BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Dapat Angpao Lebaran? Begini Hasilnya Jika Ditabung di Reksa Dana Melalui DOKU

Bareksa04 Juli 2017
Tags:
Dapat Angpao Lebaran? Begini Hasilnya Jika Ditabung di Reksa Dana Melalui DOKU
Menabung (ilustrasi) (Bareksa/Alfin Tofler)

Pasca Lebaran, biasanya isi kantong anak-anak bisa lebih tebal dibandingkan orang dewasa. Ini bisa jadi modal tabungan

Bareksa.com – Perayaan Hari Raya Idul fitri, rupanya tidak hanya menjadi berkah bagi para pedagang pakaian atau makanan saja. Namun, juga menjadi kesenangan atau kebahagiaan yang ditunggu oleh anak-anak. Sebab mereka banyak menerima uang angpao Lebaran dari orang tua dan sanak saudara ketika Lebaran. Maklum saja, pembagian uang angpao ini merupakan salah satu tradisi pada saat perayaan hari Raya Idul fitri (Lebaran).

Karena itu, tak jarang isi kantong anak-anak bisa lebih tebal dibandingkan orang dewasa pasca Lebaran seperti sekarang ini. Khususnya, bagi anak-anak yang sudah tergolong remaja dan berstatus mahasiswa, biasanya uang angpao yang diberikan nominal uangnya sudah lebih besar. Uang saku tambahan ini selain bisa digunakan untuk membeli keperluan sekolah atau hangout bersama teman, kita juga bisa menggunakannya sebagai modal untuk menabung.

Apabila para pelajar atau mahasiswa ini sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), mereka bisa mulai menabung sekaligus belajar investasi kecil-kecilan melalui reksa dana. Reksa dana sendiri merupakan produk keuangan yang terdiri dari kumpulan aset (portofolio) dan dikelola oleh manajer investasi profesional. Umumnya aset yang menjadi portofolio reksa dana terdiri dari saham, obligasi, dan deposito.

Promo Terbaru di Bareksa

Kabar baiknya, kini pembelian reksa dana dapat dilakukan secara mudah melalui dompet digital (e-wallet) pada aplikasi DOKU. Sehingga, sangat memungkinkan para pelajar atau mahasiswa yang hendak menabung pada reksa dana namun belum memiliki rekening bank atas namanya sendiri. Di mana, rekening bank ini menjadi salah satu syarat untuk melakukan pembukaan akun reksa dana.

Dalam hal ini, DOKU bekerjasama dengan agen penjual reksa dana Bareksa untuk memasarkan produk reksa dana. (Baca Juga: Cara Membuat Akun DOKU & Menambahkan Fitur Investasi Reksa Dana Bareksa).

Saat ini, tersedia produk reksa dana berjenis pasar uang dan pendapatan tetap yang memiliki risiko rendah pada aplikasi e-wallet DOKU. Meski begitu, potensi hasil keuntungan bisa lebih besar ketimbang menabung pada tabungan biasa yakni bisa mencapai 5 – 7 persen (tanpa dipotong pajak dan biaya administrasi bulanan). Produk reksa dana ini meliputi reksa dana Cipta Dana Cash, Bahana Likuid Syariah, dan Bahana Mes Syariah Fund. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Tabel: Daftar Reksa Dana yang Tersedia pada Aplikasi DOKU

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Untuk melihat keuntungan dari menabung pada reksa dana, kita dapat memperkirakannya dengan menggunakan Kalkulator Investasi Bareksa. Misalnya saja kita memiliki uang angpao Lebaran sebesar Rp 500 ribu dan disimpan pada reksa dana pasar uang Cipta Dana Cash yang dalam setahun terakhir mampu menghasilkan return 7 Persen.

Maka di tahun depan, uang kita bisa tumbuh menjadi Rp 533 ribu seperti yang tampak pada tabel dibawah ini. Memang hasilnya tidak terlalu besar, namun dengan menabung di reksa dana ini setidaknya uang angpao Lebaran ini dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dan dapat melatih diri untuk balajar menabung atau berinvestasi kecil-kecilan.

Tabel: Hasil Perkiraan Menabung Reksa Dana

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Jadi, yuk mulai belajar menabung sekaligus menabung melalui DOKU dari Uang Angpao Lebaran.

***

Belum punya akun DOKU?
- Cara buka akun DOKU, klik tautan ini
- Daftar reksa dana Bareksa di DOKU, klik tautan ini
- Beli reksa dana di DOKU, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,44

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,01

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,85

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,77

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,97

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua