Jangan Telat Beli! Inflasi AS Melandai Buat Harga Emas Melompat Tinggi

Harga emas diperkirakan akan terus naik hingga menembus level psikologi US$ 1.800 per troy ounce
Abdul Malik • 11 Nov 2022
cover

Ilustrasi harga emas yang melompat tinggi, menyusul rilis angka inflasi AS yang melandai. (Shutterstock)

Bareksa.com - Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS) pada Kamis waktu setempat (10/11/2022), mengumumkan indeks harga konsumen (IHK) Negara Paman Sam naik 7,7% pada Oktober 2022 secara tahunan (YOY). Laju inflasi itu lebih rendah dari September 2022 yang mencapai 8,2% YOY. 

Angka inflasi AS Oktober juga lebih rendah dari ekspektasi pasar 8%. Adapun inflasi inti AS naik 6,3% secara tahunan. Secara bulanan, inflasi AS Oktober 2022 tumbuh 0,4%, sesuai dengan ekspektasi pasar.

Menyusul rilis inflasi AS, harga emas langsung melompat 2,84% ke level US$1.754,86 per troy ounce pada penutupan perdagangan Kamis (10/11/2022). Dilansir CNBC Indonesia, harga emas di pasar spot pada Jumat (11/11/2022) pukul 06.31 WIB di level 1.753,23 per troy ounce. Kendati sedikit melemah dibandingkan Kamis, namun level harga emas tersebut merupakan level tertinggi sejak 25 Agustus 2022 atau 2,5 bulan terakhir. 

Performa gemilang emas dalam sepekan terakhir terbilang luar biasa. Sejak Jumat pekan lalu, atau dalam sepekan, harga emas sudah melonjak 4,34% secara point to point. Dalam sebulan, harga emas juga melesat 5,3% sementara dalam setahun masih anjlok 5,8%. Sejak Jumat pekan lalu, emas sudah pernah menguat tajam tiga kali yakni 3,13% pada Jumat pekan lalu, kemudian melesat 2,26% pada Selasa dan 2,84% pada Kamis pekan ini.

Melesatnya harga emas tidak bisa dilepaskan dari kabar baik inflasi AS. Sebab, melandainya inflasi Negara Paman Sam semakin menguatkan harapan jika Bank Sentral AS The Federal Reserve (The Fed) akan melonggarkan kebijakannya.  Terlebih, tingkat pengangguran AS juga naik ke 3,7% pada Oktober.

"Saat inflasi melandai tentu saja ada harapan The Fed akan melonggarkan kebijakan. Tekanan terhadap emas yang sangat berat dalam beberapa bulan terakhir pun mengendur. Emas kini siap merangkak naik," tutur David Meger, analis High Ridge Futures, dilansir Reuters.

Senada, analis OANDA, Edward Moya, juga memperkirakan "masa gelap" emas mungkin berakhir dengan melandainya inflasi AS. Harga emas diperkirakan akan terus naik hingga menembus level psikologi US$ 1.800 per troy ounce.

"Pelaku pasar kini percaya diri jika The Fed akan melonggarkan kebijakan dan kebijakan ketat akan berakhir pada Maret tahun depan. Kondisi ini memberi jalan bagi emas untuk terus menguat," tutur Moya.

Harga Emas Dalam Negeri

Senada dengan harga emas dunia, harga emas dalam negeri juga melesat tinggi. Harga beli emas Pegadaian di fitur Bareksa Emas hari ini, Jumat (11/11/2022) melesat jadi Rp912.000 per gram, dibandingkan Kamis di Rp896.000 per gram, atau naik Rp16.000 per gram. 

Tidak berbeda harga beli emas Treasury hari ini, Jumat juga naik jadi Rp904.089 per gram, atau meningkat Rp12.841 per gram dibandingkan Kamis Rp891.248 per gram. 

Seiring poten tren naiknya harga emas, Smart Investor jangan sampai telat beli ya!

Tabungan Emas di Bareksa Emas

Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, selain dengan Pegadaian, Bareksa bekerja sama dengan Indogold dan Treasury. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online. 

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas, berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. 

Tertarik untuk investasi emas di Bareksa? Biar dapat cuan banyak dari investasi emas, untuk Kamu investor emas pemula, ada baiknya memastikan bahwa instrumen investasi ini cocok dengan profil risiko Kamu dan sebaiknya untuk jangka panjang.

Segera wujudkan investasi emas dan terlebih harga emas saat ini yang sedang turun dan semakin murah, namun juga memiliki potensi melesat tahun depan. 

Lihat juga : Permintaan Emas Terus Naik, Peluang Cuan Investasi Logam Mulia?

Promo Investasi Emas

Saat ini Bareksa dan Treasury sedang menggelar promo investasi emas bertajuk Promo 11.11 FundFest Bareksa Emas Treasury berhadiah menarik untuk investor baru maupun investor setia. 

Tersedia hadiah 200 voucher reksadana senilai Rp50.000 untuk investor baru dan 200 voucher reksadana untuk investor pembeli tercepat. Catat minimal pembelian dan kode promonya berikut ini : 

Kode Promo : 1STREASURE

  • Hadiah 200 voucher reksadana @ Rp50.000

  • Untuk investor transaksi pertama

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp500.000

Kode Promo : FASTREASURE

  • Hadiah 200 voucher reksadana @ Rp50.000

  • Untuk investor tercepat

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp750.000

Simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini

Syarat dan Ketentuan Promo FundFest 11.11 Emas Treasury Bareksa

1. Periode promo  1 - 30 November 2022
2. Berlaku KHUSUS untuk pembelian Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo FASTREASURE atau 1STREASURE
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Nasabah dengan nominal pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah
5. Satu nasabah hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 21 Desember 2022 melalui sosial media Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang, jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Tertarik meraih dobel cuan dari investasi emas logam mulia sekaligus hadiah promonya? Segera cuss investasi logam mulia di Bareksa Emas.  

Simak juga : Hadapi Potensi Resesi Global 2023, Tabungan Emas Bisa Jadi Solusi

(AM)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.