BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Ingin Punya Uang Ratusan Juta di Usia 30-an? Begini Caranya

Bareksa30 Mei 2017
Tags:
Ingin Punya Uang Ratusan Juta di Usia 30-an? Begini Caranya
Stock Photo - business, people and money concept - smiling businesswoman with dollar cash money over gray background and forex graph going up, Copyright: <a href='https://www.123rf.com/profile_dolgachov'>dolgachov / 123RF Stock Photo</a>

Cukup bermodal Rp100.000 saja per bulan, kita berpotensi dapat keuntungan dari reksa dana saham

Bareksa.com - Berinvestasi pada reksa dana saham bisa menjadi salah satu jalan bagi anak muda dalam menyimpan uang dengan potensi keuntungan yang besar. Pasalnya, dengan memulai investasi pada jenis reksa dana ini sejak usia 20-an, kita bisa memeroleh hasil hingga ratusan juta di usia 30-an.

Reksa dana saham sendiri merupakan produk keuangan berupa kumpulan aset (portofolio) yang dikelola oleh manajer investasi profesional. Berdasarkan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mayoritas aset yang menjadi portofolio jenis reksa dana ini adalah saham-saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Dari segi risiko, reksa dana saham memang termasuk jenis investasi yang agresif dan memiliki fluktuasi tinggi di pasar keuangan. Sebab, saham yang menjadi aset dominan jenis reksa dana ini aktif diperdagangkan di pasar keuangan dan sangat sensitif terhadap perubahan kondisi ekonomi baik dalam maupun luar negeri.

Promo Terbaru di Bareksa

Meskipun berisiko, reksa dana saham ini dalam jangka panjang cukup potensial dalam menghasilkan keuntungan (return). Sehingga, reksa dana saham ini cocok bagi anak muda yang masih memiliki waktu cukup panjang untuk mengembangkan uangnya dalam berinvestasi.

Salah satu contohnya adalah produk reksa dana saham BNP Paribas Pesona yang tersedia di Marketplace Reksa Dana Bareksa. Reksa dana yang dikelola oleh PT BNP Paribas Investment Partners ini tercatat mampu menghasilkan keuntungan (return) 197,69 persen dalam 10 tahun terakhir atau hampir sekitar 20 persen rata-rata per tahunnya. (Baca juga: 10 Tahun Untung 3X Lipat, BNP Paribas Pesona Pilihan Investasi Jangka Panjang)

Selain itu, modal minimal berinvestasi pada reksa dana saham ini sangat terjangkau bagi kantong anak muda yakni hanya Rp100.000 saja. Jadi, kalangan fresh graduated yang masih memiliki penghasilan minim pun tetap bisa melakukan investasi di reksa dana.

Mari kita simulasikan investasi ini. Apabila saat ini kita bisa menyisihkan uang Rp300.000 per bulan, maka uang yang terkumpul mencapai Rp36 juta selama 10 tahun. Kemudian, bila dana tersebut secara rutin tiap bulan diinvestasikan pada reksa dana saham seperti BNP Paribas Pesona, hasilnya bisa berpotensi tumbuh menjadi Rp112,83 juta (Berdasarkan Kalkulator Investasi Bareksa). Jelasnya tampak pada grafik di bawah ini.

Grafik: Perkiraan Hasil Investasi Reksa Dana Saham BNP Paribas Pesona

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Ini artinya, terjadi pertumbuhan sekitar dua kali lipat lebih dari total dana investasi semula. Tentunya, apabila hal ini sudah kita mulai sejak di usia 25 tahun maka di usia 35 tahun, kita bisa memiliki uang hingga ratusan juta.

Sebagai catatan, hasil keuntungan di reksa dana saham ini tidak dapat dipastikan secara tepat. Namun, kita dapat memperkirakan hasilnya dari kinerja reksa dana di masa lampau. Semakin lama umur reksa dana, maka hasil prediksi terhadap kinerja reksa dana tersebut semakin baik, seperti halnya produk reksa dana saham BNP Paribas Pesona ini. Produk ini telah diluncurkan sejak tahun 1997 atau sudah 20 tahun dan terbukti bertahan melewati berbagai siklus ekonomi.

Hasil berinvestasi ini akan berbanding lurus dengan risikonya. Semakin tinggi risiko yang mungkin terjadi, maka tingkat keuntungan yang ditawarkan pun akan semakin besar (high risk high return). Oleh karena itu, sebelum berinvestasi, setiap investor harus mengenali produk investasi yang dipilih agar sesuai dengan tujuan dan profil risiko yang dimiliki. (hm)

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua