BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Tawarkan 5 Manfaat Investasi untuk Pemula, Coba Capital Money Market Fund Eksklusif di Bareksa

Hanum Kusuma Dewi13 April 2023
Tags:
Tawarkan 5 Manfaat Investasi untuk Pemula, Coba Capital Money Market Fund Eksklusif di Bareksa
Ilustrasi investor pemula memegang handphone untuk membeli reksadana pasar uang Capital Money Market Fund melalui super app Bareksa. (Shutterstock)

Reksadana pasar uang ini mendapat nilai Barometer Bareksa 5 dari skala 5

Bareksa.com - Pemula yang baru mengenal investasi, biasanya mencari instrumen dengan risiko rendah. Reksadana pasar uang, seperti Capital Money Market Fund, dapat menjadi pilihan karena memiliki karakteristik yang cocok bagi orang awam. Berikut ulasan mengenai 5 manfaat investasi reksadana pasar uang bagi pemula.

5 Manfaat Investasi Reksadana untuk Pemula

1. Pengelolaan investasi secara profesional

Reksadana adalah kumpulan dana masyarakat investor yang dikelola secara profesional oleh manajer investasi. Sehingga, investor bisa mendapatkan manfaat investasi tanpa harus terus memantau pergerakan aset-aset dalam portofolionya. Sebab, manajer investasi lah yang mengelolanya dalam bentuk reksadana.

Promo Terbaru di Bareksa

2. Diversifikasi investasi

Dalam satu reksadana, sudah terdiri dari beragam aset sehingga bisa mengoptimalkan imbal hasil (return) investasi dan membuat risiko terbagi.

3. Investasi mudah dicairkan

Reksadana termasuk jenis instrumen investasi yang likuid alias mudah dicairkan atau dijual. Maksimal proses pencairan reksadana adalah tujuh hari kerja bursa (T+7) dari waktu order penjualan hingga ke rekening investor.

Bandingkan hal ini dengan investasi properti misalnya, yang membutuhkan waktu lama untuk mencari pembeli dan proses perpindahan tangan yang cukup rumit serta memakan biaya. Atau dengan deposito yang bisa terkena pinalti bila mencairkannya sebelum jatuh tempo.

4. Transparansi informasi

Manajer investasi mengelola reksadana dan memberikan informasi secara transparan kepada para investornya. Segala informasi mengenai reksadana ketika pertama kali diluncurkan sudah tertuang dalam prospektus reksadana. Selain itu, manajer investasi juga secara berkala (bulanan) membuat laporan ringkasan reksadana (fund fact sheet) yang memberikan informasi terkait aset terbesar dalam portofolionya.

5. Imbal hasil reksa dana bukan obyek pajak

Hal yang tentu saja paling disukai dari investasi reksadana adalah imbal hasilnya. Investor mendapatkan imbal hasil atau keuntungan berupa capital gain, yaitu bisa menjual di harga nilai aktiva bersih per unit (NAB/UP) yang lebih tinggi daripada harga saat membelinya. Nah, capital gain reksadana ini bukan obyek pajak, sehingga sudah bersih yang diterima oleh investor.

Beli Capital Money Market Fund

Capital Money Market Fund

Jenis reksadana yang direkomendasikan untuk pemula adalah reksadana pasar uang. Sebab, isi portofolio reksadana ini adalah deposito dan surat utang dengan jatuh tempo kurang dari setahun. Sehingga, risikonya sangat rendah serta nilainya cenderung stabil, mirip dengan deposito bank.

Salah satu reksadana pasar uang yang menjadi rekomendasi di Bareksa adalah Capital Money Market Fund. Reksadana yang dikelola oleh Capital Asset Management ini merupakan produk eksklusif di super app Bareksa.

Reksa Dana Capital Money Market Fund bertujuan untuk menghasilkan tingkat pertumbuhan yang optimal dalam jangka waktu pendek dengan tingkat likuiditas yang tinggi. Kebijakan investasinya adalah 100% di instrumen pasar uang.

Sejak meluncur pada 28 Desember 2015, reksadana pasar uang ini sudah mencatatkan kinerja imbal hasil 53,41% per 6 April 2023. Dalam setahun terakhir, kinerjanya sebesar 4,69%.

Illustration

Sumber: super app Bareksa, 6 April 2023

Di super app Bareksa, Capital Money Market Fund mendapatkan nilai Barometer Bareksa 5 dari skala 5, yang artinya sempurna baik dari sisi kinerja maupun risikonya.

Berkaitan dengan strateginya untuk menghasilkan return yang optimal, manajer investasi melakukan diversifikasi investasi ke aset obligasi yang jatuh tempo kurang dari 1 tahun dengan tetap memperhatikan aspek likuiditas.

Selain itu, obligasi Pasar Uang yang diinvestasikan harus memiliki rating minimal investment grade (layak investasi) dan memiliki net return di atas suku bunga deposito rata-rata namun dengan risiko yang terukur.

Grafik Alokasi Investasi Capital Money Market Fund

Illustration


Per 31 Maret 2023, alokasi aset reksadana ini adalah 69% di deposito dan 41% di obligasi dengan jatuh tempo kurang dari setahun. Menurut Fund Fact Sheet 31 Maret 2023, berikut daftar 10 aset terbesar dalam portofolio reksadana ini:

1. Deposito Bank Capital

2. Deposito Bank KB Bukopin Syariah

3. Deposito Bank Aladin Syariah

4. Deposito Bank Neo Commerce

5. Deposito Bank Danamon

6. Deposito Bank Victoria Syariah

7. Obligasi Berkelanjutan III Protelindo Tahap II Tahun 2023 Seri A

8. Obligasi Berkelanjutan II MNC Kapital Indonesia Tahap I Tahun 2018

9. Obligasi Berkelanjutan III Global Mediacom Tahap II Tahun 2022 Seri A

10. Obligasi Berkelanjutan I Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry Tahap III Tahun 2022 Seri A

Selanjutnya, berkaitan dengan dengan pencapaian dan reputasi, Reksa Dana Capital Money Market Fund telah mendapat sejumlah penghargaan dari sejumlah institusi ternama, termasuk acara penghargaan tahunan Bareksa Kontan Fund Awards 2019. Reksa Dana Capital Money Market Fund mendapatkan penghargaan Gold Champion Best Money Market Fund Product dengan kategori periode 3 tahun untuk aset Rp100-500 miliar.

Per akhir Maret 2023, reksadana pasar uang ini sudah memiliki dana kelolaan (asset under management) Rp287,89 miliar. Reksadana ini bekerja sama dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk sebagai bank kustodian.

Untuk investor dengan profil risiko rendah yang mengutamakan likuiditas jangka pendek, Capital Money Market Fund bisa menjadi pilihan. Temukan produk eksklusif ini di super app Bareksa yang bisa dibeli dengan modal mulai dari Rp10.000.

Klik untuk Beli Capital Money Market Fund

(ADV | hm)

* * *

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksa dana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksa dana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksa dana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.339,12

Up0,62%
Up3,63%
Up0,04%
Up4,66%
Up18,49%
-

Capital Fixed Income Fund

1.795,32

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,99%
Up16,47%
Up40,79%

I-Hajj Syariah Fund

4.878,6

Up0,60%
Up3,21%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,02%
Up40,70%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.049,17

Up0,55%
Up3,54%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra Tunai Likuid Syariah

1.147,46

Up0,29%
Up2,59%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,21%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua