BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

12 Produk BNP Paribas Kini Bisa Dibeli di Bareksa. Cek Ulasannya di Sini!

Bareksa07 Februari 2017
Tags:
12 Produk BNP Paribas Kini Bisa Dibeli di Bareksa. Cek Ulasannya di Sini!
Nasabah sedang melakukan transaksi rensa dana di booth Bareksa.com di Pesta Reksa Dana Bursa Efek Indonesia. (Bareksa/Alfin Tofler)

Dengan begitu, masyarakat dapat leluasa memilih produk reksa dana yang cocok sesuai dengan tujuan keuangannya.

Bareksa.com – Mulai hari ini, produk yang tersedia di Marketplace Bareksa kembali bertambah lagi, yakni 12 produk reksa dana yang dikelola oleh PT BNP Paribas Investment Partners. PT BNP Paribas Investment Partners sendiri telah memiliki pengalaman cukup baik dalam mengelola investasi sejak tahun 1992.

Bertambahnya produk reksa dana di Marketplace Bareksa ini memberikan pilihan yang semakin beragam bagi masyarakat dalam memilih produk reksa dana yang tepat. Pasalnya dengan begitu masyarakat bisa menyesuaikan produk reksa dana dengan kebutuhan dan tujuan serta profil risiko masing-masing dari setiap individu.

Sembilan dari 12 produk terbaru ini merupakan jenis reksa dana berbasis saham yang terdiri dari enam reksa dana saham dan tiga reksa dana campuran. Kemudian tiga produk selanjutnya terdiri dari dua reksa dana pendapatan tetap dan satu reksa dana pasar uang.

Promo Terbaru di Bareksa

Reksa Dana Saham

Enam reksa dana saham yang baru live di Bareksa ini terdiri dari BNP Paribas Pesona Syariah, BNP Paribas Solaris, BNP Paribas Star, BNP Paribas Pesona, BNP Paribas Infrastruktur Plus, dan BNP Paribas Ekuitas. Berdasarkan data Bareksa, sepanjang tahun 2017 keenam reksa dana kelolaan salah satu perusahaan manajer investasi yang berpartner asing ini tercatat menghasilkan return positif dan mengalahkan indeks reksa dana saham.

Bahkan, BNP Paribas Pesona yang menghasilkan return 2,26 sejak awal tahun ini, mengalahkan indeks reksa dana saham dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebagai acuan yang hanya sebesar 0,59 persen dan 1,88 persen di periode 1 Januari-6 Februari 2017 ini. Lebih jelasnya terlilhat pada grafik di bawah ini.

Grafik: Perbandingan Return Reksa Dana Saham PT BNP Paribas Investment Management, Year-to-date (YTD)

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Reksa Dana Campuran

Selanjutnya tiga reksa dana campuran milik BNP Paribas Investment Partners ini meliputi BNP Paribas Equitra, BNP Paribas Integra, dan BNP Paribas Spektra. Pada Barometer Bareksa, Ketiga reksa dana ini memiliki skor di atas 3 dari skala 5, yang berarti kinerja reksa tersebut cukup baik. Adapun Barometer Bareksa sendiri merupakan peringkat untuk reksa dana dengan memperhitungkan return serta risiko yang dibandingkan dengan benchmark.

Ketiga reksa dana inipun sejak awal tahun memberikan hasil yang positif. Return salah satu reksa dana campuran ini, yakni reksa dana BNP Paribas Integra yang diluncurkan sejak April 2012 ini mampu melampaui indeks reksa dana campuran dengan hasil 1,34 persen sejak awal tahun. Adapun indeks reksa dana campuran hanya menghasilkan 0,91 persen dalam periode awal tahun hingga saat ini.

Grafik: Perbandingan Return Reksa Dana Campuran PT BNP Paribas Investment Management, Year-to-date (YTD)

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Reksa Dana Pendapatan Tetap

BNP Paribas Omega dan BNP Paribas Prima II adalah reksa dana pendapatan milik BNP Paribas Investment Partners yang tersedia di Marketplace Bareksa. Kedua reksa dana ini, di sepanjang tahun 2017 menghasilkan return sebesar 1,37 persen dan 1,36 persen, mengalahkan indeks reksa dana pendapatan tetap yang sebesar 1,30 persen.

Grafik: Perbandingan Return Reksa Dana Pendapatan Tetap PT BNP Paribas Investment Management, Year-to-date (YTD)

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Reksa dana jenis pendapatan tetap ini dapat menjadi pilihan alternatif bagi investor yang memiliki tujuan investasi jangka menengah dengan periode investasi 1-3 tahun. Selain itu, produk ini juga cocok untuk investor yang memiliki profil risiko moderat (sedang) yang mengharapkan imbal hasil lebih besar dari bunga deposito.

Reksa Dana Pasar Uang

BNP Paribas Rupiah Plus, menjadi reksa dana pasar uang yang tersedia di Marketplace Bareksa sejak hari ini. Pergerakan reksa dana ini sangat minim gejolak (fluktuasi), return yang dihasilkan pun cenderung stabil dengan hasil 0,24 persen sejak awal tahun. Sementara di periode yang sama indeks reksa dana pasar uang yang menjadi benchmark mencatatkan return negatif 0,41 persen.

Grafik: Perbandingan Return Reksa Dana Pasar Uang PT BNP Paribas Investment Management, Year-to-date (YTD)

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Berdasarkan fund fact sheet September 2015, reksa dana ini mengalokasikan seluruh asetnya pada instrumen pasar uang atau kas. Risiko reksa dana jenis ini tergolong sangat rendah dan juga termasuk investasi yang aman sehingga dapat menjadi pilihan bagi investor pemula ataupun yang tidak menyukai investasi yang gerak naik-turunnya begitu tajam. (hm)

**

Ingin berinvestasi reksa dana?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,36

Up0,41%
Up3,60%
Up0,02%
Up5,91%
Up19,01%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,83

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,22%
Up17,48%
Up42,87%

STAR Stable Income Fund

1.915,81

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,25%
Up30,81%
Up60,29%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.757

Down- 0,19%
Up3,05%
Up0,01%
Up4,62%
Up19,15%
Up47,74%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,38

Up0,12%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,94%
Down- 1,75%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua