Prita Ghozie : Ini Tips Biar Belanja Jalan Terus, Investasi Lancar Jaya

Tiap kali kamu check out yang sifatnya keinginan, kamu juga harus check out ke investasi
Hanum Kusuma Dewi • 04 Apr 2022
cover

Ilustrasi investor generasi milenial yang menggunakan gadget baik untuk berbelanja maupun investasi. (Shutterstock)

Bareksa.com - Doyan belanja tapi juga ingin konsisten berinvestasi? Makanya, pahami apa yang ingin dibeli dan jangan lupa konsisten terus wujudkan rencana berinvestasi. ​​

Financial Planner dan Investment Coach Bareksa, Prita Ghozie mengatakan tidak ada salahnya belanja dan atau membeli sesuatu terlebih, jika yang ingin dibeli merupakan sebuah aset yang bisa meningkat nilainya.

Makanya, menurutnya tidak ada salahnya juga memanfaatkan apapun fasilitas tersedia untuk membantu mendapatkan aset dimaksud. "Jadi smart investor, pahami apa yang mau kita beli. Aku punya tips untuk mereka yang merasa mau spending," kata Prita dalam siaran Investream Bareksa Episode 13 di media sosial Bareksa, Rabu 30 Maret 2022.

Prita menjelaskan tips dimaksud adalah system one to one. "Let say kamu habis check out barang harganya Rp150 ribu, maka kamu harus langsung investasi Rp150 ribu. Harus ada matching, pairing ya. Kalau berani belanja Rp1 juta, berarti investasi Rp1 juta," paparnya.

Tapi, bagaimana kalau ternyata uang tersedia tidak cukup untuk menerapkan one on one? Nah, untuk itu Prita mengatakan ada baiknya kamu kembali memilah atau membagi mana belanja yang sifatnya untuk memenuhi kebutuhan atau sekadar keinginan.

"Tiap kali kamu check out yang sifatnya keinginan, kamu juga harus check out ke investasi. Banyak yang mikir, kenapa sih Mbak Prita? Yang aku mau ubah mindset," ucapnya.

Prita mengatakan untuk bisa disiplin berinvestasi membutuhkan wakti. Makanya, perlu adanya perubahan mindset.  Selanjutnya. Prita mengatakan membuat mindset harus punya alokasi persentase. "Namanya finansial harus ada acuan, dengan punya persentase budgeting kita ada panduan. Aku harus capai itu suatu hari nanti tapi kalau sekarang nggak dapat, nggak papah," sambungnya.

Ia meyakini dengan mengubah mindset, setidaknya 2 hingga 3 tahun kemudian akan terwujud kebiasaan berinvestasi serta mencapai apa yang diinginkan. Berarti artinya double spend at the same time? Priya mengatakan ya iya demikina. "Karena yang satu buat investasi dan satu lagi kesukaan kita. Satu lagi untuk kita di masa depan punya uang lagi, satu lagi memang spend for today," ujarnya.

Prita mengatakan tidak ada salahnya membeli sesuatu termasuk menjalankan hobi. "Supaya kita belanja tanpa rasa bersalah, kasih matching. Kita bisa menabung sebesar kita belanja," ucap dia.

Baca juga ​Sambut Ramadan, Coba Fitur Khusus Investasi Syariah di Super App Bareksa

Investasi di Bareksa

Nah bagi Kamu yang ingin menerapkan pola one by one seperti yang disampaikan Prita di atas, berikut tiga jenis instrumen investasi yang tersedia di Bareksa.

1. Reksadana

Reksadana dikelola oleh manajer investasi/MI berpengalaman dan mengelola dananya secara profesional. Tersedia ratusan produk reksadana di Bareksa, dengan beragam jenis reksadana antara lain reksadana pasar uangreksadana pendapatan tetapreksadana sahamreksadana campuran, dan reksadana indeks.

Investasi reksadana juga fleksibel karena investor bisa mencairkan dananya kapan saja. Tidak harus menunggu hingga jangka waktu tertentu untuk dapat mencairkan dana tersebut. Reksadana online praktis karena semua serba dilakukan secara online, bisa kapan saja dan di mana saja.

Kelebihan lainnya adalah nilai minimum investasi di reksadana sangat terjangkau, bisa mulai Rp10.000. Paling penting, reksadana diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga independen negara yang mengawasi seluruh kegiatan di dalam sektor keuangan.

2. Surat Berharga Negara (SBN) Ritel

SBN Ritel merupakan produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan kepada individu atau investor ritel. Keuntungan investasi di SBN Ritel antara lain 100 persen aman karena dijamin negara dan Undang-Undang, meraih cuan sekaligus berkontribusi menyediakan pembiayaan pembangunan negara, dan mudah serta praktis karena semua dilakukan secara online.– 17 Februari 2022.

Nilai minimum investasi SBN Ritel pada umumnya mulai Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar.

3. Emas Batangan

Melalui fitur Bareksa Emas, Bareksa menyediakan investasi emas fisik dengan fasilitas titipan. Bareksa Emas bekerja sama dengan mitra yang memiliki lisensi dari OJK sebagai perusahaan gadai yang dapat menjalankan usaha penitipan emas, yakni Indogold dan Pegadaian.

Investasi emas di Bareksa sangat terjangkau bisa mulai Rp50.000 atau ukuran 0,1 gram saja. Pendaftaran Bareksa Emas cukup dilakukan secara online, setelah itu investor bisa melakukan transaksi beli dan jual emas online.

Lihat ​Promo Big Ramadan: Investasi Plus Donasi dengan Reksadana Syariah, Bisa Raih Hadiah

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana. 
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.