BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Ketegangan Politik di Eropa Timur Buat Emas Makin Berkilau

Abdul Malik08 Februari 2022
Tags:
Ketegangan Politik di Eropa Timur Buat Emas Makin Berkilau
Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia. (Shutterstock)

Harga emas mengalami kenaikan setelah sempat mengalami koreksi tipis

Bareksa.com - Indonesia Derivative and Commodity Exchange (ICDX) menilai, ketegangan di Eropa Timur bisa menjadi penentu pergerakan harga emas ke depannya. Ketegangan tersebut bisa mendorong lebih banyak investor untuk berburu emas.

Menurut ICDX, harga emas bergerak naik ke level US$1807,49 per troy ons. Harga emas mengalami kenaikan setelah sempat mengalami koreksi tipis.

Ketegangan yang masih berlangsung di Ukraina menjadi sentimen penguat harga emas. Sebelumnya Rusia dikabarkan telah menyiagakan ratusan ribu prajurit di perbatasan Ukraina. Sementara Amerika Serikat juga disebut telah mengirimkan pasukan ke Eropa Timur.

Promo Terbaru di Bareksa

"Kondisi ini mengakibatkan ketidakpastian ekonomi semakin meningkat. Ketidakpastian situasi ini yang mendorong permintaan pada emas," tulis ICDX dalam risetnya, Senin (7/2).

Menurut ICDX, harga emas kembali naik setelah sempat mengalami koreksi tipis. Ketegangan di kawasan Eropa Timur meningkatkan kekhawatiran sehingga mendorong permintaan terhadap emas.

Rusia dikabarkan masih bersiaga di perbatasan Ukraina sementara Amerika Serikat dan NATO juga disebut mengirimkan pasukan ke kawasan tersebut. Kekhawatiran akan terjadinya perang membuat investor memburu emas yang dianggap sebagai aset aman. Kenaikan permintaan emas ini yang mendorong harga emas untuk naik.

Adapun harga emas diproyeksi bisa bergerak ke level support US$1.797 dan resistance terdekat berada di areal US$1.823. Support terjauhnya berada di area US$1.782 hingga ke area US$1.768, sementara untuk resistance terjauh berada di area US$1.828 hingga ke area US$1.845.

Sejarah Emas

Emas dahulunya adalah simbol kekayaan dari sebuah kerajaan. Sejak ribuan tahun lalu sebelum masehi, emas sudah menjadi bahan yang melambangkan keagungan dan kejayaan sekaligus kemakmuran.

Hiasan tahta emasselalu menjadi bagian dari ornamen sebuah perangkat raja-raja dan bahkan digunakan dalam salah satu bangunan penggalan zaman dahulu.

Hingga kini emas menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak diminati. Itulah mengapa emas pantas dikatakan logam mulia karena emas selalu berharga dan tak pernah kehilangan nilainya.

Emas dipercaya berfungsi sebagai alat pelindung nilaiyang mampu menahan laju inflasi. Bahkan ketika terjadi gejolak ekonomi seperti dampak dari pandemi dua tahun terakhir ini, emas dapat menjadi salah satu penolongmu di tengah kekhawatiran ekonomi global yang tidak menentu.

Setidaknya ada empat hal yang menjadi keuntungan dari berinvestasi emas, yaitu nilainya terjaga karena mengikuti pergerakan inflasi. Kemudian, emas memiliki tingkat likuiditas yang tinggi sehingga mudah dicairkan saat darurat.

Selain itu, emas juga sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Pemilik juga memiliki kuasa penuh atas kepemilikan emas tersebut, sehingga kamu bebas untuk menjualnya kembali, menggadaikan, ataupun mewariskannya kepada keluarga.

(K09/AM)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas logam mulia yang diawasi OJK?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua