Daftar Manajer Investasi dengan Kelolaan Reksadana Syariah Terbesar Oktober 2022

Avrist, Syailendra, dan PNM tercatat dengan pertumbuhan dana kelolaan syariah terbesar secara MOM, YTD, dan YOY
Hanum Kusuma Dewi • 15 Nov 2022
cover

Ilustrasi komposisi portofolio investasi reksadana syariah yang digambarkan dengan uang koin di kantung kecil, jam dan tasbih. (Shutterstock)

Bareksa.com - Dana kelolaan industri reksadana yang dikelola sesuai dengan prinsip-prinsip syariah atau reksadana syariah, kembali terkoreksi sepanjang tahun berjalan/YTD dan secara tahunan/YOY. Meski demikian, masih ada manajer investasi/MI yang berhasil mencatatkan pertumbuhan dana kelolaan reksadana syariah terbesar. 

Laporan Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report October 2022 menyebutkan dana kelolaan reksadana syariah pada akhir bulan lalu tercatat Rp40,95 triliun, terkoreksi 8%, dan 1% secara YTD dan YOY. 

Di sisi lain unit penyertaan reksadana syariah pada Oktober 2022 mencapai 29,64 miliar unit. Unit penyertaan reksadana syariah tumbuh positif baik secara MOM, YTD, dan YOY yakni masing-masing tumbuh 3%, 6%, dan 10%.  

Dana kelolaan bisa menjadi indikator kinerja aset reksadana sekaligus besarnya kepercayaan investor. Sementara unit penyertaan mencerminkan seberapa banyak reksadana tersebut dibeli oleh investor. 

Top 3 Manajer Investasi Terbesar

Sementara itu tiga besar dari 20 manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar pada Oktober 2022, yaitu: 

1. BNP Paribas Asset Management 

BNP AM tercatat menempati posisi puncak manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar Oktober 2022. Kelolaan reksadana syariah BNP AM pada bulan lalu tercatat Rp5,04 triliun. 

2. Sucor Asset Management 

Sucor AM tercatat menempati posisi kedua manajer investasi pengelola reksadana syariah terbesar Oktober 2022, dengan kelolaannya Rp4,73 triliun. 

3. Manulife Aset Manajemen Indonesia 

Manulife AM ada di peringkat ketiga manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar pada Oktober 2022. Dana kelolaan reksadana syariah Manulife AM tercatat Rp4,67 triliun pada bulan lalu. 

Manajer Investasi Tumbuh Tertinggi 

Di sisi lain, Avrist tercatat sebagai manajer investasi dengan pertumbuhan dana kelolaan reksadana syariah terbesar baik secara bulanan/MOM, yakni kelolaannya tumbuh 67%.  

Sementara itu, Syailendra Capital tercatat sebagai manajer investasi dengan pertumbuhan dana kelolaan reksadana syariah terbesar sepanjang tahun berjalan/YTD, yakni tumbuh 137%. 

Sedangkan PNM PM tercatat sebagai manajer investasi dengan pertumbuhan dana kelolaan reksadana syariah secara tahunan/YOY mencapai 226%. 

Top 20 Manajer Investasi Dana Kelolaan Reksadana Syariah Terbesar October 2022

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report October 2022

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report October 2022. Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi [email protected] (cc: [email protected]). 

(Martina Priyanti/Tim Data/hm) 

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.