BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Tawarkan Return Hampir Sama dengan Reksadana Pasar Uang, Apa Kelebihan ST004?

Bareksa09 Mei 2019
Tags:
Tawarkan Return Hampir Sama dengan Reksadana Pasar Uang, Apa Kelebihan ST004?
Ilustrasi investor syariah wanita berhijab berjilbab sedang memegang buku dan pensil dengan wajah bingung mempertanyakan investasi

Kupon bersih yang dapat diterima nasabah setelah dipotong pajak 6,76 persen

Bareksa.com - Pemerintah pada 3 Mei lalu resmi menerbitkan Sukuk Tabungan (ST) seri terbaru, yakni ST004 yang dijual secara online. Tidak hanya menjadi alternatif investasi bagi masyarakat, ST-004 juga menjadi salah satu sumber biaya untuk pembangunan negara.

Produk investasi khusus investor ritel ini sudah bisa dipesan online sejak 3 Mei 2019. Karena investasi ini dikhususkan untuk investor ritel, modal awal untuk membeli ST-004 sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp1 juta. Nilai pembelian ST004 ini juga bisa dilakukan dengan kelipatan Rp1 juta dan maksimal Rp3 miliar per investor.

Kementerian Keuangan menetapkan tingkat imbalan minimal ST seri ST004 7,95 persen per tahun. Sukuk Tabungan seri terbaru ini adalah instrumen investasi aman yang dijamin pemerintah khusus untuk masyarakat ritel yang bisa dibeli secara online.

Promo Terbaru di Bareksa

**

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan menyatakan, nilai imbalan minimal 7,95 persen tersebut yakni berasal dari suku bunga acuan Bank Indonesia, BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI 7DRRR) 6 persen ditambah spread tetap 1,95 persen.

Besaran kupon ST004 tersebut dapat diartikan bunga bersih yang dapat diterima nasabah adalah 6,75 persen karena dikenai pajak kupon obligasi 15 persen.

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran 3-21 Mei 2019. Bagi yang sudah pernah membeli sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST004.

Sama-sama Risiko Rendah, Apa Perbedaan Sukuk Tabungan dan Reksadana Pasar Uang?

Seperti diketahui jika reksadana pasar uang merupakan instrumen reksadana dengan risiko paling rendah. Dengan hadirnya Sukuk Tabungan yang imbal hasilnya dijamin pemerintah, maka Sukuk Tabungan juga bisa dikategorikan sebagai suatu produk dengan risiko sangat rendah.

Lantas, apa kelebihan dan kekurangan dari kedua instrumen tersebut?

Top Return Reksadana Pasar Uang (1 Tahun Terakhir per 8 Mei 2019)

Illustration

Sumber : Bareksa.com

Kelebihan dan Kekurangan ST-004

Besaran kupon ST004 sebesar 7,95 persen, namun karena dikenai pajak kupon obligasi 15 persen, maka bunga bersih yang diterima nasabah adalah 6,76 persen.

Sehingga kelebihan Sukuk Tabungan adalah mampu memberikan return yang setara atau bahkan lebih baik dibanding reksadana pasar uang yang tersedia di Bareksa per tahunnya dengan return tertinggi mencapai 6,77 persen.

Perlu diingat, jika terjadi penurunan suku bunga kedepannya, maka return yang diperoleh tidak ikut menurun. Dengan kata lain telah di kunci tingkat batasan bawah kuponnya yang dikenal dengan istilah floating with floor.

Namun kekurangannya ialah terkait likuiditas (seberapa cepat suatu instrumen dijadikan cash). Dalam hal ini, ST004 tidak dapat dicairkan kapanpun, di mana sudah ada periodenya yakni : dicairkan maksimal 50 persen pada tahun pertama (early redemption), dan dicairkan sisanya atau 100 persen pada saat jatuh tempo di tahun kedua.

Sehingga dengan kata lain, sebagai investor dalam membeli atau memutuskan untuk mengalokasikan aset investasi tidak hanya membandingkan return yang didapat, tetapi juga harus tahu dan disiplin atas keputusan investasi yang akan diambil nantinya.

Namun yang perlu ditekankan ialah, kedua produk yang tersedia di Bareksa ini cocok bagi investor dengan profil risiko rendah (risk averse), tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing nasabah.

***

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa adalah salah satu mitra distribusi (midis) untuk penjualan surat utang negara ritel yang telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan. Transaksi online di Bareksa mudah dan bisa dilakukan kapan saja.

Pembelian ST004 hanya bisa dilakukan pada periode penawaran 3-21 Mei 2019. Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.comuntuk memesan ST004 di Bareksa.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki agar bisa memesan produk Sukuk atau SBN di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di Sukuk dan produk SBN lainnya? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP, ini caranya.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli Sukuk dan produk SBN lainnya? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

Perlu dicatat, Sukuk Tabungan terbuka bagi masyarakat Indonesia dari kalangan manapun, tanpa memandang latar belakang keyakinan. Kehadiran Sukuk Tabungan ini tentunya memberikan alternatif untuk menyimpan uang pada instrumen yang menghasilkan potensi imbal yang cukup menarik.

(KA02/AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua