Reksadana Manulife Saham Andalan Berkinerja Andal dan Juara, Kamu Sudah Punya?

Pengelolaan investasi dan konsistensi kinerja membuat Manulife Saham Andalan memborong dua penghargaan Bareksa-Kontan 5th Fund Awards 2021
Abdul Malik • 13 Dec 2021
cover

Logo Manulife Investment Management. (Dok MAMI)

Bareksa.com - Kinerja menanjak dan berhasil menyabet seabrek penghargaan layak disematkan untuk reksadana Manulife Saham Andalan.

Reksadana racikan PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) ini berhasil meraih potensi terbaiknya dan mampu unggul di antara produk sejenis lainnya di tengah gejolak pasar akibat hantaman dampak pandemi Covid-19 sejak tahun lalu.

Reksadana yang dana kelolaannya saat ini menembus Rp5,03 triliun pada Agustus 2021 tersebut berhasil menyabet dua medali sekaligus dalam ajang Bareksa-Kontan 5th Fund Awards 2021 yang digelar pada 25 Oktober lalu.

Dikelola dengan strategi high conviction yang menonjolkan keahlian dan pengalaman ciamik sang portofolio manager, MSA berhasil menyabet medali emas untuk kategori reksadana saham terbaik periode kinerja 3 tahun di kelas dana kelolaan di atas Rp1 triliun.

Di periode kinerja 5 tahun, MSA juga menyabet medali perak di kelas dana kelolaan yang sama.

Piala Manulife Saham Andalan di Bareksa-Kontan 5th Fund Awards 2021

Gold Champion Best Equity Fund Product
Manulife Saham Andalan
PT Manulife Aset Manajemen Indonesia
3 Years AUM > 1 Trillion
Silver Champion Best Equity Fund Product
Manulife Saham Andalan
PT Manulife Aset Manajemen Indonesia
5 Years AUM > 1 Trillion

Sumber : Bareksa

Rahasia Manulife Saham Andalan Jadi Juara

Memborong dua penghargaan sekaligus, kira-kira apa rahasia Manulife Saham Andalan?

MAMI, yang adalah anak perusahaan global ini, terkenal dengan disiplin pengelolaan investasi yang super ketat dan konsisten dijalankan. Hal ini memungkinkan MAMI terus mempersembahkan produk-produk andalan dengan rasio return dan risk yang optimal.

Sumber : Bareksa

Beragam pencapaian dan pengakuan yang diperolehnya, membuat Manulife Saham Andalan sangat layak dikoleksi di tengah tren pemulihan ekonomi pasca hantaman pandemi Covid-19.

MAMI sendiri saat ini tercatat sebagai salah satu MI yang memiliki dana kelolaan terbesar di industri reksadana  di Tanah Air.

Strategi investasi diiringi pengelolaan risiko oleh tim investasi MAMI menjadikan Manulife Saham Andalan yang tergolong reksadana dengan risiko tinggi, namun berhasil mencatatkan kinerja portofolio investasi optimal menjadi kunci kemenangannya.

Dikelola oleh Tim Andalan

Manulife Saham Andalan dikelola oleh tim manajer investasi (fund manager) MAMI yang berlisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki pengalaman di bidangnya.

Reksadana yang berhasil mencatatkan imbal hasil tertinggi, dengan risiko terkendali dikelola secara aktif oleh MI dengan strategi high conviction yang memungkinkan pengelolaan berfokus pada saham-saham berkinerja baik serta keleluasaaan tanpa dibatasi tolok ukurnya. 

Seiring tren penguatan pasar di tengah potensi pemulihan ekonomi pasca hantaman pandemi Covid-19, kinerja saham-saham di berbagai sektor yang sempat terpuruk dipredikasi akan kembali bangkit, Manulife Saham Andalan mampu menangkap peluang ini.

Fokus Manulife Saham Andalan utamanya berinvestasi di saham-saham sektor keuangan mencapai 27,49 persen, baru kemudian membidik sektor layanan komunikasi, teknologi informasi dan lainnya.

Sumber : fund fact sheet Oktober 2021

Dalam mengelola Manulife Saham Andalan, MAMI didukung tim investasi yang andal terdiri dari 15 profesional yang rata-rata memiliki pengalaman 16 tahun di industri pengelolaan investasi.

Selain itu, lini ini juga diperkuat oleh dukungan 600 orang profesional bidang pasar modal dari 18 negara seluruh dunia yang merupakan bagian dari tim investasi Manulife Investment Management.

Pembentukan tim yang andal, jadi bagian dari bukti komitmen MAMI untuk memberikan yang terbaik dalam pengelolaan investasi sekaligus memberi kenyamanan kepada investor dalam mengambil keputusan investasi.

Sumber: Bareksa

Tercatat, nilai aktiva bersih per unit Manulife Saham Andalan per 15 November 2021 mencapai Rp2.510 atau melesat dibandingkan Rp2,003 pada 30 Desember 2020.

Jumlah unit penyertaan reksadana yang diluncurkan pada November 2007 ini juga meroket dari 1,18 miliar unit pada Desember 2020 jadi 5,03 miliar unit pada Agustus 2021.

Pengalaman panjang dan integritas MAMI di industri investasi nasional turut mengimbangi gerakan agresif portofolio investasi Manulife Saham Andalan dengan potensi return cantik.

Sepanjang tahun berjalan (per 11 November 2021) reksadana membukukan cuan 25,42 persen dan dalam 3 tahun terakhir imbalannya 33,67 persen.

Sumber: Bareksa

Artinya jika smart investor berinvestasi di Manulife Saham Andalan misalnya senilai Rp10 juta pada awal tahun 2021, maka per 14 November berpotensi meraih cuan sekitar Rp2,5 juta.

Bahkan jika kamu berinvestasi di Manulife Saham Andalan sejak pertengahan November 2020 lalu, maka imbalannya bisa mencapai Rp5 juta atau membukukan cuan 50,79 persen (per 14 November 2021).

Sangat menarik bukan? Smart investor ingin mengoleksi reksadana ini?

(ADV/Martina Priyanti/AM)​​​​