BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Tiga Produk Reksa Dana Terbaik Kresna-AM Kini Ada di Bareksa

Bareksa05 Juni 2017
Tags:
Tiga Produk Reksa Dana Terbaik Kresna-AM  Kini Ada di Bareksa
Nasabah sedang melakukan transaksi rensa dana di booth Bareksa.com di Pesta Reksa Dana Bursa Efek Indonesia. (Bareksa/Alfin Tofler)

Salah satunya bahkan membukukan return tertingi dan mendapatkan penghargaan dari APRDI-Bloomberg Tahun 2017.

Bareksa.com – Akhir pekan lalu, Marketplace Bareksa kembali kedatangan produk reksa dana terbaru yang dikelola oleh PT Kresna Asset Management (Kresna-AM). Perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan investasi itu telah mendapatkan izin Otoritas Jasa Keuangan sejak 2012 lalu setelah ada pemisahaan usaha dari PT Kresna Graha Securindo.

Terdapat tiga produk Kresna-AM yang akan menambah pilihan masyarakat dalam berinvestasi reksa dana di Marketplace Reksa Dana Bareksa. Yakni MRS Kresna Bond untuk reksa dana pendapatan tetap, Kresna Flexima adalah reksa dana campuran, serta Kresna Indeks 45 yang merupakan reksa dana saham.

Berdasarkan data Bareksa, ketiga produk reksa dana ini memiliki kinerja cukup bagus dalam satu tahun terakhir. Bahkan, reksa dana MRS Bond Kresna dan Kresna Flexima mampu menghasilkan return yang melebihi indeks acuannya pada periode ini. Berikut ulasannya.

Promo Terbaru di Bareksa

MRS Bond Kresna

Reksa dana ini termasuk salah satu produk unggulan Kresna-AM. Pasalnya pada 2017 ini, MRS Bond Kresna mendapatkan penghargaan sebagai reksa dana pendapatan tetap terbaik dari Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI)-Bloomberg Indonesia. (Baca juga: Reksa Dana Terbaik Versi APRDI-Bloomberg Ini Tersedia di Bareksa)

Setahun terakhir, reksa dana yang diluncurkan pada Februari 2008 ini tercatat menghasilkan return 7,2 persen. Hasil ini lebih tinggi dibandingkan dengan kinerja rata-rata reksa dana pendapatan tetap secara keseluruhan yang sekitar 6,94 persen di periode yang sama.

Grafik: Perbandingan Kinerja Reksa Dana MRS Bond Kresna dengan Benchmark, Periode 1 Tahun

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Reksa dana MRS Bond Kresna ini dapat menjadi pilihan alternatif bagi investor yang memiliki tujuan investasi jangka menengah dengan periode investasi 1 - 3 tahun. Selain itu, produk ini juga cocok untuk investor yang memiliki profil risiko moderat (sedang) yang mengharapkan imbal hasil lebih besar daripada bunga deposito.

Kresna Flexima

Produk ini termasuk jenis reksa dana campuran yang pengelolaan investasinya lebih fleksibel menyesuaikan dengan kondisi ekonomi. Aset pada portofolio reksa dana ini dapat ditempatkan pada saham, obligasi, atau aset pasar uang dengan porsi masing-masing minimal 5 - 75 persen.

Apabila terjadi penurunan di pasar keuangan, maka aset dapat dialihkan secara langsung pada aset yang lebih berisiko rendah seperti aset pasar uang. Dengan begitu, pertumbuhan reksa dana Kresna Flexima ini menjadi lebih stabil dan cocok bagi investor yang memiliki profil risiko moderat hingga tinggi untuk kebutuhan investasi jangka panjang.

Dalam catatan Bareksa, setahun terakhir reksa dana ini mampu menghasilkan return 14,17 persen. Hasil ini melebihi dua kali lipat dari indeks reksa dana campuran yang hanya sebesar 5,73 persen. Untuk lebih jelasnya seperti yang tampak pada grafik dibawah ini.

Grafik: Perbandingan Kinerja Reksa Dana Kresna Flexima dengan Benchmark, Periode 1 Tahun

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Reksa Dana Kresna Indeks 45

Reksa Dana Kresna Indeks 45 ini merupakan reksa dana saham yang menjadikan 38 saham dari 45 saham yang termasuk indeks LQ-45 (liquid quality). Sehingga, potensi return yang dihasilkan pun tidak berbeda jauh dengan indeksnya.

Seperti yang tampak pada grafik dibawah, dalam setahun teakhir reksa dana ini menghasilkan return 15,28 persen dan pergerakannya pun seiring dengan indeks LQ-45 yang manghasilkan return 16,17 persen. Kinerja yang hampir sama dengan kinerja indeks LQ-45, turut menjadikan reksa dana ini bisa lebih unggul dibandingkan dengan return rata-rata produk reksa dana sejenisnya yang hanya sekitar 5,02 persen di periode yang sama.

Grafik: Perbandingan Kinerja Kresna Indeks 45 dengan Benchmark, Periode 1 Tahun

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Meski termasuk jenis investasi tinggi, namun Reksa Dana Kresna Indeks 45 ini memiliki risiko yang relatif rendah. Sebab, saham-saham utama yang menjadi isi portofolio ini termasuk blue chip dan memiliki fundamental baik dalam jangka panjang dengan pergerakan yang lebih stabil.

Hadirnya Ketiga produk reksa dana Kresna-AM di Marketplace Reksa Dana Bareksa ini turut menambah pilihan bagi masyarakat dalam berinvestasi reksa dana yang dapat menyesuaikan dengan tujuan dan profil risiko dari setiap investor. (Baca juga: Direktur Kresna-AM, Ashari Adithyawarman: Fokus Investor Reksa Dana Ritel)

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua