Potensi Ketegangan China - AS Dorong Harga Emas Hari Ini Memanas, Saatnya Beli Logam Mulia?

Jika kebutuhannya untuk investasi jangka panjang, maka saat ini dinilai sebagai waktu tepat untuk mengoleksi emas
Abdul Malik • 05 Aug 2022
cover

Ilustrasi perempuan investor yang memborong emas batangan (logam mulia) dan membelinya di harga rendah atau murah, sehingga berpotensi meraih cuan di masa mendatang. (Shutterstock)

Bareksa.com - Harga emas hari ini baik di pasar global maupun dalam negeri kompak memanas. Harga logam mulia di dalam negeri hari ini bahkan naik signifikan. Saat ini waktu yang tepat untuk membeli emas sebagai instrumen investasi?

Penguatan harga emas di pasar global antara lain didorong kekhawatiran investor terkait ketegangan antara China dan Taiwan yang memanas. Selainn itu, David Meger dari High Ridge Futures mengatakan pelemahan imbal hasil (yield) Surat Utang Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan dolar AS juga semakin mendorong penguatan emas.

Pada perdagangan Jumat (4/8/2022) pukul 06.31 WIB, harga emas dunia di pasar spot berada di US$1.792,09 per troy ons. Harga emas menguat 0,06% sekaligus jadi yang tertinggi sejak 4 Juli 2022.

CNBC Indonesia mencatat dalam sepekan, harga emas menguat 1,52% secara point to point. Dalam sebulan, harga emas juga naik 1,57% tetapi dalam setahun masih turun 0,66%.

"Kita lihat ketegangan AS dan China menambah daya dorong bagi pergerakan emas. Emas terus menguat," tutur Meger, kepada Reuters.

Menguatnya harga emas di pasar global, turut serta mendorong naiknya harga emas di dalam negeri. Faktor pendorong naiknya harga emas di dalam negeri antara lain besaran permintaan emas di dalam negeri, nilai tukar rupiah terhadap dolar, serta positifnya data-data ekonomi makro Indonesia.

Melonjaknya harga emas di dalam negeri, antara lain nampak pada harga emas Pegadaian pada hari ini.

Harga Emas Pegadaian Hari Ini

Adapun harga beli emas Pegadaian di fitur Bareksa Emas hari ini, Jumat (5/8/2022) di level Rp917.000 per gram, atau melonjak Rp13.000 per gram dibandingkan Jumat pekan lalu, (29/7/2022).

Sumber: Bareksa

Sementara itu harga jual emas Pegadaian hari ini dipatok Rp880.000 per gram, atau naik Rp4.000 per gram dibandingkan harga jual pada Jumat pekan lalu, (29/7/2022).

Sumber: Bareksa

Nah, terkait adanya dua harga emas tersebut, Bareksa mengingatkan agar investor emas pemula sebaiknya juga perlu mengetahui bahwa sebagai instrumen investasi, emas memiliki dua macam harga yakni harga beli dan harga jual kembali (buyback).

Karena itu, agar bisa mendapatkan cuan atau keuntungan dari investasi emas sebaiknya untuk investasi jangka panjang, minimal 5 tahun.

Waktu Tepat Investasi Emas?

Jadi, apakah sekarang merupakan waktu paling tepat untuk berinvestasi emas? Business Development Manager ICDX, Dedi Prasetyo menyampaikan hal tersebut tergantung dari kebutuhan maupun tujuan investasinya.

"Jika kebutuhannya investasi untuk jangka panjang, maka saat ini sudah saat waktu tepat untuk mengoleksi emas," ungkapnya seperti dilansi CNBC Indonesia.

Sebaliknya, ia mengatakan jika kebutuhannya untuk short-term investment, dengan kondisi ekonomi secara global maka menurutnya lebih baik wait and see.

Beli Emas di Bareksa

Anda tertarik berinvestasi emas? Beli emas sekarang semakin mudah karena sudah tersedia secara online di dalam super app investasi Bareksa. Dalam fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan mitra pengelola emas yang sudah berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Pegadaian. Emas yang tersedia di Bareksa Emas memiliki fisik berupa emas batangan atau emas Antam dengan fasilitas titipan. 

Agar Smart Investor makin semangat berinvestasi emas, Bareksa dan Pegadaian mengadakan Promo Gold Get Gold. Dengan membeli emas logam mulia senilai minimal Rp500.000, Smart Investor berkesempatan meraih Tabungan Emas senilai hingga Rp5 juta. 

Untuk berpartisipasi dalam promo ini, saat transaksi di Bareksa Emas, gunakan kode promo GETGOLD

Simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini. 

Syarat dan Ketentuan Promo Gold Get Gold

1. Periode promo 3 Agustus - 22 Agustus 2022

2. Berlaku khusus untuk pembelian Bareksa Emas Pegadaian dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo GETGOLD

3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

4. Nasabah dengan pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah

5. Satu nasabah hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia

6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 13 September 2022 melalui sosial media Bareksa dan email. 

7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan

8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa

10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi.

Ayo investasi emas di Bareksa Emas, dan raih hadiahnya!

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.