BeritaArrow iconReksadanaArrow iconArtikel

Investasi Berkelanjutan Plus Raih Potensi Cuan dengan Reksa Dana Insight Investments Management

Hanum Kusuma Dewi22 Februari 2024
Tags:
Investasi Berkelanjutan Plus Raih Potensi Cuan dengan Reksa Dana Insight Investments Management
Ilustrasi investasi I-SRI LIKUID dan I-Hajj Syariah Fund yang berwawasan lingkungan dan memiliki potensi imbal hasil. (Shutterstock)

Reksa Dana Indeks Insight SRI-KEHATI LIKUID (I-SRI LIKUID) dan Insight Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund) terlibat dalam investasi yang berdampak sosial dan keduanya tersedia di super app investasi Bareksa

Bareksa.com - Sebagai seorang investor, apa yang ada di dalam pikiran kamu ketika memilih produk investasi? Mencari keuntungan tentunya. Nah, kamu perlu tahu bahwa ada produk reksa dana yang tidak hanya berpotensi memberikan keuntungan finansial, tetapi juga berdampak sosial dan lingkungan.

Insight Investments Management (Insight IM), manajer investasi yang berdiri sejak 9 Mei 2003, melalui produk reksa dana yang dikelolanya menawarkan investasi yang bisa membawa dampak sosial. Contohnya adalah dalam produk Reksa Dana Indeks Insight SRI-KEHATI Likuid (I-SRI LIKUID) dan Insight Haji (I-Hajj Syariah Fund).

Reksa Dana Indeks Insight SRI-KEHATI LIKUID (I-SRI LIKUID)

Reksa Dana saham ini mengacu pada Indeks SRI-KEHATI, yaitu indeks saham yang berisikan emiten dengan investasi bertanggung jawab sosial atau Socially Responsible Investment (SRI). Indeks saham ini dikeluarkan oleh Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI), sebuah lembaga nirlaba penyandang dana hibah bagi pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati.

Promo Terbaru di Bareksa

Meskipun mengacu pada indeks SRI-KEHATI, reksa dana I-SRI LIKUID menyeleksi lagi saham-saham di dalam portofolionya dengan kriteria likuid. Sehingga, investor mendapatkan potensi pergerakan kinerja yang lebih likuid, sementara aspek keberlanjutan lingkungan masih tetap terjaga.

Selain itu, kinerja reksa dana ini juga memberikan value lebih daripada pergerakan harga saham-saham dalam portofolionya. Sebab, reksa dana ini menerima dividen yang cukup menarik dari saham-saham tersebut.

Dalam setahun terakhir, per 31 Januari 2024, I-SRI LIKUID mencatatkan return 10,52%, sementara Indeks SRI KEHATI naik 6,69% dan IHSG hanya naik 5,39%.

Grafik Perbandingan Kinerja I-SRI LIKUID, IHSG dan Indeks SRI-KEHATI

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Berdasarkan Fund Fact Sheet reksa dana per Desember 2023, berikut 10 aset terbesar (top holdings) dari I-SRI LIKUID:

  • Bank Central Asia Tbk (BBCA)

  • Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI)

  • Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI)

  • Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)

  • Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)

  • Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF)

  • Kalbe Farma Tbk (KLBF)

  • Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR)

  • Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM)

  • Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

I-SRI LIKUID cocok untuk investor yang mencari solusi investasi yang menggabungkan keuntungan finansial dan dampak positif bagi lingkungan. Selain itu, investor sebaiknya memiliki jangka waktu investasi minimal 3 tahun.

Beli I-SRI LIKUID


Reksa Dana I-Hajj Syariah Fund

I-Hajj Syariah Fund adalah reksa dana dengan jenis pendapatan tetap syariah. Reksa dana ini mengikuti prinsip-prinsip syariah sehingga terhindar dari unsur riba (bunga), gharar (ketidakpastian), dan maysir (judi).

Produk ini menawarkan social impact berupa fitur Dana Infaq yang akan digunakan untuk memberangkatkan jamaah Haji atau Umrah bagi orang yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki kontribusi sosial kepada masyarakat. Jadi, dengan berinvestasi di I-Hajj Syariah Fund, investor juga turut membantu memberangkatkan haji atau umrah orang-orang yang kurang mampu.

Hingga saat ini, Reksa Dana Insight Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund) telah memberangkatkan haji dan umrah lebih dari 800 jemaat yang belum mampu secara ekonomi, namun memiliki kontribusi kepada lingkungan sekitarnya. Program ini merupakan wujud kepedulian I-Hajj Syariah Fund terhadap sesama yang diharapkan dapat membawa berkah bagi investor.

Sementara itu, dari sisi kinerja, reksa dana berbasis obligasi syariah ini membukukan return 6,6% setahun terakhir (per 31 Januari 2024). Angka ini mengalahkan rata-rata produk sejenis yang terlihat dari Indeks Reksa Dana Pendapatan Tetap Bareksa yang naik 3,18% dan Indeks Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah Bareksa yang hanya menguat 1,87% di periode sama.

Grafik Perbandingan Kinerja I-Hajj Syariah Fund dan Indeks Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Syariah Bareksa

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Apa yang mendorong kinerjanya? I-Hajj Syariah Fund berfokus kepada perusahaan dengan kredibilitas tinggi yang memberikan potensi imbal hasil menarik, sekaligus melakukan diversifikasi sektor guna meminimalisasi risiko investasi.

Menurut Fund Fact Sheet Januari 2024, berikut daftar 10 aset terbesar (top holdings) reksa dana ini:

  • BANK BUKOPIN SYARIAH Tbk, PT

  • OKI PULP & PAPER MILLS, PT (SMOPPM01ACN1)

  • OKI PULP & PAPER MILLS, PT (SMOPPM01BCN1)

  • OKI PULP & PAPER MILLS, PT (SMOPPM01BCN2)

  • PERMODALAN NASIONAL MADANI (PERSERO), PT (SMPNMP01BCN2)

  • PINDO DELI PULP AND PAPER MILLS, PT (SMPIDL01C27)

  • PINDO DELI PULP AND PAPER MILLS, PT (SMPIDL02B)

  • PT INDAH KIAT PULP & PAPER Tbk (SMINKP03ACN1)

  • PT. SAMPOERNA AGRO, Tbk (SISGRO01BCN2)

  • TIMAH Tbk, PT (SITINS01CN2)

Sebagai reksa dana pendapatan tetap, I-Hajj Syariah Fund cocok untuk investor moderat dengan jangka waktu menengah. Selain itu, bisa juga untuk penyeimbang portofolio bagi semua profil risiko.

Beli I-Hajj Syariah Fund

Nah, I-SRI LIKUID dan I-Hajj Syariah Fund adalah dua produk yang dikelola oleh Insight IM yang memiliki alokasi dana Corporate Social Responsibility (CSR) senilai Rp8,31 miliar pada 2022. Seluruh produk Reksa Dana Insight IM memiliki tema CSR yang berbeda-beda, dengan total kelolaan (AUM) hingga Rp13,3 triliun per Januari 2024.

Smart investor bisa berinvestasi sekaligus memberikan dampak sosial dengan membeli produk-produk reksa dana Insight IM, termasuk I-SRI LIKUID dan I-Hajj Syariah Fund. Kedua reksa dana ini bisa dibeli di super app Bareksa dengan modal mulai dari Rp100.000 saja.

(ADV | hm)

* * *

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksa dana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksa dana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksa dana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksa dana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi Reksa Dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi Reksa Dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,62

Up0,74%
Up4,00%
Up0,02%
Up6,36%
Up19,84%
-

Capital Fixed Income Fund

1.760,38

Up0,56%
Up3,43%
Up0,02%
Up7,02%
Up18,00%
Up42,94%

STAR Stable Income Fund

1.911,44

Up0,52%
Up2,88%
Up0,02%
Up6,21%
Up31,34%
Up59,99%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.765,08

Up0,50%
Up3,61%
Up0,02%
Up5,37%
Up20,01%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,61

Up0,45%
Up2,06%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 0,64%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua