BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Perry Warjiyo dan Doddy Budi Waluyo Resmi Jadi Gubernur dan Deputi Gubernur BI

Bareksa29 Maret 2018
Tags:
Perry Warjiyo dan Doddy Budi Waluyo Resmi Jadi Gubernur dan Deputi Gubernur BI
Calon Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kanan) berbincang dengan Ketua Komisi XI DPR Melchias Mekeng (kiri) sebelum menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (28/3). Perry ditunjuk sebagai calon tunggal Gubernur BI oleh Presiden Joko Widodo menggantikan Agus DW Martowardojo. (ANTARA FOTO/Puspa Perwita)

Dengan terpilihnya Perry dan Doddy, BI diharapkan bisa menjaga stabilitas nilai tukar dan inflasi agar bisa lebih baik

Bareksa.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya memutuskan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia dan Doddy Budi Waluyo sebagai Deputi Gubernur BI. Keputusan ini diambil melalui proses musyawarah untuk mufakat.

Ketua Komisi XI DPR Melchias Markus Mekeng mengungkapkan, keputusan ini merupakan hasil keputusan 36 anggota dari 10 fraksi. "Keputusan berdasarkan musyawarah mufakat bukan mekanisme voting," ujar dia di Jakarta, Rabu (28/3).

Hari ini, Perry Warjiyo menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR. Perry ditunjuk sebagai calon tunggal Gubernur BI oleh Presiden Joko Widodo menggantikan Agus DW Martowardojo yang berakhir masa jabatannya pada Mei 2018.

Promo Terbaru di Bareksa

Dengan terpilihnya Perry dan Doddy, Mekeng berharap, BI bisa menjaga stabilitas nilai tukar dan inflasi agar bisa lebih baik. Sebab apabila nilai tukar ada gangguan maka masyarakat langsung panik, padahal ekonomi baik-baik saja.

Sebelumnya, beberapa pihak seperti Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyambut positif pencalonan Perry Warjiyo sebagai calon tunggal Gubernur BI. Kehadiran Perry di posisi puncak BI diharapkan bisa mengantisipasi adanya risiko yang bisa mengancam stabilitas moneter akibat kenaikan The Fed Fund Rate (FFR).

Ketua Umum Perbanas Kartika Wirjoatmodjo, menjelaskan Perry memiliki banyak pengalaman di moneter. Dengan pengalaman tersebut, Perry diharapkan bisa menjaga stabilitas moneter yang nantinya menjadi daya dorong untuk ditransmisikan ke sektor riil.

Meski begitu, peninggalan kinerja Agus Martowardojo yang berhasil menjaga tingkat inflasi rendah, suku bunga menurun dan sistem pembayaran yang baik menjadi tantangan tersendiri bagi Perry Warjiyo.

Apalagi tahun ini, Federal Reserves berpeluang menaikkan FFR sebanyak empat kali. ”FFR memang akan naik empat kali, namun Perry memahami hal itu, sehingga tentunya bisa dilanjutkan dengan kebijakan yang menjaga stabilitas yang tetap menunjukkan pertumbuhan (growth),” kata dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah mengungkapkan, Perry Warjiyo cocok untuk menjadi calon Gubernur BI. Alasan ini didukung oleh kemampuan Perry yang merupakan orang internal BI, memiliki keahlian di bidang moneter, memahami makro prudensial, seta memiliki pengalaman bekerjasama dengan berbagai instansi baik di dalam maupun luar negeri.

“Tentu saya rasa dengan karakternya yang juga punya integritas, profesional, mendahulukan kepentingan bangsa dan negara, saya rasa cocok dia,”kata dia.

Riwayat Karir

Perry adalah pria kelahiran Sukoharjo yang lahir pada 1959. Setelah menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada, Perry melanjutkan pendidikan di Iowa State University hingga meraih master dan Ph.d

Sebelumnya, Perry menjabat sebagai deputi gubernur BI. Kemudian, Perry juga pernah menjadi asisten gubernur untuk kebijakan moneter, makroprudensial dan internasional. Perry juga pernah menduduki posisi penting selama dua tahun sebagai direktur eksekutif di IMF.

Sementara Dody Budi Waluyo lahir di Jakarta pada tahun 1961. Pendidikan Ekonomi Studi Pembangunan dijalaninya pada tahun 1980, hingga memperoleh gelar dari Universitas Indonesia. Pada tahun 1995, Dody melanjutkan pendidikan di University of Colorado, USA, hingga meraih gelar Master.

Sejak berkarier di Bank Indonesia pada tahun 1988, Dody telah menunjukkan prestasi yang gemilang, yang antara lain terlihat dari berbagai penugasan internasional yang pernah dijalaninya. Pada tahun 2010-2012, Dody bertindak sebagai anggota Working Group G20, BIS, IMF, dan World Bank, di Bidang Moneter dan Keuangan.

Sebelumnya, Dody pernah bertindak sebagai anggota Working Group FDI Statistics di ASEAN pada 2003-2006, dan sebagai Advisor to Executive Directorat South East Asia Voting Group Office, International Monetary Fund, Washington D.C, USA pada tahun 2000-2003.

Di dalam BI, beberapa jabatan yang pernah diduduki oleh Dody antara lain sebagai Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter serta Kepala Departemen Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat. Saat ini, Dody menjabat sebagai Kepala Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola. (K09/AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua