BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Penasihat Keuangan : Reksadana Pilihan Tepat Investasi di Masa Pandemi

Abdul Malik19 Agustus 2021
Tags:
Penasihat Keuangan : Reksadana Pilihan Tepat Investasi di Masa Pandemi
Ilustrasi seorang investor sedang memantau perkembangan pasar modal di tengah sentimen oandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap kinerja investasinya di reksadana dan SBN. (Shutterstock)

Bareksa memudahkan investor dalam memilih produk dan manajer investasi yang tepat dengan Barometer Bareksa

Bareksa.com - Investasi di reksadana dinilai masih sangat prospektif di tengah pandemi saat ini. Meski begitu, dalam berinvestasi di reksadana, penasihat keuangan berikut menyarankan investor untuk lebih cermat memilih manajer investasi.

Konsultan Keuangan Tatadana Consulting Tejasari Asad menjelaskan, dalam berinvestasi, investor harus memperhatikan jangka waktu. Untuk jangka panjang, produk reksadana saham bisa menjadi pilihan.

"Saham dan reksadana saham bisa menjadi pilihan investasi jangka panjang, yakni dalam 10-20 tahun ke depan. Pasalnya, kinerja indeks saham pasti meningkat dalam jangka panjang," jelas dia di Jakarta, baru-baru ini.

Promo Terbaru di Bareksa

Sementara untuk jangka pendek, Tejasari menyarankan investasi di reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. Kedua reksadana ini cukup likuid, namun tetap memberikan tingkat pengembalian (return) yang cukup bersaing.

Kendati produk reksadana ini bisa menjadi pilihan yang baik dalam mengelola keuangan di tengah pandemi, namun, Tejasari mengingatkan masyarakat untuk lebih cermat dalam memilih manajer investasi.

Pemilihan manajer investasi ini menjadi hal yang penting di tengah banyaknya kasus yang melibatkan manajer investasi saat ini.

"Pilihlah manajer investasi yang memiliki rekam jejak yang baik dan berkinerja baik, serta tidak tersangkut kasus," kata dia.

Adapun Bareksa memudahkan investor dalam memilih produk dan manajer investasi yang tepat. Bareksa menyediakan barometer yang bisa menjadi pegangan investor dalam memilih manajer investasi.

Barometer ini dibuat tim analis Bareksa berdasarkan kinerja reksadana dan perhitungan imbal hasil. Apabila barometernya semakin tinggi, maka semakin baik reksadananya. Ada lima skala dalam barometer ini, yakni skala 1 sampai 5.

Misalnya untuk reksadana saham, ada lima produk yang memiliki barometer tertinggi, yakni 4,41-4,99. Kelima reksadana saham itu adalah Manulife Saham Andalan, Eastspring Investments Value Discovery Kelas A, Sucorinvest Equity Fund, Schroder Dana Istimewa dan BNP Paribas Solaris.

(K09/AM)

***

​​​Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,52

Up0,64%
Up3,07%
Up0,02%
Up6,27%
Up19,97%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,52

Up0,53%
Up3,42%
Up0,02%
Up7,36%
Up18,23%
Up42,99%

STAR Stable Income Fund

1.908,5

Up0,50%
Up2,85%
Up0,01%
Up6,31%
Up31,62%
Up59,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,62

Up0,49%
Up2,79%
Up0,01%
Up5,45%
Up20,04%
Up48,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,05

Up0,36%
Up2,00%
Up0,02%
Up2,08%
Down- 2,75%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua