Cara Beli Reksadana Terbaik Secara Online di Bareksa

Bertransaksi reksadana online ini bisa diakses cukup menggunakan smartphone dan koneksi internet
Bareksa • 25 Jul 2018
cover

Ilustrasi nasabah membuka aplikasi Bareksa di telepon genggam dan laptop. (Bareksa/Hanum)

Bareksa.com - Menghadirkan Marketplace Investasi Terintegrasi Bareksa, PT Bareksa Portal Investasi merupakan perusahaan fintech pertama di Indonesia yang telah mendapatkan izin sebagai Agen Penjual Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan RI.

Marketplace Investasi yang terintegrasi dengan Bareksa ini dibangun untuk memudahkan masyarakat melakukan investasi reksadana secara online. Dalam bertransaksi reksadana online ini yang bisa diakses cukup menggunakan smartphone dan koneksi internet, nasabah bisa dengan mudah membuka akun, membeli dan menjual reksadana.

Dengan demikian, investasi reksadana lebih cepat, ringkas, tanpa perlu repot datang ke bank dan kantor perusahaan manajer investasi. Nasabah pun tidak perlu khawatir tentang keamanan transaksi ini karena semua berlangsung secara resmi dan aman.

Sebagai informasi, investasi reksadana ini memberikan potensi keuntungan yang lebih besar dibandingkan hanya tabungan dan deposito di bank. Produk reksadana pun banyak pilihannya sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko masing-masing investor. Di Bareksa, produk reksadana terbaik dari semua jenis juga tersedia dan dapat dibeli dengan mudah.

Bagaimana langkah-langkah untuk membeli reksadana terbaik ini secara online di Bareksa?

1. Buka Akun Bareksa

Sebelum membeli reksadana di Bareksa, kita harus memiliki akun Bareksa terlebih dahulu dengan masuk ke website www.bareksa.com, lalu pilih menu ‘Funds'. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, lalu klik ‘Buka Account’.

Pembukaan akun reksadana ini sudah dapat menggunakan tanda tangan digital melalui sistem pada saat nasabah mengisi formulir pembukaan rekening (FPR) secara online. Tanda tangan digital ini memungkinkan nasabah tidak perlu print out formulir dan mengirimkannya melalui pos karena semuanya sudah online.

(Baca Juga: Buka Akun Reksa Dana di Bareksa Kini 100% Online, Pakai Tanda Tangan Digital)

2. Login

Setelah proses pembukaan akun reksadana dan aktivasi selesai dilakukan, kita dapat ‘Login’ dengan mengklik tanda gembok di bagian kanan atas layar di halaman muka bareksa.com.

Kita bisa Login menggunakan alamat e-mail dan password yang telah didaftarkan pada saat pembukaan akun. Jelasnya seperti tampak seperti gambar berikut ini.

3. Beli Reksadana

Setelah login, kita dapat membeli reksadana secara online pada produk yang tersedia pada Marketplace Reksa Dana Bareksa dengan mengklik tombol 'Reksa Dana Online' di bagian kanan atas dan pilih ‘Beli Reksa Dana’. Kemudian pilih Jenis, Manajer Investasi, dan Nama Produk Reksa Dana.

Untuk memilih reksadana yang sesuai dengan profil risiko kita, baca tipsnya di sini.

Sebagai contoh, kita akan membeli reksadana pasar uang yang dikelola Syailendra Capital, maka kita isi kolom jenis reksadana dengan pasar uang dan kolom manajer investasi dengan Syailendra Capital. Lalu, pilih salah satu nama reksadana yang tersedia, misalnya Syailendra Dana Kas.

4. Centang Persetujuan

Jangan lupa centang tanda persetujuan dari isi prospektus dan keterangan ringkas sebagai tanda kita telah memahami risiko investasi yang kita buat.

5. Masukkan Nilai Pembelian

Ketik nilai pembelian reksadana yang akan kita lakukan. Setelah memasukkan nilai nominal pembelian reksadana, lanjutkan dengan mengklik "selanjutnya" yang berada di kanan bawah layar.

6. Konfirmasi Order

Setelah memilih metode pembayaran, misalnya Transfer Bank, lakukan konfirmasi pembelian sebagai tanda kita akan melanjutkan proses pembelian. Begitu kita klik tanda konfirmasi, akan keluar nomor rekening tujuan transfer yang harus kita lakukan.

Pastikan nama rekening tersebut adalah nama reksadana yang kita beli.

7. Transfer dana

Segera lakukan transfer dana setelah konfirmasi order maksimal 1x24 jam ke rekening reksadana yang tertera. Kemudian, harap cantumkan no order di berita transfer.

8. Konfirmasi Pembayaran

Setelah kita mentransfer dana, kita WAJIB melakukan konfirmasi pembayaran dengan mengklik link yang dikirim melalui email atau ada di menu 'Portofolio' dan berada di tab 'Order'.

Bukti transfer bisa discan/foto dan attach pada halaman Konfirmasi Pembayaran. Atau, dapat kita kirimkan ke Bareksa melalui dua cara, yakni

- Email :  [email protected]

- WhatsApp :  0812 2345 4552

Pembelian kita akan diproses maksimal dalam waktu 1 x 24 jam (Hari Kerja) setelah kita melakukan Konfirmasi Pembayaran. Jika proses dinyatakan lengkap dan berhasil, kita akan dikirimi Surat Konfirmasi Transaksi dari Bank Kustodian.

Mudah bukan bertransaksi reksadana melalui Bareksa? Ayo mulai nabung reksadana sekarang.

**

Ingin berinvestasi reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.