Investasi Emas Retro atau Logam Mulia Certi untuk Hadapi Ancaman Resesi?

Satu hal yang perlu diingat bahwa investasi emas sebaiknya untuk jangka panjang
Hanum Kusuma Dewi • 17 Oct 2022
cover

Konsep investasi emas Antam Logam Mulia jenis Retro dan CertiEye dengan latar uang rupiah Rp100.000 dan kalkulator di Bandung, Indonesia (6/9/2021). (Ek Ing / Shutterstock.com)

Bareksa.com - Emas telah lama banyak direkomendasikan menjadi instrumen investasi termasuk jika ingin melakukan diversifikasi investasi. Bila ingin pegang aset logam mulia saat ada risiko penurunan ekonomi alias resesi global yang kabarnya seperti berpotensi terjadi pada 2023, sebaiknya memilih investasi emas seri lama atau baru yang juga dikenal sebagai Emas Retro dan Emas Certi

Melansir laman resmi Sahabat Pegadaian, emas tidak hanya dibedakan berdasarkan kadar emasnya tetapi seri atau tipe emas itu sendiri. Saat ini, emas batangan yang tersedia di pasaran dalam negeri terdiri dari dua tipe, yaitu emas tipe lama dan emas tipe baru, yang dikenal dengan istilah Emas Retro dan Emas Certi.

Emas Retro Vs. Emas Certi

Emas batangan atau Logam Mulia (LM), yang Retro merupakan sebutan untuk emas batangan atau logam mulia produksi Antam kemasan lama. Emas Antam retro ini masih menggunakan plastik mika tebal sebagai pembungkusnya.

Pada emas retro, sertifikat terpisah dengan keping emasnya. Emas ini bisa digenggam langsung karena kemasannya yang bisa dibuka tutup. Kemasan emas retro atau emas klasik ini terakhir kali diproduksi pada tahun 2018.

Sementara itu, emas Antam atau LM Certi merupakan sebutan untuk kemasan emas Antam masa kini alias emas yang terbaru. Kemasan baru ini disebut certicard, yang merupakan fitur keamanan pada kemasan emas dengan teknologi CertiEye.

Pada kemasan certicard, emas dan sertifikatnya sudah menyatu. Adapun untuk mengecek keaslian emasnya, bisa dengan memindai certicode atau kode sertifikasi melalui aplikasi.

Certicode terletak di bagian belakang kemasan dan mulai dicetak pada 2018 hingga sekarang dan telah mengalami beberapa kali perubahan penampilan. Kemasan baru emas ini juga disebut dengan kemasan press atau reinvented.

Selain bentuk dan kemasannya berbeda, harga jual dan beli pada kedua jenis emas ini juga berbeda. LM Certi memiliki harga jual yang sedikit lebih tinggi dibandingkan LM Retro.

Tipe Emas Perhiasan

Perlu juga diketahui bahwa penggolongan emas juga terjadi pada emas perhiasan yaitu emas tua dan emas muda. Tapi, walau disebut emas tua, bukan berarti emas yang sudah berumur tua. Emas tua adalah istilah masyarakat untuk emas yang memiliki kadar emas 70% lebih.

Emas tua merujuk pada warna emas yang akan semakin kuning dan pekat jika kadar emasnya tinggi. Emas dihitung berdasarkan satuan karatnya. Jadi, bila suatu emas memiliki kadar 24 karat, maka kandungan emasnya benar-benar 99,99% dan emas 18 karat yang biasa ditemui pada banyak perhiasan, berarti mengandung 75% emas murni dan 25% campuran bahan lain untuk mengeraskannya.

Sementara untuk emas yang memiliki kadar di bawah 50%, disebut dengan emas muda. Harga emas ini biasanya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga emas tua karena kadar emas yang jauh lebih sedikit yaitu berkisar 15%, 30%, 40%, dan 42%.

Baca juga Cara Hitung Kadar Kemurnian Emas dengan Karat, Logam Mulia Ini Cocok untuk Investasi


Investasi Emas
 di Bareksa Emas

Bagaimana, jadi mau pilih emas dengan tipe apa? Pada dasarnya, gold is gold. Selama itu emas sebenarnya tidak masalah dan jadikan emas bagian aset kamu dalam melakukan diversifikasi investasi. Catatan tambahan lainnya, perlu diingat kembali bahwa sebaiknya investasi emas untuk rencana jangka panjang, setidaknya 3 tahun atau 5 tahun lebih.

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Dengan demikian, kamu bisa melakukan investasi emas dari dan kapan saja karena transaksi dilakukan secara online.

Bareksa Emas menyambut mitra terbaru, yaitu Treasury sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online

Emas Treasury menawarkan harga yang kompetitif, mudah dan aman. Treasury telah berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. 

Smart Investor Bareksa bisa mulai berinvestasi Emas Treasury mulai dari nominal Rp50.000. Harga Emas Treasury lebih kompetitif, dengan update harga dua kali sehari. Selain itu, transaksi emas Treasury bisa mencapai hingga 10 kilogram per hari. 

Agar Smart Investor makin semangat investasi emas logam muliaBareksa dan Treasury juga menawarkan Promo Launching Bareksa Emas - Treasury berhadiah Emas Treasury senilai Rp50.000 untuk 500 orang pemenang. 

Caranya mudah, investor hanya perlu membeli Emas Treasury senilai minimal Rp500.000 dengan kode promo NEWTREASURE. Simak syarat dan ketentuannya berikut ini :

Syarat dan Ketentuan Promo Launching Bareksa Emas - Treasury

1. Periode promo  21 September - 21 Oktober 2022
2. Berlaku khusus untuk pembelian Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo NEWTREASURE
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan pembelian tercepat berhak memenangkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 10 November 2022 melalui akun resmi media sosial Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Yuk investasi emas di Bareksa Emas, dapatkan cuan berlipat!

(Martina Priyanti)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin dari OJK.