BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Indahnya Pulau Padar Bisa Dinikmati dengan Nabung Rp11.000 per Hari? Ini Caranya

Bareksa13 Maret 2018
Tags:
Indahnya Pulau Padar Bisa Dinikmati dengan Nabung Rp11.000 per Hari? Ini Caranya
Keindahan Pulau Padar, NTT

Pulau Padar merupakan pulau ketiga terluas di Taman Nasional Komodo

Bareksa.com - Sebagai sebuah negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau dengan alam yang indah dan sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Pulau Padar di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di kalangan Instagramer hingga traveler, Pulau Padar atau yang populer disebut dengan Gili Padar di Flores tak ubahnya seperti studio foto berlatar pemandangan alam indah. Sebab, keindahan Pulau Padar yang masuk di kawasan Taman Nasional Komodo memang luar biasa.

Terbentang seluas 40.728 hektare, Padar merupakan pulau ketiga terluas di taman nasional itu, setelah Komodo dan Rinca. Pulau Padar memang belum sepopuler Komodo dan Rinca, tetapi sebenarnya memiliki pemandangan alam tak kalah menakjubkan.

Promo Terbaru di Bareksa

Pulau Padar dikelilingi beberapa pulau kecil lain yang memiliki panorama unik. Di beberapa bagian pulau, Anda bisa menjumpai hamparan pantai dengan pasir tampak berwarna merah muda (pink beach), yang cocok untuk bermain atau sekedar berenang permukaan (snorkeling).

Selain itu, agar bisa menikmati pemandangan pulau secara keseluruhan, Anda bisa menaiki beberapa bukit yang terdapat di sana. Biru laut dan jajaran pulau di sekitarnya akan menghipnotis pengunjung.

Meskipun trekking menuju bukit tertinggi akan terasa sangat melelahkan, namun pengunjung akan disuguhkan panorama perbukitan dan pemandangan yang sangat cantik dan mengabadikan momen akan menjadi kegiatan yang tak ada bosannya selama perjalanan trekking.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo, cobalah singgah sejenak di pulau ini. Sebab ketenangan dan keelokannya akan membuat Anda betah berlama-lama di pulau ini.

Simulasi Biaya

Ingin berwisata ke Pulau Padar tapi belum memiliki cukup dana untuk ke sana? Bareksa mempunyai tips yang sangat menarik agar kita bisa menikmati wisata ke pulau padar tanpa tertekan masalah biaya. Cukup menyisihkan Rp11.000 per hari kita sudah bisa menikmatinya.

Tidak sedikit agen travel yang menawarkan paket tour untuk berwisata ke sana. Salah satunya adalah berlibur.com. Agen travel ini menawarkan Paket Tour India 4D3N Promo dengan biaya mulai dari Rp2,59 juta. Namun biaya itu belum termasuk ongkos tiket pesawat yang diperkirakan Rp1,8 juta pulang-pergi (PP) Jakarta-Labun Bajo.

Berarti kita harus siapkan untuk berlibur selama 4 hari 3 malam sekitar Rp4,4 juta. Nilai itu dapat terkumpul jika kita menyisihkan Rp11.000 saja per hari atau Rp330.000 per bulan.

Jika dana tersebut Anda tabung di bank dengan asumsi bunga 2 persen, maka dalam waktu setahun hanya terkumpul sekitar Rp4,32 juta. Dari angka itu, dana Anda akan dipotong pajak atas bunga dan biaya administrasi bank. Sehingga dana tersebut belum cukup untuk membiayai wisata ke Pulau Padar..

Berbeda jika Anda menabung Rp11.000 per atau Rp330 ribu per bulan tersebut di reksadana. Dengan asumsi, Anda menabung sudah setahun lalu, misalnya pada reksadana Bahana Mes Syariah Fund.

Maka dana yang disisihkan hanya dalam waktu 1 tahun tersebut telah tumbuh menjadi Rp4,45 juta lebih atau memberikan imbal hasil (return) sekitar 4 persen. Dana ini tidak dipotong pajak dan bebas biaya administrasi.

Lebih jelasnya tampak pada simulasi berikut ini :

Illustration

Illustration
Sumber : Bareksa.com

Dengan menyisihkan hanya Rp11.000 per hari atau Rp330.000 per bulan dan ditabung di reksadana (dalam contoh ini adalah Bahana Mes Syariah Fund), maka Anda sudah memiliki cukup dana untuk berlibur ke Pulau Padar dan menikmati keindahan panoramanya. Simulasi tersebut menunjukkan bahwa hasil menabung di reksadana jauh lebih besar bila dibandingkan dengan menabung biasa di bank.

Bahana Mes Syariah Fund merupakan reksadana jenis pendapatan tetap syariah keluaran PT Bahana TCW Investment Management. Reksadana pendapatan tetap bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang memiliki tujuan keuangan jangka menengah dengan periode investasi 1-3 tahun.

Reksadana jenis pendapatan tetap juga cocok untuk Anda yang memiliki profil risiko moderat (sedang) yang mengharapkan imbal hasil lebih besar dari bunga deposito.

Namun, sebelum membeli produk reksadana, ada baiknya Anda dapat membaca dan memahami isi propektus serta ringkasan produk reksadana terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar dapat mengenali setiap produk reksadana yang telah disesuaikan dengan tujuan dan profil risiko masing-masing. (AM)

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,56

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,42%
Up18,15%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,33

Up0,60%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,27%
Up43,79%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,67

Down- 0,86%
Up3,27%
Up0,01%
Up3,89%
Up18,25%
Up46,68%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,85

Down- 0,43%
Up1,59%
Up0,01%
Up2,67%
Down- 2,39%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,13

Up0,54%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua