BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Begini Proses Transaksi Reksadana di Bareksa Saat Libur Imlek

Abdul Malik11 Februari 2021
Tags:
Begini Proses Transaksi Reksadana di Bareksa Saat Libur Imlek
Ilustrasi seorang investor perempuan yang membagikan angpao saat merayakan Hari Raya Imlek. (Shutterstock)

Imlek tahun ini jatuh pada Jumat, 12 Februari 2021 yang merupakan hari libur bursa

Bareksa.com - Tahun Baru China atau Imlek, pada tahun ini akan dirayakan pada Jumat, 12 Februari 2021. Pemerintah sudah menetapkan bahwa 12 Februari tahun ini sebagai salah satu hari libur nasional yang juga merupakan hari libur bursa.

Karena hari Imlek tahun ini jatuh pada Jumat, maka akan jadi long weekend. Lalu, bagaimana dengan transaksi reksadana di marketplace Bareksa?

Pembelian maupun penjualan Reksadana akan diproses seperti biasa jika dilakukan pada hari kerja dengan batas waktu cut off time pukul 13.00 WIB.

Promo Terbaru di Bareksa

Misalnya transaksi pembelian Reksadana dan transfer pada Kamis, 11 Februari sebelum pukul 13.00 WIB, maka akan diproses dengan menggunakan harga nilai aktiva bersih pada hari yang sama yakni Kamis, 11 Februari. Sehingga pembelian reksadana tersebut akan masuk portofolio esoknya.

Tidak berbeda untuk penjualan pada Kamis, 11 Februari sebelum pukul 13.00 WIB, juga akan menggunakan NAB hari Kamis. Sehingga proses penjualan hingga dana nasabah masuk rekening sesuai ketentuan maksimal T+7 atau 7 hari bursa, dihitung mulai Senin, 15 Februari.

Namun jika pembelian dan transfer atau penjualan Reksadana dilakukan pada Kamis, 11 Februari di atas pukul 13.00 WIB hingga Senin, 15 Februari sebelum pukul 13.00, maka akan menggunakan nilai aktiva bersih pada Senin, 15 Februari 2021. Untuk pembelian reksadana di waktu ini, portofolionya baru masuk pada Selasa. Untuk penjualan, ketentuan T+7 juga dihitung mulai Selasa.

Ketentuan ini juga berlaku untuk setiap hari libur bursa lainnya. Jadwal libur bursa sepanjang 2021, sebagaimana tercantum dalam tabel berikut :