Astra Rajin Bagi Dividen, Ini Daftar 50 Reksadana Beraset Saham ASII

Pada tahun ini Astra menetapkan usulan dividen final Rp3,91 triliun
Abdul Malik • 22 Mar 2022
cover

Menara Astra (dok. Astra)

Bareksa.com - PT Astra International Tbk. (ASII) tampaknya masih ikut meramaikan musim bagi dividen jumbo emiten tahun ini. Isyarat tersebut makin kuat setelah perseroan mengusulkan agenda persetujuan dividen final dalam perhelatan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) April 2022 mendatang.

Mengacu keterbukaan informasi, ASII menetapkan usulan dividen final Rp3,91 triliun. Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro menuturkan Astra bakal membagikan dividen final Rp194 per saham, sedangkan pada 2020 dividen final Rp87 per saham.

Nilai ini mengukuhkan posisi ASII dalam belasan tahun terakhir sebagai salah satu emiten yang royal membagikan keuntungannya kepada pemegang saham setahun dua kali. Selain dividen final, mereka juga konsisten membagikan dividen interim pada pertengahan tahun buku.

Royalnya suatu emiten dalam membagikan dividen terutama yang sudah rutin dalam beberapa tahun terakhir, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor. Hal tersebut setidaknya menjadi cerminan bahwa perusahaan memiliki perhatian dan tanggung jawab yang baik kepada pemegang sahamnya.

Selain itu, emiten yang rajin bagi dividen umumnya adalah perusahaan yang konservatif dan sudah mapan (bukan growing). Pasalnya, perusahaan yang masuk kategori ini tidak banyak melakukan ekspansi, sehingga keuntungan dapat dikembalikan ke pemegang saham.

 Riwayat Dividen ASII

Sumber: Investing

Reksadana dengan Underlying Asset Saham ASII

Melihat adanya sentimen positif pada saham ASII, maka menarik untuk mengetahui kira-kira produk reksadana apa saja yang memiliki saham ini dalam portofolionya. 

Berikut beberapa reksadana di Bareksa yang tercatat menjadikan saham ASII sebagai underlying asset dalam portofolionya.

Sumber: Bareksa

Berdasarkan penelusuran Bareksa dari fund fact sheet yang ada, setidaknya terdapat 50 produk reksadana yang tercatat memiliki saham ASII dalam portofolionya.

Jenis produk reksadana tersebut juga beragam mulai dari reksadana saham, reksadana campuran, serta reksadana indeks & ETF.

Perlu diketahui, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

(KA01/Arief Budiman/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

​DISCLAIMER

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.