BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

5 Tips Investasi Emas Secara Online Agar Aman dan Cuan

Abdul Malik27 Juli 2022
Tags:
5 Tips Investasi Emas Secara Online Agar Aman dan Cuan
Ilustrasi investasi emas batangan logam mulia di dalam laci brankas penyimpanan untuk transaksi jual beli emas online dengan fasilitas titipan.

Biar cuan sebaiknya jual emas ketika harga sedang sangat tinggi dan waktu beli terbaik adalah ketika harganya sedang menurun

Bareksa.com - Emas telah lama dipercaya menjadi salah satu instrumen investasi yang aman sekaligus menguntungkan alias mendatangkan cuan. Selain dipercaya kebal terhadap inflasi, antara lain emas juga memiliki kekuatan sebagai lindung nilai aset.

Berkat perkembangan teknologi, pamor emas sebagai instrumen investasi dalam beberapa tahun terakhir makin mencorong. Investasi emas secara online, jadi salah satu cara berinvestasi yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun dan dari manapun.

Apakah Anda sudah investasi emas? Jika belum, ada baiknya simak 5 tips investasi emas secara online khususnya bagi investor emas pemula. Melansir laman Sahabat Pegadaian, berikut tips investasi emas online agar aman sekaligus bisa dapatkan cuan :

Promo Terbaru di Bareksa

1. Tentukan Tujuan Investasi Emas

Hal pertama yang perlu Kamu lakukan adalah menentukan tujuan investasi emas. Misalnya untuk modal usaha, membeli properti, menunaikan ibadah haji atau umrah, atau membeli kendaraan.

Apapun tujuan yang ingin dicapai, tetap perlu diingat bahwa emas yang dibeli harus sesuai dengan kemampuan. Jadi, jangan pernah berpikiran bahwa kamu harus membeli emas dengan nilai gram yang besar. Sebaliknya, kamu bisa menggantinya dengan mulai berinvestasi emas gram kecil.

2. Pantau Harga Emas

Semua benda yang memiliki nilai jual pasti cenderung fluktuatif, bisa naik, atau justru bisa turun harganya. Untuk itu, kamu bisa terus melakukan pengecekan dan memantau harga emas setiap saat.

Pemantauan harga emas adalah kunci untuk kamu bisa melakukan transaksi. Jadi, kamu bisa memutuskan kapan membeli emas untuk tambahan koleksi, atau justru menjualnya kepada pihak lain. Waktu jual yang tepat adalah ketika harga emas sedang sangat tinggi, sementara waktu beli terbaik adalah ketika harganya sedang menurun.

3. Beli dan Bertransaksi di Tempat yang Aman dan Tepercaya

Memiliki investasi berharga seperti emas pasti sangat berisiko, terlebih jika melakukan penyimpanan sendiri. Itulah mengapa kini investasi emas online sedang digandrungi. Tapi, bukan berarti kamu akan terbebas dari tindak kriminal, karena penipuan berkedok investasi online pun kian waktu kian marak terjadi.

Jadi, lakukan pembelian dan transaksi investasi emas di tempat yang aman dan tepercaya.

4. Kenali Jenis Investasi Emas Online yang akan Dipilih

Berinvestasi emas bisa dilakukan dalam berbagai tipe. Emas batangan, koin emas, dan perhiasan adalah tiga jenis investasi emas secara fisik, alias memiliki barang dan menyimpannya secara mandiri.

Sementara itu, investasi emas yang dilakukan dalam bentuk online bisa berupa menabung emas, jual beli emas, hingga konsinyasi emas. Semua jenis investasi tersebut pasti ada untung ruginya, kelebihan dan kekurangannya. Makanya, pastikan kamu mengenali dengan baik jenis investasi yang akan kamu pilih sebelum benar-benar melakukan investasi.

5. Kenali Tempat Investasi

Melakukan investasi secara online memang disinyalir lebih aman dibandingkan menyimpan logam muliatersebut dalam bentuk fisik di rumah. Hanya saja investasi secara online, perlu diwaspadai perusahaan yang dipilih untuk tempat berinvestasi.

Alasannya, jika perusahaan tersebut gulung tikar, bisa kesulitan untuk menarik investasi yang sudah dilakukan. Meski sangat jarang terjadi, tetap saja perlu berhati-hati dalam memilih tempat investasi.

Bareksa Emas

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, emas makin mudah dibeli pun dijual. Investasi emas bisa dimulai dari 0,01 gram dan tanpa perlu datang ke toko emas seperti yang dilakukan beberapa tahun lalu jika ingin membeli emas.

Selain itu, kini tidak perlu harus memiliki uang banyak untuk bisa investasi emas. Berinvestasi emas bisa dilakukan di Bareksa melalui fitur Bareksa Emas, dengan minimal investasinya hanya Rp50.000.

Berinvestasi emas bisa dilakukan oleh semua investor. Hanya saja, bagi investor pemula ada baiknya mengetahui bahwa instrumen investasi ini bisa dilihat hasilnya untuk investasi jangka panjang, minimal 5 tahun.

Selain itu, perlu mengetahui bahwa ada dua macam harga emas batangan. Yakni harga beli emas dan harga jual kembali (buyback) emas.

Untuk smart investor, ada hadiah voucher reksadana kalau beli emas di Bareksa Emas.

Tersedia voucher reksadana senilai Rp50.000 untuk pembelian emas di Bareksa Emas senilai minimal Rp500.000 dengan pembayaran apapun (all payment) selama periode promo 27 Juli - 14 Agustus 2022 dengan menggunakan kode promo GEMASJULI02.

Simak syarat dan ketentuannya berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Promo Gajian Emas Juli 2022

  1. Periode promo 27 Juli - 14 Agustus 2022

  2. Berlaku untuk pembelian Bareksa Emas minimal Rp500.000 dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo GEMASJULI02

  3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

  4. Nasabah dengan pembelian tercepat berhak memenangkan hadiah

  5. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 1 September 2022 melalui sosial media Bareksa dan email.

  6. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan

  7. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

  8. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa

  9. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi.

Ayo investasi logam mulia di Bareksa Emas dan raih hadiahnya.

Baca juga Harga Emas Diprediksi Bisa Reli Bersama Dolar AS Akibat Sentimen Ini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.




Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.330,84

Up0,38%
Up3,77%
Up0,04%
Up4,57%
Up18,78%
-

Capital Fixed Income Fund

1.784,99

Up0,56%
Up3,37%
Up0,03%
Up6,90%
Up17,11%
Up42,50%

I-Hajj Syariah Fund

4.849,34

Up0,58%
Up3,16%
Up0,03%
Up6,14%
Up21,95%
Up40,60%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.144,14

Up0,34%
Up2,74%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,32%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.043,45

Up0,53%
Up3,65%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua