BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Antam Turun Rp10 Ribu, Waktunya Beli Murah Buat Investasi?

Hanum Kusuma Dewi30 Maret 2023
Tags:
Harga Emas Antam Turun Rp10 Ribu, Waktunya Beli Murah Buat Investasi?
Ilustrasi harga emas logam mulia yang semakin perkasa akibat dolar AS yang melemah. (Shutterstock)

Investasi emas sebaiknya untuk rencana investasi jangka panjang setidaknya 5 tahun karena harga emas dalam jangka pendek cenderung naik turun atau berfluktuasi

Bareksa.com - Harga emas hari ini, Kamis (30/3/2023) baik di pasar dunia maupun pasar dalam negeri, kompak turun karena menguatnya dolar Amerika serta meredanya kekhawatiran pasar soal krisis perbankan di pasar Amerika. Pada situasi seperti ini minat investor menjadikan emas sebagai safe haven menurun yang diwujudkan dengan mengurangi permintaan logam mulia emas.

Harga Emas Hari ini, Kamis (30/3/2023) :

Emas​​​

Harga Beli

Emas pasar spot

US$1.960,32 per troy ounce

Emas Treasury

Rp983.780 per gram

Emas Pegadaian

Rp992.000 per gram

Emas Antam

Rp1.072.000 per gram

*Data harga emas spot per pukul 10.50 WIB, Sumber : Bareksa, Logam Mulia, Investing

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Promo Terbaru di Bareksa

Harga emas di pasar spot dunia pada Kamis (30/3) pukul 10.50 WIB, seperti dilansir Investing, tercatat US$1.960,32 per troy ounce. Sebelumnya pada kemarin harga emas di pasar spot sekitar US$1.966.87 per troy ounce.

Bagi kamu investor emas pemula perlu mengetahui bahwa harga emas di pasar dunia juga turut mempengaruhi harga emas di dalam negeri. Harga emas lokal yang tersedia dalam fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa, pada hari ini juga turun.

Emas Treasury pada hari ini di Bareksa Emas tercatat melemah Rp1.722 per gram menjadi Rp983.780 per gram dibandingkan harga kemarin. Sementara itu harga emas Pegadaian di Bareksa Emas pada hari ini turun Rp4.000 per gram jadi Rp992.000 per gram.

Koreksi pada harga emas meski harganya masih relatif tinggi juga terjadi pada emas Antam, pada hari ini menjadi Rp1.072.000 per gram, atau turun Rp10.000 per gram dibandingkan harga kemarin.

Melansir CNBC Indonesia, emas melandai setelah dolar Amerika Serikat (AS) menguat tajam kemarin. Turunnya harga emas juga disebabkan semakin meredanya kekhawatiran pasar mengenai krisis perbankan Amerika.

Sementara itu indeks dolar AS ditutup di posisi 102,64 kemarin. Posisi tersebut lebih tinggi dibandingkan pada hari sebelumnya yang tercatat 102,43. Nah penguatan dolar Amerika ini berdampak negatif ke logam mulia. Dolar yang menguat membuat harga beli emas naik sehingga semakin tidak terjangkau.

Turunnya harga emas hari ini hanya berselang beberapa hari setelah sang logam mulia terbang tinggi. CNBC Indonesia mencatat harga emas naik pada 10-23 Maret 2023 hingga 8,9%.

Lonjakan harga emas pada periode tersebut ditopang oleh kekhawatiran pasar setelah tiga bank Amerika Serikat (AS) kolaps yakni Silicon Valley Bank (SVB), Silvergate Bank, dan Signature Bank. Hanya saja, sejalan dengan meredanya krisis maka daya tarik emas pun memudar.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini


Peluang Harga Emas Naik

Walau demikian, analis ING masih melihat jika emas berpeluang besar menguat tajam. ING memperkirakan harga logam mulia ini akan berada di kisaran US$2.000 pada kuartal IV-2023.

"Harga emas diperkirakan akan melemah dalam jangka pendek. Namun emas akan terus merangkak naik pada semester II tahun ini dan bisa bergerak di kisaran US$ 2.000 pada kuartal IV-2023," tulis ING dalam laporannya, dikutip dari Kitco News seperti dilansir CNBC Indonesia.

Hanya saja, ada syarat yang harus dipenuhi agar emas bisa terbang lagi. "Asumsinya adalah jika krisis di perbankan memburuk dan The fed mulai memangkas suku bunga pada akhir tahun," imbuh ING.

Klik untuk Beli Emas Logam Mulia

Pendorong Harga Emas

Bagi Smart Investor yang baru ingin memulai investasi emas sebaiknya mengetahui apa saja penyebab naik turunnya harga emas baik harga emas dalam negeri maupun harga emas global. Nah, harga emas di dalam negeri sendiri antara lain dipengaruhi oleh harga emas global di pasar dunia.

Melansir sejumlah sumber, Bareksa menyimpulkan bahwa yang mendorong harga beli emas maupun harga jual emas baik di pasar dalam negeri dan pasar global antara lain adalah tingkat inflasi, tingkat suku bunga, nilai tukar dolar Amerika Serikat, besaran penawaran dan permintaan emas, serta risiko situasi kondisi ekonomi dan politik seperti perang dan keamanan.

Bagi investor emas pemula, ada baiknya mempertimbangkan saran sejumlah kalangan yang menyarankan bahwa dalam investasi emas sebaiknya untuk rencana investasi jangka panjang setidaknya antara 5 sampai 10 tahun. Saran tersebut tak lain karena harga emas dalam jangka pendek cenderung naik turun atau berfluktuasi, dan kurang cocok sebagai investasi jangka pendek.

Mulai Investasi Emas, Klik di Sini

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas, memiliki lisensi resmi dari otoritas terkait. Pegadaian memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sementara itu, Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Kalau ingin memegang wujud fisik emas, investor juga bisa menggunakan Fitur Cetak Fisik. Investor bisa memilih emas batangan dengan kadar 99,99% produksi Antam atau UBS. Buat Bareksa Emas Treasury, emas fisik bisa dikirimkan ke alamat investor. Buat investor emas Pegadaian, bisa mengambil emas fisik di kantor cabang atau outlet Pegadaian.

Klik untuk Beli Emas Sekarang

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,83

Up0,43%
Up3,55%
Up0,02%
Up5,95%
Up19,11%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,51

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,20%
Up17,66%
Up42,85%

STAR Stable Income Fund

1.915,47

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,23%
Up30,99%
Up60,26%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.758,34

Down- 0,10%
Up3,14%
Up0,01%
Up4,70%
Up19,30%
Up47,85%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,12

Up0,08%
Up2,01%
Up0,02%
Up2,91%
Down- 1,48%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua