BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Hari Ini Kembali Naik, Waktu Tepat Jual Beli Logam Mulia?

Abdul Malik29 November 2023
Tags:
Harga Emas Hari Ini Kembali Naik, Waktu Tepat Jual Beli Logam Mulia?
Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia. (Shutterstock)

Meski naik turun harga emas bisa dibilang kenaikannya konsisten

Bareksa.com - Sesuai prediksi sejumlah analis, harga emas baik di pasar dunia maupun di dalam negeri akan melanjutkan penguatan. Hingga Selasa (28/11), harga emas sudah naik 4 hari beruntun. Pelemahan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) dan ekspektasi investor atas suku bunga Bank Sentral The Federal Reserve (The Fed) yang akan kembali ditahan dalam rapat Desember 2023, menjadi dua pendorong utama glowingnya logam mulia.

Harga Emas Hari Ini, Rabu (29/11/2023)

Emas

Harga Beli Emas Hari Ini

Emas Comex

US$2.047,04 per troy ounce

Emas Treasury​

Rp1.041.916 per gram

Emas Pegadaian​

Rp1.038.000 per gram

Emas Indogold

Rp1.023.500 per gram

Emas Antam

Rp1.124.000 per gram

Sumber: Investing (13.55 WIB), Antam (08.30 WIB), dan Bareksa Emas

Promo Terbaru di Bareksa

Jim Wyckoff, Analis Senior Kitco Metals dilansir Investing, menyebutkan prospek jangka pendek untuk emas tetap bullish atau naik, dengan indeks dolar AS dalam tren turun, karena ekspektasi The Fed tidak akan lagi menaikkan suku bunga dan bahkan mungkin akan memangkasnya pada musim semi.

Investasi Emas di Sini

Hanya saja, Wyckoff memperkirakan jika angka-angka Produk Domestik Bruto (PDB) AS dan indikator inflasi lebih kuat dari yang diperkirakan, maka hal ini akan mengurangi antusiasme para trader terhadap emas batangan. Walau demikian, harga emas tetap berpeluang lebih murah, karena indeks dolar AS jika terus menyentuh level terendah.

Emas spot naik 0,18% di US$2.044,89 per troy ons pada Rabu pukul 07.02 WIB seperti dilansir Investing, setelah ditutup melonjak 1,53% pada Selasa (28/11). Kemudian pada pukul 12.03 WIB, harga emas di pasar spot tercatat US$2.047,04 per troy ons.

Harga emas di pasar dunia ikut mempengaruhi harga emas di dalam negeri. Faktor negeri lainnya ialah nilai tukar rupiah terhadap dolar AS serta besaran penawaran permintaan emas.

Investasi Saham di Sini

Harga Emas Dalam Negeri

Lonjakan harga emas di pasar dunia beberapa hari terakhir, juga diikuti oleh harga emas di dalam negeri. Untuk emas keluaran Antam, hari ini naik Rp9.000 per gram menjadi Rp1.124.000 per gram dibandingkan kemarin.

Kenaikan harga emas di dalam negeri, juga terjadi pada emas dalam fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa. Emas Pegadaian di Bareksa Emas, pada hari ini Rabu, naik Rp9.000 per gram dari harga kemarin mennjadi Rp1.038.000 per gram.

Harga emas Treasury yang tersedia di fitur Bareksa Emas, hari ini naik Rp10.012 per gram menjadi Rp1.041.916 per gram. Sementara untuk emas Indogold di fitur Bareksa Emas hari ini bertahan di harga Rp1.023.500 per gram.

Beli Emas di Sini

Waktu Tepat Jual Beli Emas

Apakah saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli emas? Bagi investor yang jeli dan memiliki target investasi jangka panjang, maka naik turunnya harga emas tidak menjadi permasalahan, meski memang lebih baik kala penurunan harga bisa jadi kesempatan untuk membeli emas di harga murah. Sejatinya waktu terbaik untuk membeli emas adalah ketika Kamu memiliki dana untuk investasi emas.

Sementara untuk menjual emas, hal itu kembali kepada kebutuhanmu apakah saat ini sedang membutuhkan dana tambahan atau ada alasannya lainnya. Karena itu, Kamu perlu pertimbangan yang jeli sebelum memutuskan untuk menjual kepemilikan logam mulia.

Dilansir laman Galeri24 dan sumber lainnya, berikut tips membeli atau menjual emas dengan bijak dan tepat.

Membeli Emas

Harga emas dipengaruhi banyak hal, salah satunya kondisi sosial dan politik berbagai negara. Logam mulia merupakan aset yang aman dan stabil, banyak investor yang berburu emas untuk menyelamatkan ‘uang’ mereka. Makanya ketika krisis terjadi, harga emas justru akan naik.

Contohnya ketika pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia. Alih-alih turun, harga emas dunia justru tren naik. Demikian juga ketika terjadi ketegangan antara Rusia dan Ukraina. Meski naik turun, harga emas bisa dibilang kenaikannya konsisten. Karena itu, ketika diprediksi akan terjadi krisis dunia, maka Kamu bisa segera membeli emas, namun dengan catatan Kamu harus memantau harga emas terbaru.

Konon, ketika rupiah menguat, harga emas cenderung turun. Sebaliknya ketika rupiah melemah, maka harga emas akan naik. Nah, di saat rupiah turun, itulah waktu yang tepat untuk membeli emas. Makanya, memantau pergerakan rupiah dan harga emas harus rutin, agar Kamu tahu kapan momen yang pas untuk membeli emas logam mulia.

Beli Emas di Sini

Menjual Emas

Melihat perkembangan harga emas juga bisa menjadi langkah yang bijak jika ingin menjualnya, agar mendapat banyak keuntungan. Apalagi, emas bersifat likuid atau mudah dicairkan menjadi uang, jadi kapanpun bisa dijual. Saat Kamu butuh uang cepat, mencairkan emas merupakan pilihan tepat. Sehingga jika ditanya kapan waktu yang tepat menjual emas, maka jawabannya adalah ketika Kamu memang membutuhkan uang dalam waktu cepat.

Tidak seperti jenis investasi lain, emas tak menjanjikan keuntungan besar dalam waktu cepat. Investasi emas akan terasa bila untuk tujuan jangka panjang, setidaknya 5 sampai 10 tahun. Jika memang Kamu sudah menyimpan emas dalam waktu lama, maka itu waktu yang tepat untuk menjualnya. Cobalah tunggu momen di mana harga emas sedang naik, kemudian lekas jual.

Tapi pada dasarnya Kamu bisa menjual kapan saja, jika memang membutuhkan uang untuk banyak keperluan. Apalagi bila kebutuhan itu sifatnya mendesak dan darurat.

Investasi Emas di Sini

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Cetak Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

Ayo investasi emas dan lakukan cetak fisik di Bareksa!

Beli Emas di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua