BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

FUND PICK: Reksa Dana Syariah Ini Dalam Dua Bulan Telah Hasilkan Return 5,5%

Bareksa10 Maret 2016
Tags:
FUND PICK: Reksa Dana Syariah Ini Dalam Dua Bulan Telah Hasilkan Return 5,5%
FOTO JANGAN DIPAKAI, FOTO JANGAN DIPAKAI, FOTO JANGAN DIPAKAI (KD)

Dengan fleksibilitas alokasi aset investasi, reksa dana campuran ini bisa menjadi pilihan dengan risiko tergolong rendah

Bareksa.com - Cipta Syariah Balance merupakan reksa dana yang memiliki risiko tergolong rendah pada minggu ini di antara seluruh reksa dana jenis campuran yang diperdagangkan di marketplace investasi Bareksa (agen penjual: PT Buana Capital, anggota BEI).

Pengukuran risiko didasarkan fluktuasi dari harga reksa dana (NAB) atau disebut sebagai standar deviasi reksa dana. Standar deviasi adalah total keseluruhan risiko, baik sistematis (risiko pasar) maupun risiko non-sistematik yang berasal dari portofolio reksa dana itu sendiri. Semakin rendah nilai standar deviasi maka fluktuasi harga semakin rendah dan menunjukan risiko dari reksa dana juga akan semakin rendah.

Pada daftar reksa dana campuran yang diperdagangkan marketplace investasi bareksa, terdapat beberapa reksa dana yang memiliki risiko cukup rendah dengan nilai standar deviasi 0,03, salah satunya Cipta Syariah Balance. Reksa dana ini kembali menjadi pilihan pada minggu ini untuk jenis campuran. Reksa dana kelolaan Ciptadana Asset Management ini memiliki kinerja cukup baik dengan return di atas rata-rata return pasar reksa dana campuran.

Promo Terbaru di Bareksa

Reksa dana yang diluncurkan pada 18 April 2008 ini menghasilkan return 1,03 sebulan dan 5,51 persen year-to-date (YTD). Sementara return pasar reksa dana campuran hanya 0,86 persen sebulan dan 3,66 persen YTD.

Dalam setahun terakhir reksa dana ini menghasilkan return minus 5,39 persen. Meski menghasilkan return minus, namun penurunan yang terjadi tidak melebihi penurunan yang terjadi pada return rata-rata pasar reksa dana campuran. Adapun indeks reksa dana campuran tercatat menghasilkan return minus 6,74 persen setahun.

Dalam jangka panjang, data lima tahun terakhir reksa dana ini mampu menghasilkan return 34,79 persen.

Grafik: Pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana Cipta Syariah Balance

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Reksa dana jenis campuran ini memiliki fleksibilitas dalam mengalokasikan asetya ke instrumen investasi pasar modal seperti saham dan obligasi dengan porsi yang dapat disesuaikan dengan keadaan pasar.

Reksa dana ini direkomendasikan untuk investor dengan tujuan jangka investasi menengah hingga panjang dengan periode waktu 3 hingga 5 tahun. Dan reksa dana ini juga cocok bagi investor dengan profil risiko menengah (moderat) dalam berinvestasi dan siap menerima fluktuasi pasar yang tinggi dalam jangka pendek.

Reksa dana ini dipilih dan direkomendasikan tim riset Bareksa karena dinilai memiliki risiko rendah pada minggu ini. Akan tetapi, ulasan ini bukanlah jaminan kinerja dari keputusan investasi Anda. Anda tetap harus membaca dan memahami prospektus serta fund fact sheet reksa dana terlebih dulu, sebelum memutuskan berinvestasi pada reksa dana tersebut. (np)

***

Butuh bantuan?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,56

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,42%
Up18,15%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,33

Up0,60%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,27%
Up43,79%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,67

Down- 0,86%
Up3,27%
Up0,01%
Up3,89%
Up18,25%
Up46,68%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,85

Down- 0,43%
Up1,59%
Up0,01%
Up2,67%
Down- 2,39%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,13

Up0,54%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua