Kiprah 30 Tahun BNP Paribas AM : Fokus Kembangkan Investasi Berkelanjutan

Hingga Mei 2022, dana kelolaan reksadana dengan tema ESG BNP Paribas AM telah mencapai Rp5,5 triliun
Abdul Malik • 28 Jun 2022
cover

Presiden Direktur BNP Paribas AM, Priyo Santoso; Direktur & Head of Fixed Income BNP Paribas AM, Djumala Sutedja; dan Direktur & Head of Marketing and Product Development BNP Paribas AM, Maya Kamdani melakukan seremonial penyiraman tanaman sebagai simbolis 30 tahun BNP Paribas AM di Indonesia. (Foto: BNP Paribas AM)

Bareksa.com - PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas AM) genap berdiri 30 tahun. BNP Paribas AM menyampaikan berkomitmen kuat dalam mengembangkan solusi investasi berkelanjutan.

Menurut BNP Paribas AM tren investasi berkelanjutan yang menerapkan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di Indonesia akan terus meningkat dan semakin relevan dengan kondisi saat ini. Potensi tersebut, sejalan dengan fokus pemerintah baik dalam mengatasi isu perubahan iklim maupun dalam mendorong sektor jasa keuangan menuju pertumbuhan berkelanjutan dan inklusif, sebagaimana yang disuarakan oleh perwakilan pemerintah Indonesia dalam Presidensi G20 meeting.

BNP Paribas AM menilai investasi berkelanjutan sudah menjadi tren investasi di dunia. Hal ini terlihat dari data yang dilaporkan oleh Global Sustainable Investment Review dimana terdapat peningkatan total dana kelolaan investasi berkelanjutan yang naik sebesar 55 persen di periode 2016-2020 (menjadi sebesar US$35,3 triliun).

Sementara itu berdasarkan survei yang dilakukan oleh BNP Paribas Asset Management Global & Greenwich Associates di bulan Juni 2020 menunjukkan bahwa 81 persen dari responden telah menerapkan investasi berbasis ESG dan 16 persen berencana untuk melakukan hal yang sama.

Lebih lanjut ditemukan bahwa 79 persen dari responden juga percaya bahwa pertimbangan sosial dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja investasi jangka panjang serta terhadap pengelolaan risiko.

Presiden Direktur PT BNP Paribas AM, Priyo Santoso, menegaskan bahwa sebagai pionir dalam investasi ESG di dunia dan di Indonesia, BNP Paribas AM di usianya yang ke-30, berkomitmen kuat dalam mengembangkan solusi investasi berkelanjutan.

"Dalam beberapa tahun terakhir ini, yang menjadi fokus kami adalah untuk invest responsibly, bagaimana agar produk-produk yang kami tawarkan ke investor bisa bertanggung jawab secara jangka panjang. Misalnya lewat investasi ESG yang sudah kami terapkan di reksa dana kami sejak tahun 2016," ujar Priyo saat perayaan 30th Anniversary PT BNP Paribas AM dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/6/2022).

Priyo menyampaikan bahwa pihaknya merasa bangga karena momentum 30 tahun keberadaan BNP Paribas AM di Indonesia juga bertepatan dengan fokus pemerintah di Presidensi G20 meeting untuk menuju ekonomi rendah karbon dan keuangan berkelanjutan.

"Hal ini juga memotivasi kami untuk terus mempromosikan peran penting dari investasi berkelanjutan dan mengakselerasi implementasinya kepada investor," Lanjut Priyo.

Minat Investasi Meningkat

Di Indonesia juga terlihat semakin banyak perusahaan-perusahan yang mulai menerapkan prinsip ESG dalam mengelola usaha mereka. Priyo menanggapi, meskipun jumlah emiten berbasis ESG di dalam negeri masih terbatas, peningkatan minat investor terhadap investasi berwawasan ESG semakin terlihat.

Menurutnya hal tersebut juga sejalan dengan upaya-upaya pemerintah dalam mendorong penerapan usaha yang menerapkan standar ESG yang baik. Daat ini BNP Paribas AM memiliki 3 reksadana dengan tema ESG yaitu Reksa Dana Indeks BNP Paribas SRI-KEHATI yang berupaya memberikan dampak positif nyata kepada lingkungan dan sosial, serta Reksa Dana Syariah BNP Paribas Cakra Syariah USD dan Reksa Dana Syariah BNP Paribas Greater China Equity Syariah USD yang menerapkan filter ESG dalam memilih efek yang mendasarinya.

Sementara itu hingga Mei 2022, dana kelolaan reksadana dengan tema ESG BNP Paribas AM disebutkan telah mencapai Rp5,5 triliun, atau naik hampir 5 kali lipat dibandingkan di tahun 2019 yang hanya sekitar Rp1 Triliun.

Generasi Future Makers Dengan Investasi

Di sisi lain menyadari semakin pentingnya peranan investasi terhadap masa depan dan juga terhadap perekonomian bangsa, di usia ke-30 ini, BNP Paribas AM meluncurkan gerakan We Are The Future Makers. Lewat gerakan tersebut, perusahaan mengajak masyarakat untuk bersama-sama berupaya untuk memberikan dampak positif terhadap dunia sekitar dan generasi penerus dengan berinvestasi.

Direktur BNP Paribas AM, Maya Kamdani mengatakan perusahaan berfokus untuk mempromosikan investasi berkelanjutan kepada investor. Harapannya, mereka juga ikut berpartisipasi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta memberikan dampak positif jangka panjang kepada masyarakat dan lingkungan.

Maya menjelaskan semangat yang dibawa dalam gerakan ‘We Are The Future Makers’ adalah bahwa setiap individu memiliki peran untuk menentukan masa depan yang berdampak dalam setiap keputusan yang diambilnya. Contohnya dalam pengambilan keputusan investasi.

"Sekarang kita bisa memilih untuk berinvestasi pada instrumen-instrumen yang bisa memberikan manfaat positif, tidak hanya untuk diri kita sendiri tetapi juga untuk masyarakat," jelasnya.

Saat bersamaan, BNP Paribas AM juga terus melanjutkan upayanya untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, terutama untuk generasi muda yang kelak menjadi The Future Makers. BNP Paribas AM secara nyata melakukan kegiatan yang inklusif dan mendukung kesetaraan lewat edukasi finansial kepada beragam komunitas dari beragam latar belakang, termasuk komunitas pemberdayaan perempuan melalui program edukasi tahunan dan edukasi regular lewat sosial media.

Terkait itu dan sebagai rangkaian program, BNP Paribas AM baru-baru ini menjalankan BNP Paribas Investment Academy yakni, sebuah kelas edukasi investasi secara daring yang diikuti oleh generasi muda mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

Selain melalui program edukasi, perusahaan juga memiliki semangat untuk mendorong keberagaman. Salah satu bentuk dukungan inklusif yang diterapkan adalah dengan membuka kesempatan bekerja bagi penyandang disabilitas melalui program magang yang ditempatkan di berbagai departemen di perusahaan.

Tidak hanya itu, Maya menjelaskan di dalam perusahaannya juga memastikan proporsi gender yang setara antara wanita dan pria yang memegang peranan strategis dalam operasional perusahaan.

"Saat ini, terdapat 45 persen perempuan yang memegang peran strategis di berbagai divisi. Kami percaya keberagaman merupakan kunci untuk mendorong kreativitas, inovasi, dan pengambilan keputusan yang lebih baik," kata Maya.

(Martina Priyanti/AM)

***

​Ingin berinvestasi aman di reksadana online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

​DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.