BeritaArrow iconPasar ModalArrow iconArtikel

Setelah Inovisi, Tiga Emiten Berpotensi Delisting dari Bursa Efek Indonesia

Bareksa05 Oktober 2017
Tags:
Setelah Inovisi, Tiga Emiten Berpotensi Delisting dari Bursa Efek Indonesia
Seorang investor takut untuk memilih saham. (123RF, Konstantin Sutyagin/Bareksa)

Satu dari tiga perusahaan tersebut kemungkinan bakal terkena forced delisting bulan ini.

Bareksa.com - Terdapat tiga perusahaan yang berpotensi dihapus catatan sahamnnya secara paksa (forced delisting) oleh Bursa Efek Indonesia tahun ini. Satu dari tiga perusahaan tersebut kemungkinan bakal terusir dari Bursa sejak bulan ini.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Tito Sulistio menuturkan, pihaknya telah memanggil ketiga perusahaan tersebut untuk berdiskusi. Dua perusahaan di antaranya masih mencoba untuk tetap terdaftar di BEI, sedangkan satu perusahaan lagi cukup sulit untuk tetap bertahan di bursa.

"Rata-rata penyebab forced delisting ada dua hal, tidak memasukkan laporan keuangan atau tidak bisa membuktikan ada operasi," katanya di Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2017.

Promo Terbaru di Bareksa

Dia memastikan bahwa bursa memperlakukan tiga perusahaan itu setara. Menurut Tito, syarat delisting adalah perdagangan sahamnya disuspensi selama dua tahun. Tetapi bursa sebenarnya telah menghentikan sementara (suspen) perdagangan saham tiga emiten tersebut lebih dari dua tahun.

Bursa pernah mengecek kantor salah satu emiten tersebut, tetapi tidak ada bisnis yang berjalan. Sedangkan satu perusahaan lain kantornya hanya berisi office boy dan supplier serta emiten tersebut berkantor di tempat yang sama.

Satu di antara tiga perusahaan tersebut ada yang mununjukkan itikad baik, kantornya masih ada meski tidak ada orang yang mengisi. "Yang satu kemungkinan tidak akan kita tunggu lagi, karena kita melihat tidak mungkin dia menyelesaikan masalahnya karena laporan keuangan tidak masuk," ujarnya.

Sebelumnya, Bursa telah menghapus paksa sebuah perusahaan, yakni PT Inovisi Infracom Tbk (INVS). Belum lama ini, Inovisi meminta kepada BEI untuk tidak dikeluarkan dari BEI, tetapi bursa menolak.

Tito menjelaskan bahwa BEI telah berupaya memanggil pihak Inovisi berkali-kali sebelum forced delisting ditetapkan. Namun, janji pihak Inovisi untuk menyampaikan laporan keuangannya tidak kunjung teralisasi.

Dia memastikan bahwa bursa telah bekerja sesuai undang-undang. Apabila perusahan tidak mengikuti peraturan, maka emiten bakal dikenakan delisting.

BEI harus memastikan emiten saham di BEI masih memiliki going concern bisnisnya ada. Going concern tersebut harus dibuat oleh auditor dalam laporan keuangan. Kepastian masih adanya going cocern tidak cukup hanya melalui surat direksi perusahaan.

Meskipun begitu, Tito mengatakan bahwa Inovisi masih dapat melakukan relisting dalam enam bulan setelah keputusan forced delisting. Kejadian tersebut harus menjadi perhatian investor, yakni sebelum membeli saham harus melihat pengumuman perusahaan tersebut.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua