BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

IMF : Ada Tanda-tanda Ekonomi Tiongkok Mulai Stabil

Abdul Malik29 September 2023
Tags:
IMF : Ada Tanda-tanda Ekonomi Tiongkok Mulai Stabil
Suasana gedung-gedung tinggi di kota Shanghai, China. IMF memprediksi ekonomi Tiongkok mulai stabil. (Shutterstock)

IMF masih percaya China dapat mencapai pertumbuhan ekonomi sekitar 5% tahun ini

Bareksa.com - Dana Moneter Internasional (IMF) melihat beberapa tanda stabilisasi perekonomian Tiongkok berdasarkan data terbaru. IMF yakin Negara Panda dapat mempercepat pertumbuhan dalam jangka menengah jika mengambil langkah-langkah untuk mereformasi perekonomiannya guna menyeimbangkan kembali investasi menuju belanja konsumen.

Juru Bicara Utama IMF Julie Kozack, mengatakan IMF masih percaya Tiongkok dapat mencapai pertumbuhan sekitar 5% tahun ini, dengan proyeksi rinci yang akan dirilis ketika IMF menerbitkan World Economic Outlook pada pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Marrakesh, Maroko pada Oktober.

"IMF melihat pertumbuhan PDB Tiongkok melambat menjadi sekitar 3,5% dalam jangka menengah, namun hal ini dapat dipercepat dengan reformasi ekonomi," kata Kozack, dikutip dari Channel News Asia, Jumat, 29 September 2023.

Promo Terbaru di Bareksa

Beli Reksadana di Sini

Pandangan IMF ini sejalan dengan perkiraan swasta, karena pemulihan Tiongkok dari lockdown akibat covid-19 tidak berjalan lancar dan penurunan besar-besaran di sektor properti membebani permintaan konsumen.

Ada juga utang yang membengkak akibat pesta infrastruktur selama puluhan tahun dan perusahaan-perusahaan swasta yang mengalami depresi enggan berinvestasi. Beberapa analis melihat semakin besarnya risiko bahwa Tiongkok akan memasuki era stagnasi seperti Jepang, dengan populasi yang menua dan pertumbuhan produktivitas yang melambat.

Perlambatan Tiongkok membuat beberapa penasihat pemerintah di Beijing menyerukan reformasi yang lebih mendalam, sementara yang lain menganjurkan belanja negara yang lebih besar untuk meningkatkan pertumbuhan.

Kozack mengatakan, setelah perlambatan besar sejak kuartal I 2023, data terbaru sedikit lebih beragam dengan beberapa tanda stabilisasi. "Kami memperkirakan pertumbuhan Tiongkok akan melambat menjadi sekitar 3,5% karena hambatan demografis dan melambatnya pertumbuhan produktivitas," kata Kozack.

"Tetapi kami juga berpendapat bahwa pertumbuhan yang lebih tinggi dalam jangka menengah dapat dijangkau oleh Tiongkok. Tiongkok harus memanfaatkan peluang untuk menyeimbangkan kembali perekonomiannya melalui dukungan kebijakan makroekonomi jangka pendek dan reformasi jangka menengah," pungkasnya.

Beli Reksadana di Sini

(IQPlus/27133055/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Saham adalah instrumen investasi yang memiliki risiko kerugian. Artikel ini bertujuan untuk berbagi informasi seputar pasar dengan analisa untuk meminimalisir risiko. Setiap keputusan transaksi beli jual saham ada di tangan investor.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,83

Up0,43%
Up3,55%
Up0,02%
Up5,95%
Up19,11%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,51

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,20%
Up17,66%
Up42,85%

STAR Stable Income Fund

1.915,47

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,23%
Up30,99%
Up60,26%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.758,34

Down- 0,10%
Up3,14%
Up0,01%
Up4,70%
Up19,30%
Up47,85%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,12

Up0,08%
Up2,01%
Up0,02%
Up2,91%
Down- 1,48%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua