BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Dua Reksadana Pendatang Baru di Bareksa Ini Beri Return Positif, Sudah Punya?

Bareksa04 Maret 2019
Tags:
Dua Reksadana Pendatang Baru di Bareksa Ini Beri Return Positif, Sudah Punya?
Ilustrasi investor pria tertawa bahagia senang happy gembira melihat layar komputer laptop yang menampilkan hasil investasi reksadana saham obligasi surat utang negara online sambil mengepalkan tangan menunjukkan kemenangan

Dua reksadana itu adalah Schroder Income Fund dan reksadana Indeks Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund

Bareksa.com – Dua reksadana pendatang baru di Bareksa memberi return positif. Dua reksadana yang dimaksud adalah reksadana Schroder Income Fund dan reksadana Indeks Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund.

Secara year to date hingga 1 Maret 2019, kedua reksadana itu memberi return lebih dari 1 persen. Secara detail, Schroder Income Fund memberi return 2,28 persen sementara Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund punya return 1,05 persen.

Untuk lebih mengenal kedua reksadana pendatang baru ini, mari simak ulasannya.

Promo Terbaru di Bareksa

Schroder Income Fund

Ini adalah reksadana jenis pendapatan tetap racikan Schroder Investment Management Indonesia yang terbit pada 19 Maret 2018. Hingga saat ini, Schroder Income Fund telah mencatat dana kelolaan alias asset under management sebesar Rp11,87 miliar.

Untuk memiliki reksadana ini, kamu cukup menyisihkan dana Rp100.000 saja sebagai nilai minimal pembelian.

Dalam keterangannya, Schroder Income Fund bertujuan untuk mendapatkan imbal hasil dalam jangka panjang melalui investasi pada efek bersifat utang serta dapat berinvestasi pada instrumen pasar uang dan/atau deposito.

Alokasi Aset Schroder Income Fund

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Seperti terlihat dalam tabel, per Januari 2019, Shroder Income Fund memiliki alokasi aset 83,01 persen pada obligasi, dan 16,99 persen di pasar uang.

Alokasi itu pun sesuai dengan kebijakan investasi reksadana ini yakni minimum 80 persen dan maksimum 100 persen pada efek bersifat utang, serta minimum 0 persen dan maksimum 20 persen pada instrumen pasar uang yang mempunyai jatuh tempo tidak lebih dari 1 tahun.

Adapun empat portofolio investasi dari reksadana ini antara lain time deposit BTPN, Obligasi Negara RI Seri FR0061, time deposit Panin Bank, dan Surat Berharga Syariah Negara seri PBS013

Reksadana Indeks Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund

Lalu kita beralih ke reksadana milik Syailendra Capital. Reksadana yang meluncur pada 8 Juni 2018 ini merupakan jenis reksadana indeks & ETF yang hingga kini telah mencatat dana kelolaan hingga Rp145,43 miliar.

Untuk memiliki reksadana ini, kamu cukup menyisihkan uang Rp50.000 sebagai angka minimal pembelian.

Reksadana Indeks Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund bertujuan untuk memberikan hasil investasi yang optimum melalui investasi pada efek bersifat ekuitas yang diterbitkan oleh korporasi yang ditawarkan melalui penawaran umum dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia yang berasal dari kumpulan efek yang terdaftar dalam MSCI Value Index serta dapat berinvestasi pada instrumen pasar uang dalam negeri dan/atau deposito, sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku di Indonesia.

Kebijakan investasi reksadana ini adalah minimum 80 persen dan maksimum 100 persen pada efek bersifat ekuitas serta minimum 0 persen dan maksimum 20 persen pada instrumen pasar uang.

Per Januari 2019, reksadana ini memiliki portofolio investasi di beberapa saham seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT Astra International Tbk (ASII), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), dan PT Gudang Garam Tbk (GGRM).

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Simak ulasan tips untuk memaksimalkan keuntungan berinvestasi di reksadana : Tips Menabung di Reksadana Agar Tujuan Investasi Dapat Tercapai

(AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,44

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,81%
Up17,26%
Up44,73%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.323,46

Up0,67%
Up4,06%
Up0,03%
Up5,62%
Up18,63%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,18

Down- 0,54%
Up2,72%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,36%
Up46,76%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.044,67

Up0,52%
Up2,65%
Up0,02%
Up2,95%
Down- 1,71%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,08

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua