BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Tak Perlu Kekuatan Super Avengers Buat Bantu Negara, Cukup Modal Rp1 Juta

Bareksa08 Mei 2019
Tags:
Tak Perlu Kekuatan Super Avengers Buat Bantu Negara, Cukup Modal Rp1 Juta
Ilustrasi investor karyawan pria menggunakan jubah superhero pahlawan negara membawa laptop untuk investasi online surat berharga negara reksadana saham obligasi.

Dengan membeli ST004, masyarakat bisa membantu negara sekaligus mendapatkan untung segera

Bareksa.com - Pemerintah terus mendorong kontribusi masyarakat Indonesia untuk ikut membiayai pembangunan infrastruktur, termasuk di bidang pendidikan. Investor domestik terutama ritel atau perorangan, didorong berinvestasi di instrumen surat berharga yang diterbitkan negara seperti Sukuk Tabungan (ST) seri ST004 yang bisa dibeli secara online melalui Bareksa.

Penerbitan surat berharga negara (SBN) ini bermanfaat bagi negara untuk membantu membiayai anggaran dan mengurangi defisit. Menurut analisis Bareksa, penerbitan surat berharga negara ritel ini dapat mendorong stabilitas nilai tukar rupiah.

Seperti yang tercantum dalam memorandum informasi ST004, seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan dan penjualan ST004ini akan digunakan oleh Pemerintah untuk membiayai APBN termasuk pembiayaan Proyek dalam APBN untuk Tahun Anggaran 2019.

Promo Terbaru di Bareksa

Sudah saatnya masyarakat semakin terlibat dalam mendukung anggaran pemerintah. Sebab, manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh negara secara langsung, tetapi juga bagi masyarakat yang membeli surat berharga negara, atau disebut sebagai investor.

Sejauh ini, menurut analisis Bareksa, porsi kepemilikan asing pada SBN relatif tinggi. Untuk itu, dengan adanya instrumen investasi seperti Sukuk Tabungan ST004 diharapkan mampu menjadi strategi untuk memperluas basis investor dalam negeri.

Komposisi Kepemilikan SBN

Illustration

Sumber : Kemenkeu

Luky Alfirman yang mewakili DJPPR dalam presentasinya yang berjudul “Peningkatan Peran Pasar Keuangan Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pendalaman Pasar SBN” mengatakan per Maret 2019, porsi kepemilikan SBN masih dikuasai asing 38,4 persen.

Porsi tersebut diikuti oleh kepemilikan bank 23,9 persen, dana pensiun 9,2 persen, asuransi 8,4 persen, Bank Indonesia 6,5 persen, lainnya 5,9 persen, reksadana 4,4 persen, dan individu 3,3 persen.

Sekarang pemerintah kembali menawarkan opsi investasi dan masyarakat diharapkan sudah bisa langsung turun tangan membantu negara dan tidak hanya mengkritik terkait porsi kepemilikan investor asing dalam surat berharga negara.

Sukuk tabungan menawarkan tingkat keuntungan yang menjamin setiap investor tidak mengalami kerugian. Pasalnya, penghitungan imbalan mengikuti perkembangan BI 7-Day Reverse Repo Rate, dengan jaminan imbalan minimal (floor) sampai dengan jatuh tempo. Artinya, ada kemungkinan imbalan bisa naik bila acuan naik tetapi tidak bisa turun lebih rendah daripada batas minimal.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan telah mengumumkan tingkat imbal hasil ST004 sebesar 7,95 persen per tahun. Perhitungan imbal hasil ST-004 sama seperti SBR006 yang terdiri dari BI 7DRRR ditambah spread 1,95 persen.

Modal untuk berinvestasi di ST004 pun juga terjangkau. Investor yang ingin membeli ST004 hanya membutuhkan modal sekitar Rp1 juta dengan maksimal pembelian Rp3 miliar.

Sebagai informasi, ST004 adalah surat berharga negara yang merupakan pernyataan kepemilikan atas aset yang disewakan, dan bukan surat utang sehingga sesuai dengan prinsip syariah. Produk ini dijamin 100 persen oleh pemerintah sehingga bebas risiko gagal bayar.

***

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa adalah salah satu mitra distribusi (midis) untuk penjualan surat utang negara ritel yang telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan. Transaksi online di Bareksa mudah dan bisa dilakukan kapan saja.

Pembelian ST004 hanya bisa dilakukan pada periode penawaran 3-21 Mei 2019. Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST004 di Bareksa.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki agar bisa memesan produk Sukuk atau SBN di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di Sukuk dan produk SBN lainnya? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP, ini caranya.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli Sukuk dan produk SBN lainnya? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

Perlu dicatat, Sukuk Tabungan terbuka bagi masyarakat Indonesia dari kalangan manapun, tanpa memandang latar belakang keyakinan. Kehadiran Sukuk Tabungan ini tentunya memberikan alternatif untuk menyimpan uang pada instrumen yang menghasilkan potensi imbal yang cukup menarik.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,44

Down- 0,08%
Up3,34%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,97

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,31%
Up43,84%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,79

Down- 0,93%
Up3,15%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,26%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,9

Down- 0,36%
Up1,69%
Up0,01%
Up2,70%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,47

Up0,49%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua