BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Naik Rp74 Ribu Sejak Awal November, Ini Tips Cuan Investasi Logam Mulia

Hanum Kusuma Dewi14 November 2022
Tags:
Harga Emas Naik Rp74 Ribu Sejak Awal November, Ini Tips Cuan Investasi Logam Mulia
Ilustrasi investor yang membeli emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau emas Antam. Harga emas batangan mencapai level tertinggi 1 bulan seiring kembali memanasnya konflik Ukraina - Rusia. (Shutterstock)

Harga beli emas Treasury mencapai Rp925.113 per gram pada 12 November 2022

Bareksa.com -Harga emas sejak awal November melonjak cukup tinggi, baik di pasar global maupun domestik. Investor yang memiliki emas logam mulia dalam portofolio investasinya tentu bisa meraih cuan.

Dilansir CNBC Indonesia, harga emas di pasar spot pada Jumat (11/11/2022) pukul 06.31 WIB mencapai US$1.753,23 per troy ons. Harga emas global tersebut merupakan level tertinggi sejak 25 Agustus 2022 atau 2,5 bulan terakhir.

Dari dalam negeri, harga emas lokal juga terpantau naik signifikan. Menurut data Bareksa Emas, harga beli emas Pegadaian sudah naik Rp46.000 ke Rp916.000 per gram pada 12 November sejak awal bulan ini. Adapun harga beli emas Treasury melonjak lebih tajam sejak awal bulan, dengan naik Rp74 ribu ke Rp925.113 per gram pada 12 November 2022.

Promo Terbaru di Bareksa

Grafik Harga Beli Emas Treasury di Bareksa Emas

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Logam mulia ini bersinar kembali ketika muncul ekspektasi bahwa Bank Sentral tidak akan seagresif yang dibayangkan dalam menaikkan suku bunga. Indikator kunci penanda akan berada pada keputusan rapat dewan gubernur Bank Sentral AS pada bulan Desember mendatang yang diproyeksikan akan naik sebesar 0,5%, tidak sebesar perkiraan sebelumnya.

Menurut Tim Analis Bareksa, harga emas saat ini pun sudah mendekati target harga US$1.770 per troy ons yang diperkirakan akan dicapai pada 2023. Maka dari itu, Smart Investor masih dapat memiliki aset emas digital sebagai diversifikasi minimal 5% dalam portofolio.

Baca juga Jangan Telat Beli! Inflasi AS Melandai Buat Harga Emas Melompat Tinggi

Tips Investasi Emas

Kalau ingin mencari cuan atau dapat keuntungan, bagaimana sebaiknya investasi emas untuk investor pemula? Nah, berikut lima cara investasi emas khususnya logam mulia atau emas batangan bagi investor pemula yang Bareksa rangkum dari berbagai sumber:

1. Tentukan Tujuan

Tujuan investasi adalah besaran dana yang ingin dicapai dari hasil investasi. Bentuknya bisa berupa nilai atau sebuah benda atau impian yang ingin. Contoh tujuan investasi seperti ingin mengumpulkan Rp100 juta, ingin membeli rumah, atau membiayai liburan dan dana pensiun.

Setelah mengetahui tujuan, rencanakan juga bagaimana tujuan itu dicapai dari kemampuan saat ini. Misalnya dengan kemampuan investasi emas rutin Rp1 juta per bulan, perlu sekitar 1-2 tahun untuk bisa membeli motor. Atau setiap bulan top up emas 1 gram dan dalam lima tahun bisa mencapai 60 gram emas untuk mahar pernikahan.

Selanjutnya, bisa diketahui apakah tujuan tersebut untuk jangka pendek, jangka menengah atau jangka panjang. Horison investasi ini juga baiknya disesuaikan dengan jenis aset investasi dan profil risiko investor.

2. Selalu Memantau Harga

Emas online bisa dibeli kapanpun dan di manapun Anda berada, selama ponsel terhubung ke internet. Demikian juga dengan harganya. Belilah emas saat harga emas rendah dan juallah saat harga naik.

Cara investasi emas online bagi pemula, jangan sampai menjual emas saat harganya di bawah harga beli karena itu bisa membuat Anda merugi. Pastikan untuk meluangkan waktu melihat perkembangan harga emas hari ini.

Harga emas online ini selalu bisa dipantau di fitur Bareksa Emas yang ada dalam super app investasi Bareksa.


Baca juga Harga Emas Hari Ini di Dalam Negeri, Bareksa Paling Kompetitif

3. Membandingkan Harga

Selanjutnya, saat investasi emas online, investor pemula juga perlu membandingkan emas dari platform satu dengan platform yang lain. Cara investasi emas online bagi pemula ini akan memiliki pertimbangan untuk membeli emas atau menjual, sehingga bisa mendapatkan harga terbaik. Di Bareksa Emas pun tersedia emas dari beberapa mitra pengelola emas yang bisa dipilih.

4. Investasi Jangka Panjang

Dalam investasi emas online bagi pemula diperlukan kesabaran dan kejelian, tidak harus buru-buru beli atau bahkan jual emas dalam jumlah banyak sekaligus. Perlu diingat, cara investasi emas online bagi pemula tergolong investasi jangka menengah dan panjang.

Bila ingin dapat untung besar, maka jangan berpikir untuk jual langsung banyak. Dengan melakukan riset dan harganya sesuai, mungkin Anda baru bisa memutuskan untuk beli atau jual banyak.

Investor juga perlu memahami ada harga beli dan harga jual kembali (buyback) emas. Sehingga selalu ada selisih harga emas hari ini. Namun, yang terpenting selalu melihat saldo dalam bentuk ukuran (gramasi) emas yang dalam jangka panjang nilainya akan cenderung naik.

5. Memilih Tempat yang Tepat

Banyak platform penyedia investasi emas dan tabungan emas digital, maka dari itu cara investasi emas online bagi pemula jangan sampai salah memilih tempat investasi. Perhatikan betul perusahaan yang menjalankan platform investasi dan track recordnya.

Investor perlu memastikan keamanan dan sejauh mana jaminan atau garansi investasi. Periksa kembali perizinan yang dimiliki penyedia jasa investasi emas apakah sudah tercatat resmi atau belum. Bareksa Emas bekerja sama dengan mitra pengelola emas yang telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Bappebti Kementerian Perdagangan.

Bareksa Emas

Tertarik untuk investasi emas? Saat ini investasi emas tidak memerlukan modal besar terutama jika melakukannya dengan emas fisik secara digital. Beli emas fisik secara online, di fitur Bareksa Emas di Bareksa misalnya, investor dapat membeli emas dengan modal mulai dari Rp50.000.

Jika tidak ingin repot membeli emas di toko, investor bisa memanfaatkan fitur jual beli emas online yang kini sudah tersedia di Bareksa Emas. Fitur ini bisa diakses melalui aplikasi Bareksa yang tersedia untuk ponsel (handset) berbasis iOS dan Android.

Di Bareksa Emas, Bareksa telah bermitra dengan pedagang emas online yang menyediakan fasilitas titipan atau gadai, yaitu Pegadaian, Indogold, dan Treasury. Mitra pengelola emas Bareksa Emas sudah mendapat izin dari regulator yaitu OJK ataupun Bappebti.

Emas di Bareksa melalui fitur Bareksa Emas adalah logam mulia dengan kadar 99,99% yang diproduksi oleh ANTAM dan UBS. Emas batangan produksi ANTAM dan UBS sudah sering dijadikan alat investasi sehingga tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

Tertarik untuk investasi emas di Bareksa? Biar dapat cuan banyak dari investasi emas, investor emas pemula sebaiknya memastikan bahwa instrumen investasi ini cocok dengan profil risiko dan untuk jangka panjang.

Baca juga Promo FundFest 11.11 Emas Treasury di Bareksa Berhadiah Reksadana Rp50 Ribu

(Hanum Kusuma Dewi)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.339,12

Up0,62%
Up3,63%
Up0,04%
Up4,66%
Up18,49%
-

Capital Fixed Income Fund

1.795,32

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,99%
Up16,47%
Up40,79%

I-Hajj Syariah Fund

4.878,6

Up0,60%
Up3,21%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,02%
Up40,70%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.049,17

Up0,55%
Up3,54%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra Tunai Likuid Syariah

1.147,46

Up0,29%
Up2,59%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,21%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua