Masih Bingung Pilih Reksadana Pasar Uang? Ini 10 Produk Kelolaan Tertinggi Januari

Ada pendatang baru di daftar top 10 pada Januari 2021 yakni Danareksa Seruni Pasar Uang II dan Syailendra Dana Kas
Hanum Kusuma Dewi • 26 Feb 2021
cover

Ilustrasi daftar produk reksadana kelolaan tertinggi. (Shutterstock)

Bareksa.com - Dana kelolaan reksadana pasar uang tercatat tumbuh paling tinggi pada Januari 2021. Laporan Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report January 2021 yang mengolah data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan dana kelolaan reksadana pasar uang pada Januari 2021 tumbuh 7,35 persen sepanjang tahun berjalan atau (YtD) dan bulanan (MoM) menjadi Rp101,5 triliun.

Sementara secara tahunan (YoY), dana kelolaan reksadana pasar uang pada bulan kemarin meroket 34 persen. Reksadana pasar uang menopang kinerja dana kelolaan industri bulan lalu, sehingga menahannya agar tidak tertekan dalam.

Pada Januari 2021, dana kelolaan industri reksadana nasional yang dijual kepada publik mencapai Rp571,2 triliun. Nilai itu sedikit melemah 0,41 persen secara bulanan (MoM) dan sepanjang tahun berjalan (YtD) dibandingkan Desember 2020 yang senilai Rp573,5 triliun.

Tekanan pada dana kelolaan reksadana bulan lalu, utamanya akibat menurunnya nilai aset portofolionya karena gejolak pasar pada Januari 2021. Meski begitu secara tahunan (YoY) kelolaan reksadana pada Januari 2021 melesat 6 persen dibandingkan Januari 2020.

Sumber : Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report January 2021

Reksadana Pasar Uang Kelolaan Tertinggi

Seiring terus melonjaknya kelolaan reksadana pasar uang di tengah tertekannya industri, apa saja produk reksadana yang membukukan kelolaan terbesar pada Januari 2021?

Laporan Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report January 2021 menyebutkan 5 besar produk reksadana pasar uang kelolaan tertinggi masih ditempati oleh produk yang sama pada Januari 2021 dibandingkan Desember 2020. Namun untuk peringkat 6-10 besar, terjadi pergeseran peringkat dan ada pendatang baru.

Pergerseran peringkat tersebut di antaranya Eastspring Investments Cash Reserves Kelas B yang naik 1 peringkat dari peringkat 7 pada Desember 2020 jadi peringfkat 6, menggantikan Manulife Indonesia Money Market Fund yang pada Januari kemarin harus turun ke peringkat 7.

Kemudian, ada pendatang baru di daftar top 10 pada Januari 2021 yakni Danareksa Seruni Pasar Uang II berada di posisi 8 dan Syailendra Dana Kas yang berada di peringkat 9. Adapun BNI AM Dana Likuid yang pada Desember 2020 berada di peringkat 8, namun pada Januari 2021 harus rela turun peringkat ke posisi 10.

Dua reksadana pasar uang yang terdepak dari daftar top 10 pada Januari 2021 dibandingkan Desember 2020 yakni Eastspring Syariah Money Market Khazanah Kelas B dan Bahana Liquid USD.

Dalam daftar top 10 reksadana pasar uang Januari 2021, lonjakan tertinggi kelolaan secara bulanan dan sepanjang tahun berjalan dibukukan Danareksa Seruni Pasar Uang yang kelolaannya melesat hingga 63 persen jadi Rp2,84 triliun. Disusul Syailendra Dana Kas yang dana kelolaannya melompat 53 persen jadi Rp2,56 triliun.

Adapun penurunan kelolaan terdalam dicatatkan Sucorinvest Money Market Fund yang anjlok hingga 14 persen jadi Rp8,66 triliun dan BNI AM Dana Likuid turun 13 persen jadi Rp2,06 triliun.

Posisi 5 besar reksadana pasar uang kelolaan terbesar Januari 2021 sebagai berikut :

1. Mandiri Investa Pasar Uang

Reksadana pasar uang kelolaan Mandiri Manajemen Investasi yakni Mandiri Investa Pasar Uang masih tetap jadi juara bertahan kelolaan terbesar senilai Rp14,4 triliun. Bulan lalu asset under management Mandiri Investa Pasar Uang naik 4 persen secara bulanan dan YtD.

Besarnya selisih dana kelolaan Mandiri Investa Pasar Uang dengan produk reksadana pasar uang lainnya, membuat produk ini sulit digoyah dari posisi juara 1.

2. Sucorinvest Money Market Fund

Posisi kedua masih diisi oleh Sucorinvest Money Market Fund, produk kelolaan Sucorinvest Asset Management dengan kelolaan Rp8,66 triliun. Namun kelolaannya pada bulan lalu tertekan 14 persen.

3. Batavia Dana Kas Maxima

Batavia Dana Kas Maxima juga bertahan di juara 3 reksadana pasar uang kelolaan terbesar pada Januari 2021. Produk kelolaan Batavia Prosperindo Aset Manajemen ini mengelola dana Rp6,3 triliun pada Januari 2021 atau naik 3 persen secara bulanan dan YtD.

4. Manulife Dana Kas II

Produk reksadana pasar uang kelolaan Manulife Aset Manajemen Indonesia, yakni Manulife Dana Kas II juga bertahan di peringkat 4 pada Januari 2021. Kelolaannya bulan lalu Rp5,98 triliun atau naik 6 persen secara bulanan dan YtD.

5. Bahana Dana Likuid

Peringkat 5 masih ditempati Bahana Dana Likuid, produk kelolaan Bahana TCW Investment Management dengan kelolaan Rp5,19 triliun, melonjak 13 persen secara bulanan dan YtD.

Daftar top 10 produk reksadana pasar uang kelolaan terbesar Januari 2021 selengkapnya tertera dalam tabel berikut :

Sumber : Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report January 2021

Sebagian isi artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan Industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report January 2021. Untuk berlangganan laporan ini sila hubungi [email protected] (cc: [email protected]).

(Abdul Malik/Tim Data)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.