BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Berapa Besar Budget Pernikahan Anda? Yuk Hitung Dengan Kalkulator Investasi Ini

Bareksa27 Februari 2017
Tags:
Berapa Besar Budget Pernikahan Anda? Yuk Hitung Dengan Kalkulator Investasi Ini
Illustrasi Wedding party, Copyright: <a href='http://www.123rf.com/profile_microstudio'>microstudio / 123RF Stock Photo</a>

Selain mental yang matang, memiliki biaya untuk acara pernikahan pun penting untuk dipersiapkan sejak awal

Bareksa.com – Menikah merupakan salah satu hal yang menjadi tujuan hidup di masa depan bagi semua orang. Bagi setiap pasangan yang ingin menikah, selain menyiapkan mental dan keteguhan hati yang matang, kecukupan dana untuk biaya resepsi pernikahan inipun menjadi hal yang tak kalah penting diperhitungkan. (Baca Juga: Ciptakan Keluarga Kecil, Simak 5 Tips Rencana Keuangan Pasangan Muda Ini)

Namun tak jarang kita mendengar alasan pasangan yang belum menikah atau menunda pernikahannya karena belum memiliki dana yang cukup untuk menggelar resepsi pernikahan. Menggelar resepsi pernikahan memang bukan sesuatu hal yang wajib, akan tetapi setiap pasangan pasti menginginkan hari pernikahannya yang seumur hidup sekali ini menjadi momen spesial, yang terkadang membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk mewujudkannya.

Oleh karena itu, ada baiknya kita mulai mengumpulkan uang untuk mempersiapkan biaya resepsi pernikahan di masa depan sejak kini. Misalnya saja, bagi masyarakat perkotaan besar seperti Jakarta saat ini, untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan mulai dari menyiapkan undangan, katering, hingga pelaminan bisa menghabiskan dana minimal sekitar Rp100 juta.

Promo Terbaru di Bareksa

Ini artinya apabila kita berencana untuk menikah dalam 3 tahun ke depan, dengan asumsi kenaikan biaya pernikahan sebesar 10 persen per tahun, maka biaya resepsi pernikahan yang harus kita siapkan ini diperkirakan sekitar Rp135 juta berdasarkan perhitungan future value of money.

Dalam mengumpulkan biaya pernikahan ini, ada baiknya kita menyimpannya pada aset yang memiliki potensi keuntungan lebih tinggi dari deposito tetapi tetap aman dalam jangka menengah seperti reksa dana pendapatan tetap.

Dalam 3 tahun terakhir, pada Marketplace Reksa Dana Bareksa terdapat 5 reksa dana pendapat tetap yang menghasilkan return tertinggi dengan rata-rata return 10 persen per tahunnya. Untuk melihat produk selengkapnya, klik tautan berikut.

Dengan ilustrasi biaya pernikahan di atas, kita dapat menghitung seberapa besar dana yang harus kita sisihkan agar dapat mencapai budget rencana pernikahan dalam 3 tahun ke depan. Caranya dengan menggunakan Kalkulator Investasi Bareksa,seperti yang terlihat pada tabel di bawah ini.

Tabel: Kalkulator Investasi Bareksa
Illustration

Sumber: Bareksa.com

Berdasarkan perkiraan kalkulasi di atas, untuk memiliki dana sekitar Rp135 juta dalam 3 tahun ke depan dengan return yang diharapkan sekitar 10 persen per tahun pada produk reksa dana pendapatan tetap, maka kita harus menyisihkan uang sekitar Rp3,23 juta per bulan. Dengan adanya keuntungan investasi, uang tersebut tumbuh 16,06 persen dari total dana investasi yang semula hanya terkumpul sebesar Rp116,32 juta.

Grafik: Hasil Perkiraan Investasi

Illustration

Sumber: bareksa.com

Dalam hal ini, besar kecilnya budget biaya pernikahan dapat disesuaikan dengan keadaan keuangan kita dan juga tidak harus melulu menyiapkan dana yang besar untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan mewah dan meriah. Sebab, yang terpenting dalam pernikahan ini adalah kesakralan dan restu serta doa dari orang-orang terdekat agar dapat melewati perjalanan mahligai rumah tangga bersama pasangan tercinta di masa depan hingga akhir hayat dengan lancar.

Jadi, sudahkan Anda tentukan dan siapkan budget pernikahan ini dengan pasangan tercinta?

**

Ingin berinvestasi reksa dana?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.313,18

Up0,15%
Up3,81%
Up0,02%
Up5,82%
Up18,30%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,42

Up0,60%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,32%
Up17,24%
Up43,22%

STAR Stable Income Fund

1.917,41

Up0,56%
Up2,94%
Up0,02%
Up6,33%
Up30,71%
Up60,33%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.753

Down- 0,46%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,38%
Up18,76%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.035,73

Down- 0,22%
Up1,77%
Up0,01%
Up2,68%
Down- 2,15%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua