BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Jadi Favorit Warren Buffett, Index Fund Mana Paling Cuan?

Abdul Malik08 November 2021
Tags:
Jadi Favorit Warren Buffett, Index Fund Mana Paling Cuan?
Tokoh investor legendaris Warren Buffett. (Shutterstock)

Dalam periode 1 bulan dan 3 bulan terakhir, duo index fund SRI KEHATI mencatat cuan tertinggi

Bareksa.com - Index fund atau reksadana indeks adalah instrumen investasi favorit Warren Buffett, legenda hidup investasi dunia. Orang terkaya nomor 6 dunia tahun 2021 versi Majalah Forbes tersebut berfikir bahwa berinvestasi di index fund (reksadana indeks) adalah cara terbaik untuk membuat uang kita bertumbuh.

Investor tersukses dan jadi ikon dunia saat ini, Buffett, bagaikan "buku panduan hidup" bagi para investor, ketika dia berbagi tentang strategi dan saran investasinya. Buffett ialah investor legendaris atau biasa dijuluki master value investing, yang mengajarkan tentang pentingnya mengedepankan kesabaran, displin dan hindari risiko merupakan hal penting untuk mencapai kesuksesan investasi.

Direkomendasikan oleh Warren Buffett, kira-kira bagaimana kinerja index fund atau reksadana indeks beberapa waktu terakhir, yang berbarengan tren pemulihan ekonomi dan kebangkitan pasar saham pasca anjlok dihantam pandemi Covid-19. Index fund mana paling cuan?

Promo Terbaru di Bareksa

Tercatat ada 7 produk index fund yang tersedia di aplikasi reksadana terbaik, Bareksa. Tujuh reksadana tersebut ialah Reksa Dana Indeks Avrist IDX30, Reksa Dana Indeks Principal Index IDX30 Kelas O, RHB SRI KEHATI Index Fund, Reksa Dana Kresna Indeks 45, Reksa Dana Indeks Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund, Reksa Dana Indeks BNP Paribas Sri Kehati, serta Reksa Dana UOBAM Indeks Binsis-27.

Secara harian (per 4 November 2021), index fund Reksa Dana UOBAM Indeks Bisnis-27 juaranya dengan imbalan 0,46 persen. Kemudian disusul Reksa Dana Indeks Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund dan Reksa Dana Indeks BNP Paribas Sri Kehati masing-masing dengan imbalan 0,38 persen dan 0,34 persen.

Illustration

Sumber : Bareksa

Dalam periode 1 bulan terakhir (per 4 November 2021), cuan tertinggi dibukukan oleh duo index fund SRI KEHATI yakni RHB SRI KEHATI Index Fund dan Reksa Dana Indeks BNP Paribas Sri Kehati dengan imbalan masing-masing 6,55 persen dan 6,52 persen. Kemudian disusul Reksa Dana UOBAM Indeks Bisnis-27 dengan return 5,08 persen.

Illustration

Sumber : Bareksa

Jika dilihat dalam periode 3 bulan, duo index fund SRI KEHATI kembali juara. Reksa Dana Indeks BNP Paribas Sri Kehati berhasil membukukan cuan 16,54 persen dan RHB SRI KEHATI Index Fund mencatatkan imbalan 16,44 persen. Baru disusul Reksa Dana Indeks Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund dengan imbal hasil 16,36 persen.

Illustration

Sumber : Bareksa

Sepanjang tahun ini per 4 November 2021, index fund Reksa Dana Indeks Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund mencatatkan imbalan tertinggi yakni 3,62 persen. Kemudian disusul Reksa Dana Kresna Indeks 45 dan Reksa Dana Indeks Avrist IDX30 masing-masing cuan 2,97 persen dan 2,39 persen.

Illustration

Sumber : Bareksa

Cuan index fund ternyata cukup menarik bukan?

Reksadana ialah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. ​ Reksadana juga diartikan, sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi.

Reksadana indeks atau index fund ialah reksadana yang meniru portofolio indeks acuannya, baik itu indeks saham maupun indeks obligasi. Karena itu, tujuan dari penerbitan reksadana indeks adalah meniru pergerakan indeks acuannya.

Jadi, sebuah reksadana indeks memang tidak memiliki imbal hasil (return) yang sama persis seperti indeks acuan, tapi angkanya sangat mendekati. Artinya, target performa investasinya bukan untuk mengalahkan kinerja indeks acuannya, melainkan hanya menyamai.

Kinerja sebuah reksadana indeks dapat dikatakan semakin baik apabila memiliki selisih kinerja yang semakin kecil dari indeks acuannya.

Perlu diingat, apapun produk investasi pilihan kamu, agar selalu disesuaikan dengan tujuan dan jangka waktu investasi, serta profil risiko kamu ya!

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,97

Up0,14%
Up3,53%
Up0,02%
Up5,80%
Up18,28%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,1

Up0,58%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,30%
Up17,22%
Up43,04%

STAR Stable Income Fund

1.917,09

Up0,55%
Up2,93%
Up0,02%
Up6,32%
Up30,69%
Up60,37%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,73

Down- 0,48%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,37%
Up18,74%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.035,26

Down- 0,27%
Up1,73%
Up0,01%
Up2,63%
Down- 2,19%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua