BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Bakal Tersebar di Berbagai Kota, Ini Big Data yang Dikumpulkan OVO SmartCube

Bareksa17 Oktober 2019
Tags:
Bakal Tersebar di Berbagai Kota, Ini Big Data yang Dikumpulkan OVO SmartCube
Seorang pengguna sedang mencoba mengoperasikan mesin OVO SmartCube (dok. OVO)

Rencananya hingga 2021 akan ada sebanyak 1.000 mesin OVO SmartCube ditempatkan di berbagai lokasi dan kota

Bareksa.com - OVO, platform penyedia layanan pembayaran, rewards, dan layangan keuangan terbesar berencana menyiapkan hingga 1.000 mesin OVO SmartCube pada 2021 di berbagai lokasi dan kota. Ovo SmartCube merupakan mesin jual otomatis yang siap menyuguhkan pengalaman pembayaran non tunai terintegrasi.

Chief Data Officer OVO Vira Shanty menyatakan sampai akhir tahun ini akan ada 100 mesin. “Tahun depan kami akan menambah 500 mesin lagi dan di tahun 2021 bisa ada 1.000 mesin,” ujarnya di Jakarta (15/10/2019).

Vira menyatakan OVO SmartCube merupakan smart vending machine pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan real-time data analysis dengan menyuguhkan pengalaman digital interaktif, sehingga mampu menyesuaikan produk serta layanan dengan kebutuhan dan kebiasaan pengguna.

Promo Terbaru di Bareksa

"Setelah sukses dalam peluncuran tahap pertama di bulan Juli lalu, kami siap menjawab permintaan dari lebih banyak brand dan perusahaan, dengan menambah lebih banyak titik dan kota di Indonesia,” jelasnya.

Vira menambahkan kemampuan real-time data analysis dari OVO SmartCube dapat merekam secara lengkap tingkah laku dan demografi pelanggan yang bertransaksi di smart vending machine tersebut seperti halnya usia, jenis kelamin, lokasi, spending power, dan device yang mereka gunakan.

Selain itu, kemampuan data analitik OVO SmartCube juga mampu mengevaluasi preferensi konsumen dan menyediakan informasi secara instan dan akurat, misalnya mengenai waktu yang digunakan untuk belanja, maupun mengenai produk yang paling sering dibeli oleh pelanggan.

"Informasi yang dapat diakses oleh brand mitra dalam bentuk Insight dapat dimanfaatkan oleh brand mitra untuk memberikan penawaran-penawaran yang sesuai dengan target," ungkapnya.

Seperti apa big data yang akan dikumpulkan OVO SmartCube? Berikut ulasannya :

OVO, platform penyedia layanan pembayaran, rewards dan layanan keuangan terbesar di Indonesia, meluncurkan OVO SmartCube, sebuah terobosan baru dalam bentuk smart vending machine yang menghadirkan pengalaman terintegrasi terdepan bagi brand-brand terkemuka dan penggunanya.

OVO SmartCube merupakan smart vending machine pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan analisis data dengan menyuguhkan pengalaman digital interaktif sehingga mampu menyesuaikan produk serta layanan dengan kebutuhan dan kebiasaan pengguna.

Fakta OVO SmartCube

1. Kemajuan teknologi membuat pasar semakin terfragmentasi, yang artinya tidak ada pemain tertentu yang mendominasi industri. Hal ini mendorong brand untuk dapat memposisikan diri dari kacamata konsumen atau dengan kata lain melakukan pendekatan pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat konsumen (consumer centric). Konsumen kini memegang kendali penuh, karena itu penting bagi marketer untuk mengidentifikasi perjalanan interaksi konsumen terhadap brand mereka dan menjadikan konsumen sebagai prioritas.

2. Bagi banyak brand/marketer, data menjadi kunci utama dalam memahami interaksi atau perilaku konsumen, dan melalui data maka brand/marketer memiliki dasar yang akurat dalam setiap keputusan yang diambil dan mengarahkan cara mereka terlibat dengan pelanggan.

3. Beberapa data yang berhasil didapatkan OVO dari lapangan adalah:
a. 81 persen pelanggan menginginkan agar brand bisa memahami mereka dengan lebih baik, seperti halnya kapan waktu yang tepat untuk mendekati mereka.
b. Lebih dari 55 persen marketer menggabungkan data insight dan customers feedback untuk personalisasi konten.
c. 94 persen marketer berfokus pada kemampuan data analitik, teknologi personalisasi, dan profil pelanggan dalam memberikan pengalaman pelanggan yang sesuai dengan pribadi mereka.

4. Konsumen juga semakin pintar dan dapat memilih brand yang mereka ingin hubungi dan dekati.

5. Ekspektasi konsumen terhadap brand semakin tinggi dan diharapkan para brand bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan di semua channel.

6. OVO SmartCube merekam secara lengkap tingkah laku dan demografi pelanggan, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, spending power, lifestyle, device yang mereka gunakan, dan lainnya.

7. Dengan kemampuan teknologi analitik data yang canggih, OVO SmartCube akan memberikan kesempatan bagi brand untuk terhubung dengan pelanggan OVO melalui personalisasi, campaign, aktivitas online-offline, offline-online pemantauan secara real-time, dan analisis lebih dalam.

8. Beberapa inovasi fitur dari OVO SmartCube yang dapat dimanfaatkan oleh brand untuk mendekatkan diri dengan konsumennya, seperti :
a. Memberikan contoh produk (product sampling)
b. Penjualan (selling)
c. Survei
d. Pemasangan iklan (advertising)
e. Isi ulang (top-up)
f. Deals/ voucher

9. Kemampuan dari OVO SmartCube sendiri di antaranya adalah :
a. Untuk product sampling OVO SmartCube akan membantu untuk
? Menentukan demografis dan lifestyle yang memenuhi syarat untuk mendapatkan sampel produk
? Menentukan limit transaksi untuk setiap pelanggan
? Menyusun laporan mengenai informasi kampanye, detail transaksi, dan data pelanggan yang mengambil sampel

b. Untuk kegiatan survei pelanggan, OVO SmartCube akan membantu untuk
? Mengumpulkan masukan (review) dari pelanggan sebagai bahan riset dan perbaikan layanan pelanggan
? Mengatur aturan otomatisasi (automation rules): segera atau terjadwal
? Mengontrol demografi yang tepat untuk mengikuti promo Rp1
? Mengumpulkan hasil survei
? Untuk kegiatan penjualan produk

c. Untuk kegiatan penjualan, OVO SmartCube akan membantu untuk
? Menyusun kinerja penjualan
? Menyusun kinerja POI
? mengidentifikasi profil pelanggan
? Memetakan minat pelanggan terhadap produk

10. Sebagai channel yang memprioritaskan konsumen (customer centric), OVO SmartCube menjadi alat integrasi penjualan dari offline ke online demi memberikan kemudahan bagi para pelanggan, brands, dan juga OVO. Melalui integrasi ini, brand dapat mendorong strategi pemasaran baru sesuai segmentasi dan lokasi pelanggan. Di sisi lain, pelanggan juga bisa mendekatkan diri mereka terhadap brand via kegiatan personalized engagement dengan produk favorit mereka

11. Big data yang dihasilkan oleh OVO SmartCube dapat menunjukkan perilaku yang jelas berdasarkan pengumpulan data dari seluruh titik lokasi OVO SmartCube yang bermanfaat bagi OVO dan para mitra. Beberapa hasil big data tersebut, seperti:

a. Malls:
? Jam sibuk: sore menuju malam
? Hari sibuk: akhir pekan
? Rentang usia: beragam
? Gender: 48 persen laki-laki, 52 persen perempuan

b. Sekolah:
? Jam sibuk: siang menuju malam
? Hari sibuk: hari kerja (Senin – Jumat)
? Rentang usia: millennials muda
? Gender: 47 persen laki-laki, 53 persen perempuan

c. Perkantoran
? Jam sibuk: pagi menuju siang
? Hari sibuk: hari kerja (Senin – Jumat)
? Rentang usia: millennials lebih tua, first jobbers
? Gender: 61 persen laki-laki, 39 persen perempuan

(*)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.313,18

Up0,15%
Up3,81%
Up0,02%
Up5,82%
Up18,30%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,42

Up0,60%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,32%
Up17,24%
Up43,22%

STAR Stable Income Fund

1.917,41

Up0,56%
Up2,94%
Up0,02%
Up6,33%
Up30,71%
Up60,33%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.753

Down- 0,46%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,38%
Up18,76%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.035,73

Down- 0,22%
Up1,77%
Up0,01%
Up2,68%
Down- 2,15%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua