BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Capital Sharia Fixed Income Meluncur, Pilihan Investasi Syariah untuk Investor Moderat

Hanum Kusuma Dewi01 Agustus 2023
Tags:
Capital Sharia Fixed Income Meluncur, Pilihan Investasi Syariah untuk Investor Moderat
Ilustrasi investor syariah dengan profil risiko moderat memeriksa smartphone untuk melakukan investasi Reksa Dana Capital Sharia Fixed Income. (Shutterstock)

Reksa Dana kelolaan Capital AM ini tersedia di super app Bareksa dan fitur Bareksa Umroh serta bisa dibeli dengan modal minimal Rp100.000

Bareksa.com - PT Capital Asset Management meluncurkan produk Reksa Dana Syariah terbaru yaitu Capital Sharia Fixed Income. Reksa Dana pendapatan tetap dengan pengelolaan syariah ini kini tersedia di super app Bareksa dan juga dapat menjadi pilihan untuk Tabungan Umroh di Bareksa Umroh.

Sesuai dengan jenisnya, Capital Sharia Fixed Income (CSFI) bertujuan untuk memperoleh pendapatan investasi dalam jangka waktu menengah melalui investasi pada Sukuk dengan tetap memperhatikan faktor risiko investasi.

Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah ini baru saja meluncur dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB) per Unit sebesar Rp1.000. Investor dapat berpeluang menikmati potensi pertumbuhan dari NAB bila mulai berinvestasi sejak awal peluncuran Reksa Dana ini.

Promo Terbaru di Bareksa

Beli Capital Sharia Fixed Income

Strategi Investasi

Meluncur sejak 1 Agustus 2023, Reksa Dana Syariah Pendapatan Tetap ini memiliki kebijakan untuk berinvestasi sebesar 80-100% portofolionya pada Sukuk, sementara itu sekitar 0-20% pada pasar uang Syariah.

Capital AM menjelaskan bahwa strategi untuk pengelolaan Reksa Dana Capital Sharia Fixed Income adalah dengan melakukan alokasi pada Sukuk Pemerintah dan Korporasi, serta Deposito Syariah untuk menghasilkan return dan likuiditas portofolio yang optimal.

Manajer investasi juga menjelaskan bahwa pemilihan Sukuk sebagai aset dalam portofolio Reksa Dana dilakukan dengan hati-hati. "Sukuk yang kami investasikan harus memiliki rating minimal investment grade dan memiliki net return di atas suku bunga Deposito Syariah rata-rata," tulis manajemen.

Hal tersebut diharapkan dapat memitigasi risiko dari obligasi. Selain itu, durasi portofolio juga akan dijaga di level pendek dan menengah pada kisaran 1-3 tahun untuk meminimalkan fluktuasi pasar.

Poin terbaiknya, Reksa Dana ini mengincar imbal hasil (return) di atas rata-rata bunga deposito dan menjaga pertumbuhan return yang stabil.

Illustration

Jenis Reksa Dana Syariah Pendapatan Tetap ini memiliki risiko sedang cenderung rendah. Biasanya, sifat ini cocok untuk investor dengan profil risiko moderat dengan jangka waktu investasi menengah (3-5 tahun).

Lantas, bagaimana cara Manajer Investasi membangun portofolio untuk reksa dana ini?

Menurut penjelasannya, Capital AM selalu melakukan Risk Management & Compliance Review yang terdiri dari tiga tahap untuk membangun portofolio Reksa Dana.

Tahap pertama, Manajer Investasi melihat outlook (pandangan) ekonomi baik secara global maupun domestik. Data-data yang menjadi pertimbangan termasuk pertumbuhan ekonomi (GDP), tingkat inflasi, suku bunga acuan hingga nilai tukar.

Tahap kedua, setelah melihat outlook ekonomi, Manajer Investasi menetapkan investment universe, atau kelompok/kumpulan aset yang layak investasi. Aset-aset yang berupa deposito bank Syariah dan Sukuk (obligasi Syariah) itu juga kemudian diseleksi lagi lebih mendalam untuk jadi potensi portofolio Reksa Dana.

Untuk seleksi penempatan bank, Manajer Investasi melakukan internal bank scoring. Di samping itu, Manajer Investasi juga melakukan perbandingan untuk memilih rate atau suku bunga deposito mana yang terbaik. Adapun untuk seleksi Sukuk, Manajer Investasi mempertimbangkan rating Sukuk, analisa kualitatif dan kuantitatif, serta melihat risiko gagal bayar.

Tahap ketiga adalah pembobotan portofolio dan evaluasi. Dalam tahap ini, Manajer Investasi menghitung alokasi aset dan diversifikasi pada aset yang sudah terseleksi sebelumnya. Kemudian, MI juga menjaga faktor likuiditas dan mengevaluasi kinerja portofolio secara reguler.

Pada awal peluncurannya, Reksa Dana Capital Sharia Fixed Income memperkirakan indikasi imbal hasil untuk produk Capital Sharia Fixed Income bisa mencapai 5,0-5,5% per tahun (nett). Sebagai catatan, perhitungan ini hanya simulasi dari Manajer Investasi dan Manajer Investasi tidak memberikan jaminan bahwa indikasi imbal hasil ini akan tercapai.

Pencapaian imbal hasil tergantung dari kondisi ekonomi, likuiditas, dan ketersediaan underlying di pasar. Simulasi ini hanya diperuntukan bagi Investor untuk bahan diskusi dan presentasi penawaran produk Reksa Dana Capital Sharia Fixed Income kepada Investor.

Maka dari itu, Capital Sharia Fixed Income Fund dapat menjadi pilihan bagi investor dengan profil risiko moderat serta yang mencari diversifikasi dalam produk Syariah. Reksa Dana ini bekerja sama dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk sebagai Bank Kustodian.

Tentang Capital AM

Berbicara tentang Reksa Dana, investor juga perlu mengenal Manajer Investasi yang mengelolanya. PT Capital Asset Management (Capital Asset Management) merupakan bagian dari kelompok usaha PT Capital Financial Indonesia dan PT Bank Capital Indonesia.

Capital Asset Management merupakan salah satu perusahaan Manajer Investasi terkemuka yang ada di Indonesia serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan mendapat izin sebagai Manajer Investasi berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK No. KEP-19/D.04/2013 tanggal 16 Mei 2013.

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diolah Bareksa, Capital AM mengelola Rp2,23 triliun Reksa Dana per Juni 2023 dan juga mengelola 15 produk Reksa Dana yang ada di pasaran.

Adapun di Bareksa, sebelumnya sudah ada tiga produk Capital AM yang tersedia yaitu Capital Money Market Fund, Capital Sharia Money Market dan Capital Fixed Income Fund.

Capital Money Market saat ini adalah Reksa Dana Pasar Uang yang menjadi produk eksklusif di super app Bareksa yang memberikan imbal hasil (return) 4,74% setahun (per 21 Juli 2023). Sementara itu, Capital Fixed Income Fund adalah Reksa Dana Pendapatan Tetap Konvensional yang per 21 Juli 2023 mencatat imbal hasil (return) 8% dalam setahun.

Smart Investor dapat mempertimbangkan produk baru Capital Sharia Fixed Income sebagai diversifikasi investasi dalam Reksa Dana. Produk Reksa Dana ini bisa dibeli di Bareksa dengan modal mulai dari Rp100.000 saja.

Beli Capital Sharia Fixed Income

Promo Capital Sharia Fixed Income

Buat Smart Investor yang membeli Reksa Dana Capital Sharia Fixed Income di Bareksa berkesempatan mendapatkan hadiah voucher reksa dana senilai 10% dari nilai transaksi (maksimal voucher Rp100.000). Hadiah hanya untuk 100 investor tercepat saja.

Tertarik? Caranya mudah, cukup beli Reksa Dana Capital Sharia Fixed Income di Bareksa senilai minimal Rp1 juta menggunakan kode promo NEWCAPSYR.

Baca juga syarat dan ketentuannya berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Promo Capital AM

1. Periode promo tanggal 1 Agustus 2023 pukul 14.00 WIB - 31 Agustus 2023 pukul 23.59 WIB

2. Promo berlaku KHUSUS untuk pembelian produk Reksa Dana Capital Sharia Fixed Income dari Capital AM dengan menggunakan kode promo NEWCAPSYR

3. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia

4. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

5. Investor dengan pembelian tercepat berhak memenangkan hadiah sesuai dengan kuota yang akan dibagikan selambatnya 20 hari kerja setelah pengumuman pemenang

6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 19 Oktober 2023 melalui media sosial dan email Bareksa.

7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan

8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

9. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ayo beli Capital Sharia Fixed Income di Bareksa dan raih hadiahnya!

Beli Capital Sharia Fixed Income


(ADV | hm)

* * *

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.777,6

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,71%
Up17,19%
Up44,79%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.328,41

Up1,29%
Up4,10%
Up0,03%
Up5,75%
Up19,16%
-

STAR Stable Income Fund

1.928,13

Up0,49%
Up2,98%
Up0,02%
Up6,01%
Up29,06%
Up64,47%

I-Hajj Syariah Fund

4.828,04

Up0,52%
Up3,07%
Up0,03%
Up6,13%
Up21,90%
Up40,52%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.142,09

Up0,51%
Up2,86%
Up0,02%
Up5,01%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua