BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Berikut Top 5 Produk Reksadana Pendapatan Tetap Terbesar Juni 2024

Martina Priyanti11 Juli 2024
Tags:
Berikut Top 5 Produk Reksadana Pendapatan Tetap Terbesar Juni 2024
Ilustrasi kinerja reksadana pendapatan tetap yang digambarkan dengan grafik di tangan seorang investor analis fund manager. (Shutterstock)

Dana kelolaan reksadana pendapatan tetap secara industri pada Juni 2024 tercatat Rp150,7 triliun

Bareksa.com - Kinerja reksadana pendapatan tetap baik dari sisi dana kelolaan/AUM maupun unit penyertaan, kembali tercatat positif pada bulan lalu atau Juni 2024. Kelolaan reksadana pendapatan tetap pada Juni 2024 tercatat Rp150,7 triliun, naik 1,25% sepanjang tahun berjalan/YTD. Sementara unit penyertaan reksadana pendapatan tetap tercatat 93,2 miliar unit, naik 2,14% YTD.

Illustration

Sumber : Bareksa Mutual Fund Industry Data Market - Monthly Report June 2024

Terlebih Kamu yang merupakan investor pemula, perlu mengetahui bahwa besaran dana kelolaan produknya bisa menjadi satu pertimbangan. Besaran dana kelolaan tidak selalu mencerminkan kinerja reksadana saham tersebut, tetapi bisa menjadi salah satu indikator kepercayaan investor dalam menempatkan dananya di suatu produk reksadana.

Promo Terbaru di Bareksa

Lalu, reksadana pendapatan tetap mana yang dana kelolaanya terbesar? Berikut ulasannya.

1. Danamas Stabil

Posisi pertama produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar kembali ditempati Danamas Stabil dari Sinarmas Asset Management. Dana kelolaan Danamas Stabil tercatat Rp17,79 triliun per akhir bulan lalu.

Kelolaan Danamas Stabil naik 1% secara bulanan/MOM dan tumbuh 6% sepanjang tahun berjalan/YTD.

2. Manulife Obligasi Negara Indonesia II Kelas A

Manulife Obligasi Negara Indonesia II Kelas A juga kembali tercatat menempati posisi kedua, dengan dana kelolaan Rp5,83 triliun pada bulan lalu. Kelolaan Manulife Obligasi Negara Indonesia II Kelas A naik 8% secara YTD.

3. Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A

Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A kembali mengisi posisi ketiga dengan dana kelolaan Rp5,82 triliun pada bulan lalu.

4. Manulife Obligasi Unggulan Kelas A

Manulife Obligasi Unggulan Kelas A juga tercatat kembali mengisi posisi keempat produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar pada Juni 2024. Dana kelolaan Manulife Obligasi Unggulan Kelas A tercatat Rp5,08 triliun, naik 9% YTD.

5. BNP Paribas Obligasi Kejora

BNP Paribas Obligasi Kejora juga kembali menempati posisi kelima dalam daftar 20 produk reksadana pendapatan tetap dengan kelolaan terbesar. Kelolaan BNP Paribas Obligasi Kejora tercatat Rp4,39 triliun.

Daftar Reksadana Pendapatan Tetap Kelolaan Terbesar Juni 2024

Illustration

Sumber : Bareksa Mutual Fund Industry Data Market - Monthly Report June 2024

Produk Tumbuh Tertinggi

Di sisi lain HPAM Ultima Obligasi Plus kembali tercatat sebagai produk reksadana pendapatan tetap dengan kelolaan tumbuh tertinggi sepanjang tahun berjalan/YTD naik 127%. Selain HPAM Ultima Obligasi Plus, yang kelolaannya tumbuh paling tinggi antara lain Simas Pendapatan Optima dan Star Stable Income Fund yang masing-masing naik 65% dan 31%.

Sementara itu secara bulanan/MOM, produk reksadana pendapatan tetap yang tumbuh paling tinggi antara lain Simas Pendapatan Optima (10%), Ashmore Dana Obligasi Utama, dan Manulife Dana Tetap Utama (5%).

Investasi Reksadana di Sini

Reksadana Pendapatan Tetap Adalah

Reksadana pendapatan tetap adalah reksadana yang berinvestasi minimum 80% di instrumen pendapatan tetap. Instrumen itu antara lain surat utang (obligasi) dan sukuk yang jatuh temponya lebih dari satu tahun. Reksadana pendapatan tetap atau fixed income fund memiliki risiko yang relatif lebih tinggi dari reksadana pasar uang dengan potensi imbal hasil investasi lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan deposito.

Reksadana pendapatan tetap cocok buat investor yang memiliki profil risiko konservatif – moderat untuk tujuan jangka menengah 1 - 3 tahun. Reksadana pendapatan tetap juga sering dijadikan sebagai pilihan investasi oleh investor dengan profil risiko yang lebih tinggi sebagai diversifikasi portofolio investasi atau ketika pasar saham mengalami ketidakpastian.

Bagi Kamu yang sedang mencari produk investasi untuk tujuan jangka menengah bisa mempertimbangkan reksadana pendapatan tetap. Reksadana pendapatan tetap memiliki risiko fluktuasi cukup moderat dengan potensi imbal hasil optimal, terlebih di tengah gejolak pasar modal saat ini.

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report June 2024. Untuk berlangganan laporan ini sila hubungi [email protected] (cc: [email protected]).​

Klik untuk Beli Reksadana Sekarang

(Reynaldi Gumay/Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.338,94

Up0,58%
Up3,68%
Up0,04%
Up4,66%
Up18,55%
-

Capital Fixed Income Fund

1.794,02

Up0,54%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,96%
Up16,43%
Up40,17%

I-Hajj Syariah Fund

4.874,98

Up0,57%
Up3,21%
Up0,04%
Up6,16%
Up22,01%
Up40,69%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.048,43

Up0,51%
Up3,59%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra Tunai Likuid Syariah

1.147,24

Up0,28%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,97%
Up14,24%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua