba pada 11 bulan pertama turun 4,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, berkurang dari penurunan 7,8% pada 10 bulan pertama.

Yu Weining, analis NBS, mengaitkan kenaikan bulan November ini dengan kebijakan pemerintah. Seiring dengan berlakunya kebijakan makro dan permintaan domestik berangsur pulih, produksi industri meningkat dan laba perusahaan industri terus meningkat. Sementara itu, tanda-tanda deflasi semakin banyak terjadi di Tiongkok karena harga terus menurun dan permintaan masih lesu. Hal ini meningkatkan tekanan pada pihak berwenang untuk meningkatkan stimulus atau berisiko membuat perekonomian terpuruk karena konsumen dan perusahaan menunda pembelian atau investasi untuk mengantisipasi penurunan harga lebih lanjut.

Promo Terbaru di Bareksa

Investasi Saham di Sini

Beijing diperkirakan akan menetapkan sasaran pertumbuhan yang ambisius pada 2024, yang akan sama dengan target tahun ini namun lebih sulit dicapai karena tahun 2023 mempunyai basis perbandingan yang rendah akibat pembatasan virus corona pada tahun lalu. Harga konsumen Tiongkok mencatat penurunan tertajam dalam 3 tahun pada bulan lalu, sementara penurunan biaya di tingkat pabrik juga meningkat. Pesanan baru yang diterima oleh produsen mengalami kontraksi ke level terendah sejak bulan Juni dan pabrik mengurangi pembelian input untuk bulan kedua berturut-turut, data resmi menunjukkan.

Permintaan eksternal terhadap barang-barang Tiongkok juga melemah, dengan ukuran harga ekspor mencapai titik terendah sejak 2009 pada Oktober. Penurunan ini menunjukkan siklus destocking di sektor industri belum berakhir, dan perusahaan-perusahaan, khususnya produsen barang konsumsi hilir, mungkin masih berjuang dengan kelebihan kapasitas, menurut catatan Changjiang Securities pada akhir pekan.

Para pemimpin utama Tiongkok telah mengindikasikan bahwa mereka akan mempertahankan sikap kebijakan yang pro pertumbuhan pada tahun depan. Bank-bank milik negara terbesar di negara ini memangkas suku bunga deposito pada minggu lalu untuk ketiga kalinya pada tahun ini, sehingga membuka jalan bagi penurunan suku bunga pinjaman lebih lanjut. Langkah ini mengikuti rekor suntikan dana tunai bank sentral ke bank-bank melalui pinjaman kebijakan satu tahun awal bulan ini untuk mendorong pemberian pinjaman.

Investasi Saham di Sini

(IQPlus/36034077/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.331,25

Up0,46%
Up3,99%
Up0,04%
Up4,94%
Up18,47%
-

Capital Fixed Income Fund

1.784,34

Up0,60%
Up3,37%
Up0,03%
Up6,89%
Up16,80%
Up42,83%

STAR Stable Income Fund

1.935,03

Up0,56%
Up3,02%
Up0,03%
Up5,97%
Up28,80%
Up59,36%

I-Hajj Syariah Fund

4.847,5

Up0,62%
Up3,15%
Up0,03%
Up6,14%
Up21,96%
Up40,60%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.144,09

Up0,41%
Up2,77%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,35%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua