BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Bareksa Umumkan Pencapaian 1,1 Juta Akun Nasabah dan Uji-Beta Robo Advisor

Bareksa18 Agustus 2020
Tags:
Bareksa Umumkan Pencapaian 1,1 Juta Akun Nasabah dan Uji-Beta Robo Advisor
Bareksa LevelUp

Platform e-investasi terbesar di Indonesia ini juga merilis logo baru, fitur dan interface baru di aplikasinya

Bareksa.com - Bareksa mengumumkan saat ini sudah lebih dari 1,1 juta akun investor terdaftar di platform yang merupakan pionir e-investasi di Indonesia. Capaian ini diumumkan Co-founder/CEO BareksaKaraniya Dharmasaputra pada acara BareksaLevelUp #MerdekaFinansial di Jakarta, persis di Hari Kemerdekaan RI ke-75.

Di acara ini, Bareksa merilis logo baru, fitur dan desain UI/UX baru di aplikasi Android maupun iOS, dan kantor baru di area Kemang, Jakarta Selatan. Sekarang, nasabah Bareksa bisa berinvestasi reksadana, Surat Berharga Negara (SBN), emas, dan tabungan reksadana Syariah untuk Umrah. Selain itu, Bareksa mengumumkan uji-beta (beta testing) BATARA (BAreksa TActical Robo Advisor) bagi 1.000 nasabah yang mendaftar pertama.

“Acara virtual ini sengaja kami adakan persis di Hari Kemerdekaan RI ke-75 dengan tagar #MerdekaFinansial; karena kami bangga telah menjadi bagian dari transformasi dunia keuangan nasional. Dengan memanfaatkan kekuatan tekfin, Bareksa akan terus mendorong demokratisasi dunia keuangan kita supaya tidak lagi hanya dinikmati oleh segelintir orang, tapi membawa manfaat bagi masyarakat luas, dan memerdekakan secara finansial,” kata Karaniya di acara BareksaLevelUp yang digelar di kantor baru Bareksa.

Promo Terbaru di Bareksa

“Kami berterima kasih atas dukungan OJK dan kepercayaan nasabah, sehingga Bareksa saat ini telah tumbuh menjadi platform e-investasi yang bukan hanya digunakan oleh para investor pemula, tapi juga oleh banyak investor berpengalaman, high net worth (HNW) dan bahkan institusi/korporasi. Total, sudah lebih dari Rp8 triliun dana masyarakat yang diinvestasikan melalui Bareksa,” Karaniya menambahkan.

Sejak mendapat lisensi resmi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bareksa terus mencatat pertumbuhan signifikan. Yang menarik, di tengah wabah Covid-19 yang memukul ekonomi global, sepanjang tahun berjalan jumlah investor Bareksa melonjak 57 persen.

Per akhir Juli 2020, total akun investor Bareksa mencapai 1,1 juta di mana jumlah SID (Single Investor Identity) Bareksa melesat 590 persen dibanding April 2018. Pertumbuhan ini jauh lebih tinggi dibanding pertumbuhan investor di seluruh industri reksa dana sebesar 490 persen. Pada periode yang sama, dana masyarakat yang telah diinvestasikan di platform Bareksa pun melonjak hampir delapan kali lipat menjadi Rp8 triliun. Sementara itu dana kelolaan (Asset Under Management, AUM) Bareksa menanjak empat kali lipat sementara AUM keseluruhan industri reksa dana merosot -1 persen bila dibandingkan sejak April 2018.

Illustration

Sumber: KSEI & OJK, diolah Bareksa

Di samping itu, Bareksa merupakan satu dari tiga perusahaan fintech pertama yang diberi mandat oleh Kementerian Keuangan RI menjadi mitra distribusi Surat Berharga Negara ritel secara online sejak 2018. Atas kontribusinya mendemokratisasi pasar SBN, Bareksa telah mendapatkan penghargaan dari Kemenkeu sebagai Mitra Distribusi SBN Syariah Terbaik 2019 Kategori Non-bank. Hasil evaluasi Kemenkeu pada tahun 2019 juga memperlihatkan Bareksa berada di posisi nomor satu dari sisi jangkauan karena telah menjangkau investor SBN hingga 34 provinsi di Indonesia dan masuk jajaran top-4 mitra distribusi ritel terbaik bersama tiga bank papan atas.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Bareksa sebagai mitra distribusi SBN ritel yang ditunjang dengan marketplace investasi yang user-friendly dan mempermudah masyarakat untuk berinvestasi di SBN ritel, sehingga tujuan kami memperluas basis investor ritel domestik dan mencapai terwujudnya keuangan inklusif dapat tercapai,” kata Direktur Surat Utang Negara Kemenkeu RI, Deni Ridwan, dalam sambutannya di acara Bareksa LevelUp.

Uji-Beta Robo Advisor dan Logo Baru

Bareksa mengundang 1.000 nasabah untuk mendaftar dan memberikan masukan pada uji-Beta BATARA (BAreksa TActical Robo Advisor). BATARA adalah fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dikombinasikan dengan kebijakan manusia untuk memberikan pendampingan taktis bagi investor dalam mengatur portofolio dan taktik investasi mereka. Dengan BATARA, investor mendapatkan rekomendasi investasi berdasarkan kelas aset yang disesuaikan dengan profil risiko investor, termasuk situasi market dan ekonomi.

“Kami sedang terus berkonsultasi dengan OJK agar BATARA bisa menjadi robo advisor yang berkesuaian dengan regulasi, terpercaya, kredibel, jujur, transparan, dan tidak malah menjadi alat marketing,” Karaniya menjelaskan. “Untuk itu di tahap ini kami melakukan uji-Beta dahulu untuk menjaring masukan dari nasabah secara terbatas, sebelum nanti kami rilis untuk publik,” Karaniya menambahkan.

Selain itu, Bareksa meluncurkan logo baru; yang merupakan modernisasi dari ikon pohon dan daun yang selama ini menjadi identitas Bareksa. Masih bernuansa hijau, logo baru Bareksa menampilkan pohon dengan tiga helai daun mengarah ke atas yang merefleksikan tekad Bareksa untuk mendampingi nasabah untuk menumbuhkan kesejahteraan mereka melalui e-investasi.

Bareksa juga merombak tampilan interface pada website maupun aplikasi Android dan iOS. “Logo dan desain antar-muka yang baru ini diharapkan dapat membuat investor semakin nyaman untuk berinvestasi melalui perangkat mobile mereka,” Karaniya menjelaskan.

Hadiah Rp250 Juta

Bareksa LevelUp dimeriahkan dengan berbagai promo dengan total hadiah dan cashbacksenilai Rp250 juta. Berikut sejumlah promo yang termasuk dalam rangkaian Bareksa LevelUp.

-Upgrade Your Asset: untuk pembelian Bareksa Emas dengan nilai Rp2 juta, Rp5 juta dan Rp10 juta pada periode 3-21 Agustus 2020; berkesempatan mendapat hadiah voucher Bareksa Emas Rp50.000, Rp200.000 dan Rp500.000 untuk 240 pemenang.

-Upgrade Your Style: untuk pembelian reksadana apa saja di Bareksa minimal Rp5 juta dan membagikan pengalaman investasi selama 6 bulan di media sosial; berkesempatan mendapat hadiah iPhone 11 untuk 3 pemenang, voucher emas Rp2 juta untuk 10 pemenang, dan voucher emas Rp250.000 untuk 100 pemenang.

-Upgrade Your Life: tantangan bagi para Youtuber untuk menceritakan perubahan dalam gaya hidup mereka setelah berinvestasi di Bareksa. Hadiah bagi Juara-1 Rp15 juta, Juara-2 Rp10 juta dan Juara-3 Rp5 juta.

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua