BeritaArrow iconPasar ModalArrow iconArtikel

Budi Hikmat : Dana Asing Rp40 Triliun Banjiri Pasar Indonesia, Ini Sebabnya

Abdul Malik25 Oktober 2021
Tags:
Budi Hikmat : Dana Asing Rp40 Triliun Banjiri Pasar Indonesia, Ini Sebabnya
Budi Hikmat, Director for Investment Strategy PT Bahana TCW Investment Management (kiri) bersama manajer investasi sedang diskusi perkembangan terkini pasar modal. (bahanatcw.com)

Surplus neraca perdagangan RI memperkuat perekonomian dan kepercayaan investor asing

Bareksa.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia kembali surplus US$4,37 miliar pada September 2021, sehingga secara akumulatif sembilan bulan tahun ini mencapai surplus US$25,07 miliar. Angka ini jauh lebih baik dibanding periode yang sama pada 2019 dan 2020.

Chief Economist Bahana TCW Investment Management (Bahana TCW), Budi Hikmat, mengatakan trade surplus ini sudah dialami Indonesia sejak 17 bulan terakhir secara berturut-turut, yang sekaligus menjadi rekor terpanjang sejak 2011.

Melonjaknya surplus neraca dagang yang dilandasi kenaikan harga komoditas unggulan Indonesia merupakan berkah yang tidak boleh disia-siakan, baik pemerintah ataupun pelaku usaha yang berkaitan dengan ekspor komoditas.

Promo Terbaru di Bareksa

"Ini adalah momentum yang sangat baik untuk memacu re-industrialisasi terutama di sektor pertambangan untuk memperkuat daya saing negara, keuangan pemerintah dan memacu kesempatan kerja," ungkap Budi dalam keterangannya (25/10/2021).

Menurut Budi, capaian surplus perdagangan ini menjadi katalis positif bagi penguatan mata uang rupiah ditengah tren penguatan indeks dolar Amerika Serikat (AS). Peningkatan penerimaan pemerintah sejalan kenaikan harga komoditas melandasi sentimen positif pada Surat Berharga Negara (SBN).

"Supply risk SBN diharapkan menurun sehingga memungkinkan yield SBN tetap menarik ditengah risiko tren yield obligasi berbagai negara yang cenderung naik. Membaiknya IDR currency risk dan SBN supply risk melandasi optimisme capital inflow dana asing kembali menuju pasar modal Indonesia," kata Budi.

Dana Asing Masuk

Budi menyatakan selama Januari hingga September 2021, dana asing masuk di pasar regular bursa saham Indonesia telah mencapai Rp40 triliun. Bahkan seminggu terakhir saja mencapai Rp4 triliun. Hal ini menandakan confident level investor global terhadap perekonomian Indonesia cukup tinggi.

"Tingkat kepercayaan investor asing kepada bursa saham nasional menunjukkan membaiknya trade surplus yang didorong oleh tingginya harga komoditas unggulan dipercaya akan meningkatkan kinerja keuangan banyak perusahaan yang memiliki fokus di perdagangan komoditas. Mengingat eksposur komoditas unggulan seperti minyak sawit (CPO), batu bara dan nikel cukup besar terhadap kinerja ekspor nasional," Budi menjelaskan.

“Kita harus belajar untuk mengindari kekeliruan setelah super-cycle commodity booming 2000-2012 ketika penguatan daya beli masyarakat yang ditopang kenaikan harga komoditas ekspor ternyata berakhir dengan memburuknya defisit neraca berjalan," Budi menambahkan.

Sebab bersamaan dengan tren eksternal penguatan dolar AS, memburuknya defisit neraca berjaln adalah faktor eksternal yang memicu memperlemah rupiah yang menakutkan investor asing dan memaksa Indonesia terus berutang.

"Hal tersebut terjadi karena kita boros tidak memanfaatkan kenaikan pendapatan untuk hal yang produktif dan inklusif seperti yang pernah dilakukan administrasi Pak Harto saat mengalami Oil Bonanza pada periode 1970-an," dia mengungkapkan.

Harga Komoditas Diprediksi Naik Hingga Kuartal I 2022

Setidaknya hingga kuartal I 2022, tren kenaikan harga komoditas unggulan RI diprediksi masih akan berlanjut terutama bagi komoditas batu bara dan sumber energi lain. Namun, ke depan, pemerintah negara konsumen komoditas energi seperti China dan Eropa juga diprediksi akan melakukan intervensi untuk menurunkan harga komoditas energi yang sudah memicu lonjakan inflasi.

"Namun revolusi neweconomy yang semakin memacu digitalisasi, penggunaan teknologi otomotif dan energi terbarukan dan rivalitas multi polar antar negara melandasi booming sektor mining yang harus dimanfaatkan pemerintah melalui akselerasi strategi hilirasi dan penguatan industri terkait guna meningkatkan nilai tambah. ” tutup Budi.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua