Ini Dia Reksadana Campuran yang Pas Dipilih Saat Pasar Berfluktuasi

Manulife Dana Tumbuh Berimbang menawarkan diversifikasi dan rebalancing instan dengan risiko terkendali dan kinerja optimal
Hanum Kusuma Dewi • 18 Aug 2022
cover

Reksadana Manulife Dana Tumbuh Berimbang adalah reksadana campuran yang dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia.

Bareksa.com - Punya dua kuda berlomba dalam satu pacuan adalah strategi yang baik saat pasar bergejolak. Ketika saham dan obligasi saling berlomba naik dan turun, sebuah portofolio yang leluasa menggeser fokus dengan cepat adalah pilihan jitu. 

Dengan keleluasaan optimal untuk berpindah-pindah fokus antara saham dan obligasi, reksadana campuran jadi opsi cantik meraup peluang di pasar yang sedang fluktuatif.

Ketika reksadana saham atau reksadana obligasi (reksadana pendapatan tetap) terikat pada peraturan untuk secara konsisten menempatkan minimal 80% dana kelolaannya pada saham atau obligasi, reksadana campuran bisa bergerak lebih leluasa. Reksa Dana Manulife Dana Tumbuh Berimbang (MDTB) misalnya, dapat menempatkan hingga 75% dananya pada saham dan hingga 50% pada obligasi. Ini yang namanya super fleksibel. Mari telusuri asyiknya: 

1. Diversifikasi dan rebalancing instan

Tak perlu pusing sendiri, dana para investor MDTB ditempatkan dengan strategis oleh para manajer portofolio jagoan agar sesuai dengan ekspektasi optimal pada kondisi pasar yang tengah berlangsung.

2. Alokasi aktif

Setiap ayunan pergerakan pasar membawa risiko dan potensi tersendiri, yang perlu dijawab dengan penyesuaian alokasi investasi investor. Coba bayangkan repotnya berinvestasi sendiri di saham atau obligasi di tengah kondisi market yang sedang naik-turun: berapa banyak informasi yang perlu Anda cari dan berapa banyak transaksi yang perlu Anda selesaikan. Di MDTB, semua dilakukan oleh tim profesional dari Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI).

3. Risk-return terjaga

Tak semata untuk mengejar laba tertinggi, MDTB dijaga ketat untuk memberikan tingkat fluktuasi dan imbal hasil yang lebih konsisten, tentunya lebih rendah dibandingkan fluktuasi portofolio investasi yang berfokus pada saham.

Reksa Dana Manulife Dana Tumbuh Berimbang memungkinkan Anda meraih peluang dari dua sisi, sambil meredam risiko berlebih, di tengah riuh-rendah gerakan pasar modal saat ini.

 

4. Konsistensi kinerja

Pengelolaan alokasi hingga seleksi saham dan obligasi di MDTB dilakukan untuk menciptakan kinerja yang konsisten di berbagai siklus pasar. Saringan ketat yang melalui beberapa tahapan dan disertai analisis fundamental menjadi sarana untuk memilih saham, obligasi, hingga instrumen pasar uang terbaik.    

Reksadana Manulife Dana Tumbuh Berimbang adalah reksadana yang dikelola oleh salah satu manajer investasi terbesar di Indonesia, Manulife Aset Manajemen Indonesia.

Manulife Dana Tumbuh Berimbang punya kebijakan investasi yang lincah, yaitu 50%-75% dialokasikan pada aset saham, lalu alokasi yang sama untuk aset obligasi dan pasar uang antara 5% - 50%. Kebijakan investasi seperti ini membuka peluang untuk memaksimalkan setiap potensi yang terjadi saat pasar berfluktuasi, ketika pasar condong ke aset saham porsi saham di reksadana akan lebih maksimal, namun ketika aset obligasi yang sedang terbang tinggi, bobot obligasi menjadi porsi inti. Kemudian ketika pasar masih belum menunjukkan pergerakkan yang cukup potensial opsi untuk menambah alokasi aset pasar uang sangat memungkinkan untuk tetap meraup potensi pertumbuhan.

Dilansir fund fact sheet bulan Juli 2022, komposisi alokasi aset di Reksadana Manulife Dana Tumbuh Berimbang memiliki bobot 66,77% pada aset saham, 24,20% aset obligasi korporasi, 6,72% pada aset pasar uang, dan 2,31% di aset obligasi pemerintah. Komposisi dan alokasi tersebut sejalan dengan potensi pertumbuhan saham yang diprediksi masih bisa bertumbuh hingga akhir tahun, dan naiknya earnings korporasi yang didukung siklus pemulihan ekonomi di Indonesia mendukung pertumbuhan di aset obligasi. 

Baca juga Prospek Pasar Saham Positif, Ini Strategi Manulife AM Tangkap Potensi Cuan

Reksadana Manulife Dana Tumbuh Berimbang sangat ideal bagi Anda investor yang ingin memiliki sebuah investasi dengan strategi alokasi aktif dengan cara yang lebih praktis. Investor tak perlu repot menyesuaikan alokasi secara terus menerus agar selaras dengan perkembangan pasar. 

Jadi tunggu apalagi, dengan reksadana campuran yang menawarkan strategi alokasi investasi yang dinamis dan dikelola secara aktif, Anda dapat terus mampu meraih potensi pertumbuhan dengan cara yang praktis di setiap siklus pasar. Temukan Manulife Dana Tumbuh Berimbang di super app investasi Bareksa sekarang. 

(ADV)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.