BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Pilih Investasi Emas Antam atau UBS? Semua Tersedia di Bareksa

Hanum Kusuma Dewi02 Februari 2022
Tags:
Pilih Investasi Emas Antam atau UBS? Semua Tersedia di Bareksa
Petugas menunjukkan emas batangan yang dijual di Butik Emas Antam, Jakarta. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Emas Antam dan UBS, sama-sama berkadar 99,99 persen dan tersedia online di Bareksa Emas

Bareksa.com -Emas sejak lama menjadi salah satu investasi favorit masyarakat dari berbagai kalangan. Ada sejumlah alasan emas khususnya emas batangan atau logam mulia, banyak diminati.

Alasannya antara lain emas dianggap tahan terhadap inflasi sehingga pergerakan harganya, khususnya harga jual kembali (buyback) relatif stabil dibandingkan instrumen investasi lain. Selain itu, emas termasuk aset likuid dan investasi emas juga cukup mudah dilakukan oleh siapa saja.

Baca juga Ramalan Keuangan Menurut Shio Imlek Tahun Macan 2022, Ini Produk Investasi yang Cocok

Promo Terbaru di Bareksa

Saat ini, terdapat dua merek emas batangan (logam mulia) yang tersedia di pasar Indonesia dan digunakan sebagai investasi emas, yakni emas batangan keluaran Antam dan UBS. Kalau Anda, akan pilih investasi emas Antam atau emas UBS atau justru keduanya saja?

Berikut perbedaan sekaligus persamaan dari sejumlah sisi, antara emas Antam dan emas UBS yang Bareksa lansir dari pelbagai sumber, yakni:

1. Produsen Emas

Logam mulia Antam merupakan emas yang diproduksi oleh PT Antam Tbk, yang sebelumnya merupakan sebuah perusahaan BUMN sebelum kemudian sahamnya dialihkan dan digabungkan dalam sebuah holding BUMN tambang, sehingga menjadi anak perusahaan PT Inalum.

Sementara emas UBS, merupakan emas batangan yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera, yang merupakan perusahaan swasta pembuat berbagai perhiasan emas sejak 1981 di Surabaya. Tidak hanya emas, PT Untung Bersama Sejahtera juga memiliki brand perhiasan Venus dan Starshine.

2. Ukuran Emas

Produk emas batangan yang dikeluarkan Antam terdiri dari dari berbagai ukuran yakni mulai dari ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan yang paling berat hingga 1.000 gram atau 1 kilogram.

Di sisi lain ukuran emas batangan yang diproduksi UBS antara lain ukuran 0,1 gram, 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

3. Sertifikat

Emas Antam keluaran terbaru memiliki sertifikat yang menyatu dengan kemasannya (terlaminating) dengan beberapa standar keamanan. Untuk memeriksa keasliannya, Anda dapat memindai QR code yang terdapat di kemasan emas Antam dengan aplikasi certieye yang dapat diunduh di Google Play maupun Apps Store.

Emas Antam juga sudah bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) sehingga lebih mudah dijual di pasar di negara manapun. Meski demikian, saat ini juga masih tersedia emas Antam dengan versi kemasan lama di pasaran atau disebut juga retro, yang sertifikatnya terpisah dan masih berupa kertas dengan ultraviolet feature.

Adapun emas UBS, memiliki sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh PT UBS. Untuk pecahan emas paling kecil sampai dengan 0,1 gram, sertifikatnya berbentuk kertas yang terlaminasi dengan emas di dalamnya yang menyerupai bentuk SIM card dengan branding beberapa karakter kartun lucu.

Sementara untuk emas UBS pecahan di atas 5 gram keluaran lama, UBS mengeluarkan sertifikat berbentuk plastik berhologram yang terpisah dengan emasnya. Sertifikat ini bisa dikeluarkan dari kemasan plastik sehingga emas batangan bisa dipegang secara langsung.

Baca juga Bagaimana Cara Lapor Investasi Emas dalam SPT Tahunan Pajak?

4. Pembelian Emas

Emas Antam bisa dibeli secara langsung di Unit Bisnis Antam seperti yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Butik Emas Antam di mall, toko emas maupun penyedia layanan pembelian emas Antam seperti Pegadaian dan juga marketplace seperti Bareksa dengan fitur Bareksa Emas.

Di sisi lain UBS juga memiliki pusat penjualan khusus dan biasanya UBS juga membuka stan periodik di pusat perbelanjaan. Selain itu, emas UBS juga tersedia toko emas maupun penyedia layanan pembelian emas UBS dan marketplace seperti Bareksa dengan fitur Bareksa Emas.

5. Dimensi Emas

Dilihat dari segi ukuran, emas batangan Antam relatif lebih kecil dan tebal jika dibandingkan dengan emas UBS yang memiliki dimensi lebih lebar. Meski demikian, emas produksi Antam dan UBS memiliki kesamaan, yakni memiliki kadar emas 99,99 persen.

6. Market Emas

Investasi emas Antam dan UBS yang telah tersedia di toko emas seluruh Indonesia dan juga tersedia di marketplace online seperti Bareksa Emas, bisa dilakukan oleh siapapun termasuk investor pemula sekalipun.

7. Harga Emas

Naik turunnya harga emas batangan Antam maupun UBS dapat dilihat di website resmi penjualan kedua perusahaan maupun marketplace online seperti Bareksa Emas.

Itulah tadi penjelasan mengenai persamaan dan perbedaan emas Antam dan emas UBS. Apapun pilihan Anda, pastikan kembali bahwa emas merupakan instrumen investasi yang cocok dengan profil risiko Anda ya.

Baca juga Gajian Investasi Emas di Bareksa, Raih OVO Points Rp50 Ribu

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas logam mulia yang diawasi OJK?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.339,27

Up0,63%
Up3,63%
Up0,04%
Up4,68%
Up18,41%
-

Capital Fixed Income Fund

1.794,99

Up0,56%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,43%
Up40,35%

I-Hajj Syariah Fund

4.877,69

Up0,58%
Up3,21%
Up0,04%
Up6,16%
Up22,01%
Up40,70%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.048,98

Up0,53%
Up3,56%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra Tunai Likuid Syariah

1.147,33

Up0,28%
Up2,59%
Up0,03%
Up4,95%
Up14,21%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua