BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Sudah Beli SBR006, Bagaimana Cara Mengeceknya di Portofolio?

Bareksa12 April 2019
Tags:
Sudah Beli SBR006, Bagaimana Cara Mengeceknya di Portofolio?
Ilustrasi investor pria tampan sedang memegang handphone smartphone gadget dan cangkir kopi sambil tersenyum karena kemudahan investasi transaksi secara online untuk reksadana saham obligasi sukuk surat utang negara

Portofolio SBR006 terpisah dengan portofolio reksadana di Bareksa

Bareksa.com – Pemerintah saat ini memudahkan masyarakat untuk dapat membeli surat berharga negara (SBN) dengan menerbitkan savings bond ritel (SBR) seri 006. Produk SBR006 dapat dibeli secara online oleh masyarakat melalui sejumlah mitra distribusi, termasuk Bareksa.

Kemudahan pertama dalam berinvestasi SBR006 adalah cara pembelian yang dilakukan hanya dengan 5 langkah mudah, dan bisa dilakukan di mana saja, kapan saja selama masa penawaran. Kemudian, cara pembayaran bisa dilakukan dengan 3 pilihan, yakni melalui ATM, internet banking ataupun melalui teller bank.

Kementerian Keuangan menetapkan bukti kepemilikan SBR006 bagi investor adalah tanpa warkat (scriptless). Investor akan memiliki bukti kepemilikan SBR006 melalui konfirmasi kepemilikan yang terdapat dalam platform sbn.bareksa.com.

Promo Terbaru di Bareksa

Masyarakat yang akan memperoleh bukti kepemilikan SBR006 tentunya adalah pihak yang telah memesan dan mentransfer dana sesuai pemesanan. Usai melakukan pembayaran, investor akan memperoleh bukti transaksi berupa Bukti Penerimaan Negara (BPN).

Di dalam BPN tersebut, terdapat Nomor Tanda Penerimaan Negara (NTPN). Nomor tersebut diterbitkan langsung oleh negara dan dapat digunakan untuk mengklaim kepemilikan atas SUN yang sudah dibeli investor.

Proses pengelolaan pencatatan dan penyimpanan kepemilikan SBR006 investor telah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan Kementerian Keuangan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan investor dalam bertransaksi.

Khusus untuk investor yang membeli SBR006 lewat Bareksa, kepemilikan SBR006 ini bisa dilihat dalam menu Portofolio Surat Berharga Negara di sbn.bareksa.com. Untuk mengaksesnya, silakan gunakan akun Bareksa Anda di sbn.bareksa.com.

Perlu diingat kembali, portofolio SBN dan reksadana di Bareksa terpisah. Pastikan Anda mengecek SBN melalui sbn.bareksa.com baik di mobile maupun desktop web. Portofolio SBN belum tersedia melalui aplikasi Bareksa.

Cara Mengecek Portofolio SBN di Mobile Web

1. Login

Buka sbn.bareksa.com. Dari halaman depan sbn.bareksa.com, klik tanda tiga garis yang ada di sebelah kanan atas layar Anda. Kemudian, klik Login

Illustration

Illustration

Lalu, gunakan akun Bareksa Anda dengan memasukkan alamat e-mail yang terdaftar dan ketik password Anda. Lalu klik Login.

Illustration

Setelah Login, Anda akan dibawa kembali dari halaman depan.

2. Pilih Surat Berharga Negara

Dari halaman depan, klik tanda tiga garis yang ada di sebelah kanan atas layar Anda

Illustration

Illustration

3. Pilih Portofolio SBN

Dari menu Surat Berharga Negara, akan muncul beberapa pilihan. Pilih Portofolio SBN.

Illustration

Dalam halaman Portofolio SBN, Anda bisa melihat jumlah SBN yang telah dimiliki dan nilainya dalam rupiah.

Illustration

Selain itu, dalam portofolio terlihat nilai total keuntungan yang Anda peroleh. Akan tetapi, karena belum terjadi pembayaran kupon, saat ini nilainya masih belum ada (Rp0). Adapun, rata-rata keuntungan per tahun menunjukkan nilai kupon yang Anda terima berdasarkan kupon awal, berupa persentase.

* * *

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran SBR006, yakni 1-16 April 2019.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBR006? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBR006.

Sudah punya akun Bareksa untuk reksadana? Segera lengkapi data NPWP dan rekening bank untuk membeli SBR006 di Bareksa.

Mau beli SBR006 tapi belum punya NPWP? Tetap bisa daftar dengan meminjam NPWP orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua