BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

2022, Investor Tetap Pertahankan Emas untuk Diversifikasi

Bareksa28 Desember 2021
Tags:
2022, Investor Tetap Pertahankan Emas untuk Diversifikasi
Ilustrasi investasi emas logam mulia dalam portofolio investor di atas kertas yang menggambarkan grafik kinerja investasi saham reksadana obligasi. (shutterstock)

Diversifikasi investasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai modal

Bareksa.com - Tahun 2022 segera datang. Apakah kamu sudah membuat perencanaan investasi di instrumen apa saja tahun depan? "Don’t put all your eggs in one basket", alias jangan meletakkan seluruh telur dalam satu keranjang. Demikian pepatah yang mengingatkan pentingnya keragaman dalam berinvestasi.

Karena itu, mumpung masih bisa merancang rencana investasi di 2022, sebaiknya kamu sekaligus membuat apa saja daftar diversifikasi produk investasinya. Keragaman dalam investasi pada dasarnya untuk mengurangi risiko kerugian. Selain itu, diversifikasi investasi juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai modal yang Anda investasikan.

Dengan kata lain, diversifikasi investasi adalah penganekaragaman jenis produk investasi yang dilakukan oleh investor untuk menyeimbangkan potensi keuntungan dan tingkat risiko kerugian.

Promo Terbaru di Bareksa

Vasu Menon, Senior Investment Strategist OCBC Bank dalam Monthly Outlook Desember 2021 by OCBC NISP Wealth Panel, menyampaikan prospek untuk imbal hasil riil Amerika Serikat yang lebih tinggi dan greenback yang lebih kuat kemungkinan akan membebani emas pada tahun 2022.

"Investor akan mempertahankan eksposur terhadap emas untuk diversifikasi,” kata Vasu Menon.

Menurutnya alokasi emas bisa cenderung lebih kecil dari sebelumnya. "Kami mengharapkan The Fed untuk menjaga kredibilitas dalam kesediaan dan kemampuan untuk menghindari inflasi yang lebih tinggi," lanjutnya.

Dia mengatakan hal tersebut membatasi daya pikat emas sebagai lindung nilai inflasi. Namun, harga emas bisa bertahan lebih tinggi dan lebih lama, jika pembuat kebijakan moneter diminta untuk mengambil sikap lebih hati-hati terhadap pengetatan.

"Ini bisa terjadi jika varian Omicron terbukti menjadi tantangan material bagi pemulihan global," kata dia.]

Baca : Kolaborasi PT Pegadaian - Bareksa, Hadirkan Tabungan Emas Online untuk Investasi Terintegrasi

Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa

Ingin mulai investasi emas atau ingin diversifikasi investasi dengan berinvestasi logam mulia atau emas batangan? Jika tidak ingin repot membelinya, maka kamu bisa memanfaatkan fitur jual beli emas online kini sudah tersedia di Bareksa Emas.

Dalam fitur BareksaEmas, Bareksa telah bermitra dengan Indogold dan Pegadaian, yang merupakan penyedia emas fisik dengan layanan gadai emas sesuai izin OJK.

Emas yang dibeli investor di Bareksa Emas, ada fisiknya dan disimpan di brankas aman, yang bisa dijual atau diambil fisiknya bila diperlukan.

Emas yang diperjualbelikan Bareksa melalui fitur BareksaEmas adalah logam mulia dengan kadar 99,99 persen yang diproduksi oleh ANTAM dan UBS. Emas batangan produksi ANTAM dan UBS sudah sering dijadikan alat investasi sehingga tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

Investasi emas di BareksaEmas bisa mulai dengan nominal Rp50 ribu atau ukuran minimal 0,1 gram.

Baca : Daftar Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa Kenapa Perlu Verifikasi Tambahan?

Promo Investasi Emas untuk Donasi

Bareksa dan Pegadaian mengadakan program promosi untuk 500 transaksi tercepat untuk pembelian pertama Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa dengan nilai minimum Rp500.000 berkesempatan meraih hadiah voucher emas Rp50.000.

BareksaEmas juga menjadi salah satu produk investasi utama untuk menunjang sinergi Bareksa - Grab - OVO dalam program #ThREEforGood, yang akan memberikan donasi kepada 30.912 anak yatim piatu korban Covid-19 melalui platform crowdfunding BenihBaik pimpinan Andy F. Noya.

Untuk setiap transaksi pembelian emas Pegadaian menggunakan OVO di BareksaEmas, maka Bareksa - Grab - OVO akan menyumbangkan 0,5 persen dari nilai transaksi, tanpa mengurangi nilai investasi nasabah.

Di samping itu, nasabah juga berkesempatan mendapatkan total hadiah senilai Rp500 juta dalam bentuk voucher GrabFood hingga Rp100.000 dan OVO Points hingga Rp100.000 untuk setiap pembelian produk BareksaEmas di aplikasi Bareksa menggunakan metode pembayaran OVO minimal Rp1 juta dan memasukkan kode promo.

(Martina Priyanti/AM)

Baca : Daftar Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa Kenapa Perlu Verifikasi Tambahan?

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,83

Up0,43%
Up3,55%
Up0,02%
Up5,95%
Up19,11%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,51

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,20%
Up17,66%
Up42,85%

STAR Stable Income Fund

1.915,47

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,23%
Up30,99%
Up60,26%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.758,34

Down- 0,10%
Up3,14%
Up0,01%
Up4,70%
Up19,30%
Up47,85%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,12

Up0,08%
Up2,01%
Up0,02%
Up2,91%
Down- 1,48%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua