Baru Mulai Investasi? Ini Produk Risiko Rendah bagi Pemula

Reksadana pasar uang di OVO | Invest bisa jadi pilihan bagi investor pemula
Hanum Kusuma Dewi • 17 May 2021
cover

Ilustrasi anak muda menggunakan handphone untuk investasi reksadana online melalui aplikasi OVO Invest. (shutterstock)

Bareksa.com - Kembali bersemangat untuk beraktivitas setelah libur panjang Hari Raya Idul Fitri. Jangan lupa, kamu masih perlu mengatur keuangan dan berinvestasi. ​

Investasi adalah kegiatan menanamkan modal di aset-aset investasi dengan harapan nilai investasi bisa tumbuh di masa depan. Perlu diingat, investasi mengandung risiko, sehingga kamu sebagai investor perlu memahaminya. 

Biasanya, investor pemula atau yang baru mengenal investasi masih takut dengan risiko ini. Investor yang memiliki toleransi kecil terhadap risiko ini bisa dibilang memiliki profil risiko rendah atau konservatif. 

Investor konservatif menginginkan investasi yang aman, tingkat imbal hasil (return) cenderung stabil, dan takut kalau investasi pokok berkurang. Dengan kata lain, investor konservatif cenderung memilih jenis investasi yang stabil, berisiko rendah atau bahkan tidak ada risiko sama sekali.

Bagi kamu yang baru mulai coba berinvestasi, bisa memilih reksadana pasar uang. Reksadana dikelola oleh manajer investasi profesional dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Reksadana pasar uang memiliki tingkat risiko yang cukup rendah dan sangat cocok untuk investor yang berinvestasi dengan tujuan jangka pendek, sekitar setahun. Meski demikian, investor tetap akan mendapatkan imbalan (return) yang lebih tinggi daripada menabung biasa. 

Tidak perlu bingung mencari platform investasi reksadana pasar uang, sebab investasi ini sudah tersedia di fitur Invest dalam aplikasi OVO. Fitur OVO | Invest adalah hasil kerja sama OVO dengan Bareksa sebagai agen penjual reksadana untuk menyediakan produk reksadana pasar uang Manulife OVO Bareksa Likuid (MOBLI). 

Berbicara mengenai imbal hasil, reksadana pasar uang MOBLI tumbuh 0,3 persen sebulan (per 11 Mei 2021) atau sekitar 3,6 persen disetahunkan. Imbal hasil ini sudah bersih karena tidak dipotong pajak dan biaya administrasi lagi. Sehingga lebih untung daripada hanya menaruhnya di tabungan saja. 

Memulai investasi di reksadana pasar uang di OVO | Invest tidak butuh modal besar, kamu bisa mulai dengan hanya Rp10.000. Jadi, dengan modal terbatas pun, asal rutin dan disiplin, kamu bisa menikmati imbal hasilnya. 

Untuk lebih memahami tentang hasil investasi reksadana pasar uang ini, mari kita gunakan simulasi. Misalkan kamu mulai investasi Rp10.000 dan rutin menyisihkan Rp10.000 per hari atau Rp300.000 per bulan. Dalam setahun, hasil investasi kamu bisa mencapai Rp3,67 juta. Dana investasi ini bisa kamu gunakan untuk kebutuhan keuangan kamu di masa depan. 

Grafik Simulasi Investasi Reksadana Pasar Uang

Sumber: Bareksa.com

Di samping itu, keuntungan investasi reksadana di OVO | Invest ini mudah dicairkan. Saat kamu butuh, kamu bisa langsung mencairkan reksadana ke OVO Cash sehingga bisa digunakan untuk belanja atau pembayaran. 

Jadi, ayo mulai investasi sekarang untuk mencapai tujuan keuangan masa depan kamu. 

* * * 

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.