BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Reksadana Archipelago Balance Fund Cetak Return 28,3 Persen, Ini Portofolionya

Bareksa26 September 2018
Tags:
Reksadana Archipelago Balance Fund Cetak Return 28,3 Persen, Ini Portofolionya
Ilustrasi seorang investor sedang menghitung keuntungan investasi, portofolio reksadana yang tergambar dalam grafik di atas kertas.

Archipelago Balance Fund menyabet dua penghargaan gold winner dalam ajang Bareksa-Kontan Fund Awards 2018

Bareksa.com - Di tengah kondisi pasar saham Indonesia yang cenderung mengalami tekanan sepanjang tahun ini, reksadana campuran mungkin bisa menjadi salah satu alternatif pilihan investasi bagi para investor maupun calon investor untuk mendapatkan imbal hasil (return) yang menarik.

Archipelago Balance Fund adalah satu satu jenis reksadana campuran yang mencatatkan kinerja cemerlang dalam beberapa waktu terakhir. Per Agustus 2018, reksadana tersebut telah memiliki dana kelolaan Rp53,51 miliar.

Reksadana yang telah diluncurkan sejak 11 Januari 2013 tersebut, kini telah berganti nama menjadi Shinhan Balance Fund pasca akuisisi PT Archipelago Asset Management oleh PT Shinhan Asset Management pada akhir Juli 2018 lalu.

Promo Terbaru di Bareksa

Archipelago Balance Fund bertujuan untuk memberikan hasil yang optimal untuk para investor dalam jangka panjang melalui proses investasi yang dilakukan secara selektif dan pengelolaan yang penuh ke hati-hatian di pasar modal Indonesia pada efek bersifat ekuitas,efek bersifat hutang, dan instrumen pasar uang.

Archipelago Balance Fund memiliki kebijakan investasi sebagai berikut :

• Minimum 1 persen dan maksimum 79 persen pada Efek bersifat ekuitas
• Minimum 1 persen dan maksimum 79 persen pada Efek bersifat utang
• Minimum 1 persen dan maksimum 79 persen pada instrumen pasar uang dalam negeri yang mempunyai jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun dan/atau deposito

Hingga 25 September 2018, alokasi portofolio Archipelago Balance Fund terdiri atas:

• 71 persen kas dan instrumen pasar uang
• 25 persen efek ekuitas (saham)
• 4 persen efek pendapatan tetap (obligasi)

NAB Archipelago Balance Fund

Illustration
Sumber: Bareksa

Sekedar informasi, dalam setahun terakhir yakni dari 25 September 2017 hingga penutupan 25 September2018, return Archipelago Balance Fund telah tumbuh 28,32 persen.

Nilai itu jauh mengungguli tolok ukurnya yakni indeks reksadana campuran dan indeks reksadana campuran syariah yang masing-masing terkoreksi 2,7 persen dan 6,34 persen.

Top 5 Reksadana Campuran 1 Tahun Terakhir per 25 September 2018

Illustration
Sumber: Bareksa

Selain itu, kenaikan Archipelago Balance Fund dalam setahun terakhir telah menjadikannya sebagai reksadana campuran dengan kinerja terbaik dari sisi return dalam periode tersebut yang dijual di Bareksa.

Capaian Archipelago Balance Fund terpantau cukup jauh dari reksadana campuran lain seperti dapat dilihat pada tabel perbandingan return.

Atas kinerja yang cemerlang tersebut, Archipelago Balance Fund menyabet dua penghargaan gold winner dalam ajang Bareksa-Kontan Fund Awards 2018 untuk kategori reksa dana campuran terbaik dengan dana kelolaan di bawah Rp100 miliar untuk periode 3 tahun serta 5 tahun.

Melansir dari fund fact sheet per Juli 2018, PT Archipelago Asset Management atau yang kini beralih nama menjadi PT Shinhan Asset Management, berikut beberapa top holdings saham yang ada dalam portofolio Archipelago Balance Fund :

• Saham PT Elnusa Tbk (ELSA)
• Saham PT Acset Indonusa Tbk (ACST)
• Saham PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (CARS)
• Saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI)
• Saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)

Reksadana campuran merupakan pilihan cocok bagi Anda yang memiliki risiko gejolak yang lebih rendah namun masih memberikan potensi pengembalian yang cukup menarik, karena memiliki alokasi aset sesuai dengan risiko profil dan tujuan investasi Anda.

Karena alokasi tersebut dilakukan oleh manajer investasi, maka akan lebih sedikit godaan untuk melakukan perubahan alokasi yang berlebih dan mengakibatkan portofolio Anda menjadi tidak lagi sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi Anda.

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang ditujukan bagi calon investor yang tidak mempunyai keahlian dalam bidang investasi, tetapi mempunyai keinginan untuk mengalami pertumbuhan uang melalui investasi.

Secara sederhana, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Jika Anda berinvestasi di reksadana, berarti Anda menitipkan uang pada pihak yang sudah mengerti cara mengelolanya agar uang Anda berkembang.

Simak ulasan tips untuk memaksimalkan keuntungan berinvestasi di reksadana : Tips Menabung di Reksadana Agar Tujuan Investasi Dapat Tercapai

(AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua