BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Hari Ini Turun Tipis, Berikut 7 Cara Jual Logam Mulia agar Tidak Rugi

Hanum Kusuma Dewi07 Maret 2023
Tags:
Harga Emas Hari Ini Turun Tipis, Berikut 7 Cara Jual Logam Mulia agar Tidak Rugi
Ilustrasi emas antam emas batangan di atas tumpukan uang rupiah Rp100 ribu. (tyasindayanti/Shutterstock)

Emas merupakan salah satu investasi jangka panjang jadi umumnya keuntungan akan mulai terasa saat investasi selama 5-10 tahun

Bareksa.com - Harga emas hari ini, Selasa (7/2/2023) di pasar dunia maupun dalam negeri, kompak melemah karena terkena imbas sikap investor yang sedang menunggu isi pidato gubernur Federal Reserve atau bank sentral Amerika Jerome Powell di depan kongres atau DPR Amerika. Lalu, kapan dan bagaimana cara menjual emas yang sudah dimiliki biar tidak rugi?

Harga Emas Hari ini, Selasa (7/3/2023) :

Emas​​​

Harga Beli

Emas pasar spot

US$1.846,88 per troy ounce

Emas Treasury

Rp943.680 per gram

Emas Pegadaian

Rp946.000 per gram

Emas Antam

Rp1.032.000 per gram

*Data emas spot per pukul 11.06 WIB, Sumber : Logam Mulia, Investing, Bareksa

Promo Terbaru di Bareksa

Harga emas di dalam negeri yang tersedia dalam fitur Bareksa Emas di marketplace investasi Bareksa, yakni emas Treasury dan emas Pegadaian, kompak tercatat turun. Emas Treasury pada hari ini menjadi Rp943.680 per gram, atau tipis sekitar Rp87 per gram dibandingkan harga kemarin. Untuk harga emas Pegadaian menjadi Rp946.000 per gram, atau turun Rp1.000 per gram dibandingkan harga pada kemarin.

​Penurunan harga emas lokal juga terjadi pada harga emas Antam, yakni menjadi Rp1.032.000 per gram, atau turun Rp1.000 per gram dibandingkan harga kemarin.

Sementara itu, harga emas di pasar dunia khususnya spot pada hari ini pukul 11.06 WIB, pada hari ini tercatat US$1.846,88 per troy ounce. Harga emas global tersebut, melemah dibandingkan harga kemarin (6/3/2023) yang berada di kisaran US$1.855,24 per troy ounce.

Bagi kamu investor emas pemula perlu mengetahui bahwa salah satu pendorong naik turunnya harga emas di dalam negeri, adalah harga emas di pasar dunia. Selain itu, harga emas di dalam negeri antara lain juga dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika serta besaran permintaan dan penawaran.

Nah, harga emas di pasar dunia antara lain dipengaruhi oleh nilai tukar dolar Amerika serta besaran permintaan dan penawaran. Terkait besaran permintaan dan penawaran emas, faktor pendorongnya antara lain data-data ekonomi Amerika dan juga kebijakan bank sentral Amerika serta kondisi geopolitik dunia.

Sebagai gambaran, harga emas di pasar dunia hari ini seperti dilansir Treasury, sedang turun. Sebabnya, investor mengharapkan pernyataan Gubernur Federal Reserve atau bank sentral Amerika, Jerome Powell akan memberikan sinyal yang lebih jelas tentang arah kebijakan Fed, hawkish atau dovish. Dalam pertemuan panel senat tersebut, Powell akan memberikan pidato, lalu disusul dengan pidato di depan komite DPR AS. Diperkirakan Powell akan menggarisbawahi suku bunga yang lebih tinggi untuk menekan inflasi.

Rapat dengar pendapat itu akan berlangsung pada hari Selasa dan Rabu waktu setempat. Kemudian, diikuti dengan rilis data ketenagakerjaan AS pada Jumat minggu ini. Dua agenda penting ini bisa berpengaruh terhadap kebijakan suku bunga. "Pasar mengharapkan data ketenagakerjaan yang lebih kuat. Ini berarti suku bunga Fed tetap berada di tingkat yang lebih tinggi lebih lama," kata Analis Senior Kitco Metals, Jim Wyckoff seperti dikutip Treasury.

Wyckoff mengatakan ada keraguan menjelang dua agenda penting yang bisa mempengaruhi harga emas dalam jangka pendek. Menurutnya akan ada lebih banyak volatilitas harga setelah data ketenagakerjaan dirilis.

Sementara itu, analis UBS, Giovanni Staunovo mengtaakan bahwa investor emas kini dalam mode wait and see. Staunovo berpendapat tak ada perubahan kebijakan dari Powell. Pimpinan bank sentral ini merasa perlu mengulangi kebijakan kenaikan suku bunga untuk menekan inflasi.

Prediksi Harga Emas

Para analis memprediksi harga emas akan bergerak di level US$1.780-US$1.850 per troy ounce. Mereka, seperti dilansir Treasury, menilai Fed menjadi sangat hawkish dan kondisi itu tidak berdampak bagus bagi harga logam mulia emas. Tapi, ada juga yang merasa optimistis logam kuning itu bisa naik lebih tinggi karena melihat emas bisa bertahan di level US$1.800 per troy ounce.

Kepala Analis Komoditas Saxo Bank, Ole Hansen mengatakan emas tak hanya dapat momentum baru, tetapi juga dorongan besar dari imbal hasil surat utang pemerintah AS yang terus meningkat. Menurut hasil survei Kitco, dari 19 analis, ada 13 di antaranya yang memprediksi harga emas akan bullish, 1 bearish, dan 5 melihat akan diperdagangkan secara sideways. Lalu, dari 495 suara di jajak pendapat online, ada 254 responden memprediksi harga emas naik minggu ini, 19% netral, dan 29% akan lebih rendah.

Sementara itu Pendiri MoorAnalytics.com, Michael Moor mengatakan emas mencapai level terendah di US$1.810 per troy ounce pada minggu lalu. Kalau bertahan di atas US$1.838 per troy ounce, logam kuning ini bisa kembali ke pola bullish. Analis teknis senior Barchart.com, Darin Newsom melihat ada momentum teknis untuk emas minggu ini. Ada potensi dolar AS melemah dan memperkuat daya tarik emas. Newsom memperkirakan harga enas ada di US$1.874,3 per troy ounce.

Tips Cara Jual Logam Mulia

Lalu bagaimana jika sudah investasi emas dan justru berniat menjualnya? Kapan dan seperti apa baiknya melepas emas? Melansir laman Sahabat Pegadaian, berikut ini beberapa tips menjual emas yang bisa diikuti agar hasilnya tidak rugi yang dirangkum Bareksa terkait juga adanya layanan emas digital Bareksa Emas.

Pertama, selalu cek harga emas secara berkala

Harga emas biasanya cenderung fluktuatif, oleh sebab itu kamu wajib memantau harga jual emas hari ini secara berkala. Hal ini akan memudahkan kamu untuk memperkirakan keuntungan yang didapat serta menentukan waktu yang tepat untuk menjualnya.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi terutama jika membelinya secara digital. Apabila harga emas sedang naik, kita bisa langsung menjualnya.

Kedua, berikan jarak yang cukup setelah membeli emas agar untung

Emas merupakan salah satu investasi jangka panjang, sehingga keuntungan akan mulai terasa saat kita berinvestasi selama 5-10 tahun. Ketika akan menjualnya kembali, pastikan jarak dari membeli emas dan saat menjualnya tidak terlalu dekat. Hal ini dilakukan untuk mencegah dari kerugian karena harganya yang mungkin tidak berubah atau malah turun.

Intinya, semakin lama kamu menyimpan emas maka akan semakin banyak juga keuntungan yang bisa kita peroleh.

Ketiga, menjual ke tempat membeli emas

Kamu bisa menjual emas di tempat kamu membelinya. Misalnya kamu membeli emas secara digital di layanan Tabungan Emas di Pegadaian maupun di Bareksa Emas. Maka, kamu bisa langsung menjualnya kembali dengan mudah dan harganya pun kompetitif.

Dengan adanya layanan emas digital, kamu juga bisa langsung mengetahui berapa kisaran keuntungan yang akan didapatkan saat akan menjual emas. Apabila harga saat itu cukup menguntungkan, kamu bisa langsung menjual dan uangnya akan segera ditransfer ke rekening yang sudah didaftarkan.

Keempat, membawa sertifikat emas

Apabila memiliki emas dalam wujud fisik, jangan lupa juga untuk membawa surat dan nota pembelian serta sertifikat emas yang menandakan bahwa emas milik kamu asli. Dengan membawa sertifikat emas, akan menunjukkan informasi terkait ukuran dan karat emas sehingga mampu menaikkan harga jualnya.

Kelima, mengetahui kadar emas dan harganya

Saat akan menjual emas, kamu juga wajib mengetahui harga kadar emas terkini. Emas biasanya terdiri dari beberapa jenis kadar yang membuat harganya berbeda-beda.

Emas dengan kadar 24 karat memiliki harga yang paling mahal karena komponennya terdiri dari emas murni tanpa campuran apapun. Dengan mengetahui kadar emas, kamu bisa memperkirakan harga jual dan tidak mudah ditipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Keenam, membandingkan harga

Jika emas yang kamu miliki berupa emas fisik baik emas batangan maupun perhiasan, sebaiknya melakukan perbandingan pada setiap toko emas untuk mendapatkan harga emas terbaik. Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru menjual emas dan lakukan survei pada setiap toko emas terdekat. Pilihlah toko yang memiliki penawaran paling tinggi agar keuntungan yang kita dapatkan pun bisa maksimal.

Ketujuh, menjual pada kolektor

Emas perhiasan juga bisa memiliki nilai investasi yang tinggi apabila model perhiasannya unik dan limited edition. Apabila memiliki emas perhiasan dengan model yang unik, jangan ragu untuk menjualnya pada kolektor emas yang memang menyukai model-model emas unik dan langka. Menjual emas dengan model unik pada kolektor bisa membuat harga emas jadi semakin tinggi bahkan nilainya bisa lebih tinggi dibanding menjualnya pada toko emas.

Namun, pastikan jika kolektor emas ini terpercaya dan memang sudah terkenal dengan hobinya mengoleksi emas dengan model unik, ya. Jangan sampai menjual emas pada orang yang salah.

Demikian beberapa tips menjual emas yang bisa kamu lakukan agar tetap untung. Perlu ditekankan lagi apabila emas adalah produk investasi jangka panjang, sehingga menjualnya dalam waktu yang cepat tidak akan memberikan keuntungan yang signifikan. Ada yang menyatakan bahwa emas bisa dijual apabila sudah disimpan dalam jangka waktu lama, minimal 5-10 tahun agar keuntungan yang didapatkan juga bisa maksimal.

Tertarik Investasi Emas?

Jika kamu tertarik untuk berinvestasi emas, salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakanfitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Tarik Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

Ayo investasi emas dan lakukan cetak fisik di Bareksa!

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,97

Up0,14%
Up3,53%
Up0,02%
Up5,80%
Up18,28%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,1

Up0,58%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,30%
Up17,22%
Up43,04%

STAR Stable Income Fund

1.917,09

Up0,55%
Up2,93%
Up0,02%
Up6,32%
Up30,69%
Up60,37%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,73

Down- 0,48%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,37%
Up18,74%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.035,26

Down- 0,27%
Up1,73%
Up0,01%
Up2,63%
Down- 2,19%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua